Descriptive Text: Pengertian, Struktur, Jenis, Contoh Teks

Descriptive Text Pengertian, Struktur, Jenis, Contoh Teks

Pernahkah kamu membaca deskripsi tentang sesuatu seperti produk makanan atau barang elektronik?  Mungkin kamu tidak menyadari bahwa kamu tengah membaca sebuah teks yang dalam bahasa Inggris dikenal sebagai descriptive text atau teks deskriptif.

Apa yang dimaksud dengan teks deskriptif dan apa tujuannya? Buat kamu yang merasa penasaran dengan jenis teks ini, simak pembahasan Kelasedu berikut. Beragam informasi seputar pengertian, fungsi, ciri-ciri, hingga struktur dan kaidah kebahasaan telah dirangkum di bawah ini.

Pengertian Descriptive Text

Apa itu descriptive text? Teks deskriptif adalah teks yang menjabarkan suatu obyek tertentu dengan rinci. Melalui teks tersebut, pembaca bisa mengetahui bentuk, warna, ukuran, hingga informasi detail lainnya mengenai suatu obyek baik tempat, personal, atau dan lain sebagainya.

Bisa dibilang bahwa descriptive text adalah salah satu jenis teks yang paling sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja pada artikel ulasan suatu produk, tabloid, kemasan produk, dan masih banyak lagi. Tentunya teks tersebut memiliki konten yang sangat bervariasi.

Membuat teks deskriptif juga cenderung lebih mudah dibandingkan dengan teks lain. Pasalnya kamu hanya perlu menuliskan informasi mengenai suatu obyek berdasarkan apa yang dapat ditangkap oleh panca indera tanpa memperhatikan urutannya.

Sebuah teks deskriptif yang baik harus bisa menghadirkan kesan yang tepat bagi pembaca. Melalui penjelasan karakteristik dan ciri khusus yang disampaikan, pembaca dapat membayangkan bentuk fisik suatu obyek sehingga seolah-olah melihat obyek tersebut dalam pikiran.

Fungsi Descriptive Text

Descriptive text bertujuan untuk menggambarkan suatu obyek secara rinci sehingga pembaca bisa mengetahui informasi mengenai obyek tersebut secara jelas. Misalnya saja tentang warna, bentuk, aroma, fungsi, dan lain sebagainya.

Obyek yang dimaksud bisa berupa benda, orang, tempat, binatang, tumbuhan, dan lain sebagainya. Sebagai contoh, kamu ingin mendeskripsikan tentang ponsel terbaru. Teks deskriptif tersebut harus memuat deskripsi fisik dan non fisik.

Deskripsi fisik meliputi ukuran, bentuk, dan warna. Sedangkan deskripsi non fisik bisa berupa fitur yang tersedia, kegunaan, hingga cara pengoperasian ponsel tersebut. Melalui deskripsi tersebut, pembaca bisa membayangkan seperti apa obyek yang dijelaskan.

Namun perlu diingat bahwa kamu tidak perlu menjabarkan terlalu jauh tentang suatu obyek. Cukup batasi pada sesuatu yang bisa ditangkap oleh panca indera misalnya aroma, bentuk, dan rasa.

Ciri-Ciri Descriptive Text

Setelah mengetahui pengertian descriptive text beserta fungsinya, kini saatnya beralih ke ciri-ciri. Teks ini mempunyai karakteristik yang unik sehingga membuatnya cukup mudah dikenali. Berikut ini ciri khas teks deskriptif yang perlu kamu ketahui.

1. Menggunakan Simple Present Tense

Sesuai dengan tujuannya untuk mendeskripsikan suatu obyek, maka descriptive text menggunakan easy tense yaitu simple present tense. Kata kerja yang digunakan berada dalam bentuk pertama sehingga sangat mudah untuk dipahami.

2. Berfokus pada Obyek

Salah satu karakteristik khas yang dimiliki oleh teks deskriptif adalah pembahasan berfokus hanya pada satu obyek saja. Misalnya kamu ingin membahas mengenai kucing peliharaan yang bernama Miko, maka kamu hanya perlu menjabarkan tentang Miko saja dan bukan kucing-kucing lain.

3. Deskripsi bersifat detail

Agar mempermudah pembaca dalam memahami obyek yang tengah dijabarkan, sebuah teks deskriptif harus bersifat detail atau terperinci. Misalnya ketika kamu mendeskripsikan kucing peliharaan, jabarkan warna bulunya, ukuran tubuhnya, bentuk hidung dan mata, dan lain sebagainya.

4. Mengandung bahasa kiasan

Teks deskriptif terkadang menggunakan metafora atau bahasa kiasan. Tujuannya adalah untuk membuat bacaan lebih menarik bagi pembaca, di samping mendukung penjelasan yang telah disampaikan. Meskipun demikian, tidak semua teks deskriptif memiliki karakteristik yang satu ini.

Baca Juga : Narrative Text

Generic Structure Descriptive Text

Seperti jenis teks lain, descriptive text juga mempunyai struktur tersendiri yang membuatnya berbeda. Namun jika dibandingkan dengan teks lain seperti recount atau naratif, deskriptif mempunyai struktur yang lebih sederhana. Berikut ini struktur descriptive text yang perlu kamu pahami.

1. Identification

Identification biasanya berada pada bagian awal teks deskripsi. Sesuai dengan namanya, struktur teks deskriptif ini berisi penjelasan umum atau pengenalan mengenai suatu topik atau obyek yang akan dibahas pada bagian selanjutnya. 

Misalnya jika kamu ingin mendeskripsikan buah apel, maka kamu bisa memperkenalkan dari mana kamu mendapatkannya atau bagaimana perasaan kamu tentang buah tersebut. Tujuannya adalah agar pembaca siap untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu deskripsi rinci mengenai suatu obyek.

2. Description

Bagian ini merupakan inti dari teks deskriptif. Description memuat penjabaran ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh obyek yang dideskripsikan, seperti bentuk, warna, dan ukuran. Misalnya ketika kamu ingin mendeskripsikan buah apel yang baru saja didapat, kamu bisa menuliskan tampilan fisik secara spesifik.

Jenis-Jenis Descriptive Text

Jika dilihat dari isinya, descriptive text terbagi menjadi beberapa jenis seperti deskripsi subyektif, imajinatif, dan spasial. Agar kamu tidak salah ketika mengidentifikasi, pastikan kamu memahami jenis-jenis teks deskriptif berikut ini beserta penjelasan singkatnya.

1. Deskripsi Subyektif

Deskripsi subyektif adalah teks yang mendeskripsikan sebuah obyek berdasarkan kesan yang didapat oleh penulis. Karena bersifat subyektif, suatu obyek mungkin akan digambarkan secara berbeda oleh penulis yang berbeda.

2. Deskripsi Spasial

Jenis teks deskripsi yang satu ini bertujuan untuk menggambarkan obyek seperti benda, ruangan, atau tempat. Deskripsi spasial berfokus pada penjabaran ciri fisik yang dapat ditangkap oleh panca indera sehingga mampu meninggalkan kesan bagi pembaca.

3. Deskripsi Imajinatif

Deskripsi imajinatif adalah jenis teks deskripsi yang berisi gambaran suatu tempat di mana sebuah kejadian berlangsung. Penjelasan mengenai tempat tersebut dilakukan secara rinci sehingga pembaca bisa berimajinasi agar obyek yang dimaksud bisa tergambar dengan jelas dalam pikiran.

4. Deskripsi Faktual

Deskripsi faktual merupakan teks yang mendeskripsikan suatu obyek dengan apa adanya. Teks ini dapat digunakan untuk menggambarkan orang, benda, maupun tempat. Tujuannya adalah agar pembaca dapat membayangkan obyek dengan tepat.

Baca Juga : Recount Text

Kaidah Kebahasaan Descriptive Text

Descriptive text mempunyai unsur kebahasaan yang wajib diterapkan agar menjadi teks deskripsi yang baik dan mudah dibedakan dengan jenis teks lain. Ketika mempelajari teks deskriptif, maka kamu harus mengetahui kaidah bahasa yang digunakan seperti yang disampaikan pada penjelasan di bawah ini.

1. Menggunakan kata benda spesifik

Noun merupakan hal wajib pada teks deskripsi. Dalam teks ini, kata benda bersifat spesifik untuk memperjelas obyek yang akan digambarkan misalnya my cat, my neighbor, my phone, etc. Jadi pembaca bisa tahu bahwa penulis tidak sedang mendeskripsikan obyek secara umum.

2. Menggunakan attributive adjective

Salah satu kaidah kebahasaan yang juga muncul pada teks deskriptif adalah attributive adjective. Jenis kata sifat ini berfungsi untuk mendeskripsikan kata benda, misalnya beautiful lady, old house, tall man, etc. Jadi pembaca bisa dengan mudah memahami sifat dari obyek yang dibahas.

3. Menggunakan simple present tense

Teks deskriptif biasanya menggunakan simple present tense untuk menggambarkan suatu obyek. Kata kerja berada dalam bentuk pertama sehingga disebut juga sebagai easy tense. Misalnya my new bike is shiny, my friend is very kind, etc.

4. Terdapat action verbs

Action verb adalah kata kerja yang dapat ditangkap oleh penglihatan seperti walk, sleep, cook, etc. Kata kerja ini biasanya muncul pada descriptive text untuk memberikan deskripsi secara detail mengenai suatu obyek. Sebagai contoh, my new cat sleeps in my bed.

5. Menggunakan figurative language

Yang terakhir, teks deskriptif memiliki figurative language atau metafora yang bertujuan untuk memberikan perumpamaan bagi pembaca. Bahasa kiasan ini juga berfungsi membuat teks lebih menarik. Misalnya the cheeks are as red as roses atau the skin is as smooth as baby.

Contoh Descriptive Text

Kini kamu telah mengetahui banyak hal tentang teks deskriptif. Saatnya untuk menyimak contoh descriptive text pendek yang telah Kelasedu siapkan di bawah ini. Teks ini menceritakan tentang tanaman anggrek bulan baru yang sangat indah. Selamat membaca!

My New Phalaenopsis Orchid 

I have a new Phalaenopsis orchid plant. It looks adorable with pinkish orange flowers that bloom from its long spike. These blooms are not fragrant but they have vibrant color that draw the eyes. Phalaenopsis flowers last for more than three months so it can be a nice decoration in my interior because I put it on my coffee table. The plant looks happy and healthy with large green oblong leaves.

One thing that surprises me from my new orchid plant is the long aerial roots. Instead of digging down into the media, they grow above the ground to absorb nutrients and moisture from the air. I love my orchid and I will always take care of it.

Baca Juga : Report Text

Contoh Soal Descriptive Text Beserta Jawabannya

Setelah menyimak contoh teks deskriptif singkat tentang tanaman anggrek, sekarang saatnya untuk mengerjakan contoh soal descriptive text.  Jawablah pertanyaan di bawah ini berdasarkan teks berjudul My New Phalaenopsis Orchid.

1. The purpose of the text is …….

a. to tell the readers about a new Phalaenopsis plant.
b. to describe a specific Phalaenopsis orchid plant.
c. to persuade the readers to buy a new orchid plant.
d. to tell a story about an orchid.

Answer: B

2. How does the writer describe the new orchid?

a. It has a beautiful pale orange color and fragrant.
b. It has short aerial roots and leaves.
c. It has large green oblong leaves and dark pink flowers.
d. The flower lasts for a few weeks.

Answer: C

3. According to the text, what is the function of the aerial roots?

a. to support the plant.
b. to expel insects and moths.
c. to absorb water from the media.
d. to absorb moisture and nutrient from the air.

Answer: D

4. The word “it” from the first line refers to …..

a. Phalaenopsis orchid plant
b. blooming flowers
c. spikes
d. aerial roots

Answer: A

Belajar tentang descriptive text sama sekali tidak sulit bukan? Dibandingkan dengan jenis teks lain, deskriptif relatif lebih mudah dipahami karena menggunakan easy tense dan unsur kebahasaan sederhana. Perbanyak membaca agar suatu saat kamu bisa membuat teks deskriptif sendiri.