Dies Natalis UPI Ke-68, Usaha Nyata Demi Mewujudkan Indonesia Emas 2045

Dies Natalis UPI
Rektor UPI dalam Upacara Dies Natalis UPI ke-68

Tepat pada hari Kamis tanggal 20 Oktober 2022 kemarin, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menyelenggarakan kegiatan Dies Natalis-nya yang ke 68. Dies Natalis pada tahun ini mengusung tema “Bangkit Berkarya dan Inovatif Menuju Indonesia Emas 2045”. Rangkaian kegiatan Dies Natalis ini dibuka dengan prosesi upacara yang diselenggarakan di Gedung Ahmad Sanusi UPI yang diisi oleh pidato Rektor, penganugarahan penghargaan dan peluncuran SMS (Smart Management System). Kemudian setelah prosesi upacara berlangsung dilanjutkan dengan kegiatan karnaval budaya Nusantara di pelataran Gedung Gymnasium UPI.

Prestasi UPI

Proses Upacara Dies Natalis UPI yang ke-68 tersebut dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Pendidikan Indonesia Bapak Prof. Dr. M. Solehudin, M.Pd., M.A. Dalam sambutan sekaligus pembukannya tersebut, Rektor UPI menyebutkan prestasi yang diraih UPI selama beberapa tahun terakhir menunjukan beberapa peningkatan walaupun diterpa Covid-19. UPI berada pada posisi ke tiga dalam jajaran universitas terbaik di Indonesia bahkan UPI menempati peringkat tertinggi di tanah air dalam indikator sitasi yaitu indikator yang dilakukan oleh Riset Influence sebagai salah satu universitas rujukan di dunia.
Prestasi UPI juga bisa dilihat pada jumlah inovasi yang diterbitkan. Pada tahun 2021 jumlah inovasi yang UPI terbitkan sebanyak 647 diantaranya sebanyak 90 jenis inovasi diminati oleh dunia industri dan mulai memperoleh dana Matching Fund Kedaireka mencapai 7,8 miliar rupiah. 

Peningkatan Produktivitas UPI

Semenjak menjadi PTNBH, UPI juga mengalami peningkatan produktivitas publikasi karya ilmiah baik secara nasional maupun internasional. Para peneliti UPI berhasil menerbitkan karya ilmiah bereputasi secara kumulatif terbitas scopus hingga tahun 2022 mencapai 6108 dokumen, 267 dokumen web of science dan 11841 dokumen jurnal terakreditasi sinta. Dengan jumlah terbitan karya ilmiah inilah UPI berhasil bertahan pada 12 universitas terbaik di Indonesia pada periode yang sama.
UPI juga berhasil mendapatkan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yang terdiri dari 1320 paten single, 38 paten sederhana24 merk dagang, 48 desain industri dan 9240 hak cipta.
Prestasi ini menjadi bukti nyata bahwa UPI berusaha salah satu jajaran dari Word Class University.

Harapan

Dalam Dies Natalis UPI yang ke-68 ini, semoga UPI terus memberikan usaha yang terbaik baik civitas akademika, mahasiswa dan semua yang terlibat ke dalamnya. Semoga UPI terus berhasil menciptakan lulusan-lulusan yang inovatif dan mampu bersaing dengan lulusan universitas lain di Indonesia maupun di dunia.