Explanation Text: Pengertian, Struktur, Jenis, Contoh Teks

Explanation Text Pengertian, Struktur, Jenis, Contoh Teks

Di dalam materi Bahasa Inggris, kamu akan mempelajari materi tentang explanation text. Teks ini merupakan bentuk paragraf yang biasanya menjelaskan sebuah proses atau sesuatu yang diungkapkan dengan detail, tujuannya agar bisa dimengerti oleh pembaca.

Kadang-kadang, teks ini dianggap memiliki kemiripan dengan procedure text. Padahal, konten teksnya sangat berbeda. Explanation text lebih fokus kepada mengapa sebuah hal bisa terjadi. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang teks ini.

Pengertian Explanation Text

Apa itu explanation text? Teks ini adalah sebuah paragraf yang isinya menceritakan bagaimana sesuatu bisa terjadi. Meskipun begitu, teks yang berisi explanation ini tidak terbatas pada kejadian ilmiah saja namun juga bisa berupa fenomena sosial.

Teks ini tidak memiliki struktur berupa poin-poin prosedur atau konten berupa tutorial. Pembacanya akan memahami alasan sebuah fenomena bisa terjadi. Menulis teks ini pun tidak bisa mengarang bebas karena kamu harus memahami fenomena ini secara ilmiah.

Kamu bisa menemukan explanation text di dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, buku yang kamu baca seperti buku pelajaran adalah sebuah teks berupa explanation. Kamu akan menjadi lebih paham dan mendapatkan ilmu yang baru setelahnya.

Fungsi Explanation Text

Teks ini tentu saja memiliki fungsi tertentu yang tujuannya sangat bermanfaat untuk pembacanya. Berikut adalah beberapa fungsi explanation text.

1. Menyediakan informasi

Isi dari sebuah explanation text merupakan informasi yang bisa ditangkap oleh pembacanya. Isinya biasanya disesuaikan dengan target pembaca. Penjelasan  teks untuk anak-anak akan berbeda dengan orang dewasa.

2. Menjawab pertanyaan secara umum

Banyak sekali pertanyaan yang muncul di sekeliling kita. Dengan teks ini, pembaca akan menemukan jawaban-jawaban dari pertanyaan tersebut. Beberapa teks berbentuk explanation ditulis dengan sangat detail untuk memberi informasi yang lengkap.

3. Mendidik pembaca

Fungsi lain dari sebuah teks berbentuk explanation adalah untuk mendidik pembacanya. Mereka akan menemukan informasi yang bersifat ilmiah di teks ini dan bukan hanya narasi semata. Itu sebabnya, buku-buku pelajaran menggunakan jenis teks ini.

Ciri-Ciri Explanation Text

Ada beberapa ciri khusus yang akan kamu temukan di dalam paragraf ini dan tidak ditemukan di dalam jenis paragraf lainnya. Berikut adalah ciri-ciri utamanya.

1. Memiliki judul yang jelas (clear title)

Berhubung tujuan dari sebuah explanation text itu sendiri adalah untuk menjelaskan sebuah topik dengan detail, maka judul yang diberikan untuk teks ini cukup ringkas. Judul langsung menyebutkan topik utama yang akan dijelaskan di dalam paragraf explanation.

2. Memperkenalkan subjek terlebih dahulu

Awal paragraf dari sebuah explanation text tidak langsung ke pembahasan yang detail. Penulis harus memperkenalkan subjeknya terlebih dahulu dengan kalimat yang mengajak pembaca untuk mengenal subjeknya meskipun tidak terlalu detail.

3. Penjelasan rinci tentang mengapa dan bagaimana

Di dalam paragraf ini, pembaca akan menemukan berbagai informasi yang isinya akan menjawab bagaimana dan mengapa subjek bisa terjadi. Hal ini tidak terkait dengan fenomena alam saja, namun juga berupa fenomena sosial.

4. Menggunakan ilustrasi

Salah satu ciri explanation text adalah adanya ilustrasi, baik berupa gambar, grafik, chart, dan lainnya. Visualisasi ini akan membantu pembacanya untuk bisa menangkap informasi dengan lebih baik dan memahaminya dengan lebih padat. Meski begitu, ciri ini opsional.

5. Menggunakan istilah yang teknis

Penulis mungkin akan memperkenalkan beberapa istilah teknis yang terkait dengan subjek yang dibahas. Ciri-ciri ini menunjukkan bahwa objek tersebut memang memiliki latar belakang yang sifatnya ilmiah.

Baca Juga : Recount Text

Generic Structure Explanation Text

Generic structure explanation text atau struktur yang ada di dalam teks ini terdiri dari tiga bagian, yaitu general statement, explanation, dan conclusion. Berikut ini adalah poin-poin pembahasannya.

1. General statement

General statement di dalam explanation text berisi tentang pernyataan umum yang sifatnya menyampaikan deskripsi subjek dengan jelas. Dengan kata lain, penulis memperkenalkan subjeknya terlebih dahulu kepada pembaca dalam bentuk gambaran umum.

2. Explanation

Setelah memberikan perkenalan secara umum, maka pembaca akan lanjut ke bagian selanjutnya yakni explanation. Penulis bisa menuliskan dari yang paling awal tentang bagaimana hal tersebut terjadi dan dilanjut ke hal-hal yang pembahasannya lebih kompleks.

Apakah jumlah explanation di dalam teks ini terbatas jumlah paragrafnya? Tidak. Kamu bisa membahas lebih dari satu paragraf apabila banyak sub-pembahasan yang terkait dengan fenomena subjek tersebut, sehingga pembaca juga lebih nyaman dan mudah memahami.

3. Conclusion

Bagian closing dari explanation text adalah berupa conclusion atau kesimpulan dari teks. Tetapi, ada juga penulis yang kadang tidak mencantumkan closing. Kesimpulan ini bisa dikaitkan dengan opini pribadi penulis yang didasarkan dengan fakta di paragraf explanation.

Jenis-Jenis Explanation Text

Berbagai jenis explanation text akan membantu kamu untuk menuliskan teks ke dalam jenis yang tepat. Berikut ini adalah beberapa jenis yang akan kamu jumpai dalam kepenulisan sehari-hari.

1. Theoretical explanation

Ada beberapa fenomena yang terjadi di sekitar kita yang penjelasannya hanyalah sekedar teori saja. Penjelasannya bisa ditulis dalam bentuk teks explanation. Namun, di dalam explanationnya adalah teori-teori yang selama ini beredar di kalangan umum.

2. Sequential explanation

Pada teks jenis ini, tulisan di dalamnya adalah berbagai tahap dari sebuah fenomena yang dijelaskan dari awal hingga akhir. Fenomenanya bisa berupa sosial, seperti peperangan. Bisa juga sebuah siklus fenomena yang lengkap dan rinci.

3. Factorial and consequential explanation

Di bagian explanation text ini, isinya adalah sebuah rangkaian kejadian dari awal hingga akhir. Bagian explanation juga menjelaskan hasil dari rangkaian tersebut dan biasanya berupa perubahan. Teks ini banyak ditemukan di buku sejarah dan ilmu pengetahuan alam.

4. Causal explanation

Causal explanation adalah explanation text yang isinya tentang perubahan sebuah fenomena dari satu bentuk ke bentuk yang lain. Faktor-faktor yang menjadi alasan di fenomena tersebut akan disebutkan di dalam jenis teks ini.

Baca Juga : Descriptive Text

Kaidah Kebahasaan Explanation Text

Terdapat kadiah-kadiah kebahasaan yang harus kamu perhatikan untuk menulis explanation text. Berikut ini Kelasedu jabarkan apa saja yang perlu kamu gunakan dan perhatikan ketika menulis teks ini.

1. Menggunakan simple present tense

Berhubung isi dari sebuah explanation text merupakan sebuah truth (kebenaran) atau general knowledge (pengetahuan umum), maka kamu harus menuliskannya dengan menggunakan simple present tense. Kamu juga bisa menggunakan adverb usually, sometimes, never, etc.

2. Terdiri dari active voice dan passive voice

Active voice dan passive voice di dalam explanation text sangat umum digunakan. Apalagi, biasanya peran manusia tidak dilibatkan di sini. Isi kalimat di dalam teks umumnya langsung menggunakan subjek atau noun tanpa pronoun untuk menjelaskan aksinya.

3. Menyebutkan kronologi

Salah satu kaidah penting di dalam text ini adalah disebutkannya kronologi waktu atau conjunction yang menghubungkan antara satu kalimat dengan kalimat lainnya. Beberapa contohnya adalah before, after, then, finally, dan lainnya.

Contoh Explanation Text

Hydrological Cycle

Water is an element that has a big role in the life of living creatures, both humans, animals and plants. Without water, living creatures will not survive. Water also cannot be replaced by other elements.

Water also has its own cycle and the process occurs naturally. Some of the terms are evaporation, condensation and precipitation. These three terms will continue to occur but when they occur, it is hard to predict.

The first process is evaporation or evaporation. Evaporation is carried out by the sun which evaporates water in land water sources such as rivers and lakes, as well as water sources in the sea.

The second process is condensation. In this process, the steam that has collected in the atmosphere will condense or turn into small ice particles. Then, the gathering of these particles will turn into a cloud.

The final process is precipitation. This process is the reduction of the ice particles into water or snow particles. Then, the water and snow will be channeled to a water source where it will later evaporate back into the atmosphere.

This water cycle is also called the hydro-logical cycle. Humans cannot interfere with this process because it occurs naturally. Moreover, when the area has solar heat throughout the year and has many water sources. Evaporation occurs all day and precipitation is only for a certain period.

Baca Juga : Report Text

Contoh Soal Explanation Text Beserta Jawabannya

How Tsunami Occurs

A tsunami is a very big disaster when it reaches land. It takes the form of a large wave and can sweep coastal areas. Usually, tsunamis occur in rings of fire or areas where earthquakes occur under the sea.

Tsunami itself comes from Japanese because this country has had many cases of large tsunamis that hit its coastal areas. Tsunamis are different from tidal waves because they can destroy land and change coastal morphology.

Tsunamis occur due to faults in the seabed. The signs are an earthquake that can be felt on land on a high scale. The existence of a fault causes sea water to fall to adjust to the shape of the fault.

Because the energy caused by the fault is very large, the water in the sea will experience shocks all the way to the surface. Then, the water movement will come to land. The greater the energy, the larger the wave.

On the other hand, not all earthquakes will cause a tsunami. If the earthquake was only due to a release of energy and was deep within the earth, then a tsunami would not occur. Until now, it is difficult to determine when a tsunami will occur.

Jawab pertanyaan di bawah ini!

1. Tsunami is the word from ____

a. Japanese
b. Chinese
c. Spanish

2. How does a tsunami occur?

a. Because a meteor landed.
b. The faults of seabed.
c. The fire in the forest.

3. What is the false information about the tsunami?

a. It is easy to determine a tsunami.
b. It is because of the earthquake.
c. It is the same as a tidal wave.

Jawaban:

1. A
2. B
3. C

Menulis sebuah explanation text dengan baik dan benar perlu mengikuti kaidah di atas. Tujuannya, agar fungsi dari teks ini bisa diterima oleh pembaca yang membutuhkan informasi atau edukasi terkait dengan subjek yang dijabarkan.