Future Perfect Tense: Pengertian, Rumus, Contoh Kalimat

Future Perfect Tense Pengertian, Rumus, Contoh Kalimat

Kamu ingin mengungkapkan bahwa sesuatu akan sudah selesai di masa depan? Mungkin terbersit di pikiran kamu untuk menggunakan kalimat simple future tense. Sayangnya jenis tenses ini kurang tepat untuk menyatakan hal tersebut. Solusinya, kamu bisa menggunakan jenis future perfect tense.

Perfect tense menunjukkan bahwa sebuah aksi atau kejadian telah selesai ketika kamu membicarakannya. Jika digabungkan dengan future tense, maka kamu bisa mendapatkan kalimat future perfect yang sempurna. Penasaran? Simak terus pembahasan lengkap Kelasedu berikut!

Pengertian Future Perfect Tense

Apa itu future perfect tense? Future perfect tense adalah tata bahasa yang dipakai untuk mengungkapkan bahwa sebuah tindakan akan sudah selesai di masa depan. Aktivitas tersebut baru akan dimulai dan akan berakhir di masa depan dan belum selesai saat dibicarakan.

Makna dari kalimat future perfect tense adalah proyeksi pikiran ke masa depan dengan perkiraan waktu yang telah diperhitungkan. Meskipun nanti pada kenyataannya tindakan tersebut belum selesai di masa mendatang, hal ini tidak berkaitan dengan tense yang digunakan.

Apabila tindakan tersebut tidak sesuai dengan prediksi, maka kamu bisa menggunakan past future perfect tense untuk mengungkapkannya dalam bahasa Inggris. Tense ini juga bisa dipakai untuk menyatakan sesuatu yang sudah tidak mungkin terjadi.

Future perfect merupakan salah satu jenis tense yang cukup sering digunakan baik dalam ungkapan lisan maupun tulisan dalam situasi formal maupun informal. Oleh sebab itu, kamu wajib mempelajari tense yang satu ini agar mampu berbicara layaknya penutur asli.

Fungsi Future Perfect Tense

Setelah mengetahui pengertiannya, mungkin kamu sudah bisa menebak fungsi utama future perfect. Yap. Secara sederhana, fungsi dari jenis tense yang satu ini adalah untuk menyampaikan atau membuat prediksi mengenai sebuah tindakan yang akan selesai di suatu masa tertentu di masa depan.

Selain itu, future perfect juga berfungsi untuk memberikan penekanan batas waktu dari suatu tindakan yang akan terjadi di masa depan, misalnya tonight, tomorrow, by this month, dan seterusnya. Fungsi yang lain adalah menyatakan bahwa tindakan tersebut belum dimulai sekarang.

Ciri-Ciri Kalimat Future Perfect Tense

Tahukah kamu bahwa kalimat future perfect tense bisa dikenali dengan mudah? Hal ini disebabkan adanya sejumlah ciri-ciri yang melekat pada kalimat tersebut. Berikut ini beberapa poin penting yang bisa kamu gunakan untuk mengidentifikasi kalimat future perfect:

1. Menggunakan kombinasi will dan have

Ciri pertama yang dimiliki oleh future perfect adalah menggunakan auxiliary verb will dan have. Will mengindikasikan future atau masa depan, sedangkan have merujuk pada bentuk perfect atau telah selesai. Setiap kalimat menggunakan kombinasi keduanya tanpa memandang subyek.

2. Menggunakan verb bentuk ketiga

Verb atau kata kerja yang mengikuti auxiliary will dan have harus dalam bentuk ketiga. Bentuk ini bersifat baku dan tidak terpengaruh oleh subyek sehingga wajib diterapkan pada setiap kalimat future perfect.

Verb bentuk ketiga biasanya menggunakan akhiran atau berubah bentuk tergantung pada jenisnya. Regular verb atau kata kerja beraturan biasanya hanya mendapatkan tambahan -d atau -ed sedangkan irregular verb atau kata kerja tidak beraturan akan berubah bentuk secara signifikan.

3. Terdapat waktu yang spesifik

Ciri future perfect yang selanjutnya adalah menggunakan waktu yang spesifik di masa depan yang menandakan durasi. Misalnya pada kalimat i have been waiting for 3 hours, maka waktu yang spesifik adalah for 3 hours atau selama 3 jam.

4. Menggunakan penanda waktu 

Time signal menjadi salah satu ciri future perfect yang perlu kamu ketahui. Ada berbagai jenis time signal yang dapat digunakan, seperti by tomorrow, in 5 hours, next year, dst. Yang terpenting penanda waktu tersebut mengacu pada masa yang akan datang atau future.

Baca Juga : Past Perfect Continuous Tense

Rumus Future Perfect Tense

Agar bisa membuat kalimat future perfect dengan mudah, pastikan kamu mengetahui rumusnya. Rumus future perfect tense cukup mudah untuk diterapkan karena tergolong sederhana. Perhatikan formula untuk tiga bentuk kalimat berikut ini.

Rumus Kalimat Positif

Pada kalimat positif, kamu hanya perlu menggabungkan auxiliary will dan have yang diikuti oleh kata kerja bentuk ketiga seperti formula di bawah ini.

Subyek + will + have + verb 3

Contoh: My project will have finished by this week.

Rumus Kalimat Negatif

Untuk membuat kalimat negatif, kamu hanya perlu menyisipkan kata “not” di antara auxiliary will dan have. Perpaduan will dan not juga dapat disingkat menjadi won’t. Perhatikan formula ini.

Subyek + will + not + have + verb 3

Contoh: She will not have submitted the assignment by tomorrow.

Rumus Kalimat Interogatif

Untuk membuat kalimat tanya menggunakan future perfect tense, kamu memiliki dua opsi yaitu pertanyaan tertutup dan pertanyaan terbuka. Pertanyaan tertutup hanya membutuhkan jawaban ya atau tidak, sedangkan pertanyaan terbuka memiliki jawaban yang bebas.

  • Pertanyaan tertutup

Will + subyek + have + verb 3? atau will + subyek + not + have + verb 3?

Contoh: Will you have done the project this month?

  • Pertanyaan terbuka

Question word + will + subyek + have + verb 3?

Contoh: When will you have done the project?

Pola Kalimat Future Perfect Tense

Setelah mengetahui rumus future perfect tense, kamu bisa mengidentifikasi pola kalimat dengan mudah. Setiap kalimat yang menggunakan tenses ini ditandai dengan auxiliary will yang mengikuti subyek dan diikuti oleh have serta kata kerja bentuk ketiga.

Karena diawali dengan will, maka tidak ada perbedaan auxiliary have pada setiap subyek. Meskipun kamu menggunakan subyek it, she, atau he, maka jenis auxiliary yang digunakan tetap have dan tidak perlu divariasikan dengan has.

Selain itu, pola kalimat yang wajib diingat adalah penggunaan kata kerja bentuk ketiga untuk menunjukkan makna perfect atau telah selesai. Untuk regular verbs kamu hanya perlu menambahkan -ed atau -d di akhir kata. 

Sementara itu, irregular verbs biasanya mengalami perubahan bentuk yang cukup signifikan. Pelajari lebih lanjut mengenai kata kerja tak beraturan agar lebih mudah dalam membuat kalimat.

Perlu juga diingat bahwa sebagian besar kalimat future perfect adalah diakhiri dengan time signal atau penanda waktu kecuali kalimat tipe interogatif. Pasalnya, time signal inilah yang memberikan gambaran waktu spesifik terkait aksi yang akan telah selesai di masa mendatang.

Baca Juga : Simple Future Tense

Adverb of Time Future Perfect Tense

Adverb of time atau kata keterangan waktu adalah salah satu komponen penting pada kalimat future perfect tense. Karena future perfect berfungsi untuk memberitahukan aktivitas yang akan selesai di suatu waktu yang spesifik di masa depan, maka keterangan waktu memegang peranan yang penting.

Pada dasarnya future perfect tense time signal yang digunakan pada kalimat perfect tense cukup bervariasi. Kuncinya adalah waktu tersebut harus terjadi di masa depan agar memenuhi syarat future perfect. Lantas, apa saja adverb of time yang kerap digunakan? Simak contoh-contoh berikut ini.

  • By tomorrow
  • Tonight
  • Next Monday
  • On Sunday next week

Perlu diingat bahwa future perfect menggambarkan aktivitas yang akan terjadi di masa mendatang sehingga penanda waktu juga harus menunjukkan masa depan. Kamu tidak boleh menggunakan adverb of time yang bermakna lampau atau present seperti yesterday, last night, now, dst.

Contoh Kalimat Future Perfect Tense

Agar lebih mudah memahami kalimat future perfect tense, kamu perlu memperhatikan lebih banyak contoh penggunaannya dalam kalimat. Di sini Kelasedu telah menyiapkan masing-masing 3 contoh kalimat future perfect tense untuk tipe positif, negatif, dan interogatif. 

Contoh Kalimat Positif

  • Your parents are coming at 7 pm. I will have finished cooking by the time they arrive.
    Orang tuamu akan datang jam 7. Aku bakal selesai memasak saat mereka tiba.
  • I will have completed my paperwork in a few hours and then we can go shopping.
    Aku akan menyelesaikan tulisanku dalam beberapa jam kemudian kita bisa pergi belanja.
  • She will have been here for a month on Friday
    Dia telah berada di sini selama 1 bulan pada hari Jumat.

Contoh Kalimat Negatif

  • They will not have graduated this year. They missed some classes.
    Mereka belum akan wisuda tahun ini. Mereka melewatkan beberapa kelas.
  • He has been so busy lately. He won’t have completed the essay by next week.
    Dia sangat sibuk belakangan ini. Dia tidak akan menyelesaikan esainya minggu depan.
  • I won’t have been here by tomorrow.
    Aku sudah tidak akan ada di sini besok.

Contoh Kalimat Interogatif

  • Will you have gone to Bali this weekend
    Apa kamu sudah akan ke Bali minggu ini?
  • Will you not have finished the school project tonight?
    Apa kamu bakal sudah menyelesaikan proyek sekolah malam ini?
  • When will they have prepared the concert?
    Kapan mereka akan mempersiapkan konsernya?

Baca Juga : Future Continuous Tense

Contoh Soal Future Perfect Tense Beserta Jawabannya

Selain mempelajari contoh kalimat future perfect tense berbagai tipe, kamu bisa mengukur pemahaman melalui latihan soal. Di bawah ini Kelasedu telah mempersiapkan 10 contoh soal future perfect yang bisa mengembangkan kemampuan kamu.

1. They ……. (finish) the meeting by 7 o’clock.

a. will finish
b. will have finished
c. have finish
d. has finish
e. finished

Jawaban: B

2. She …… (write) the new book next month and then it can be published publicly.

a. writes
b. wrote
c. will write
d. will have written
e. will be writing

Jawaban: D

3. John: Hey Frey, I’m going to visit you tonight around 10 pm. Is it okay?
Frey: I’m so sorry. I …… (go) to bed by that time.

a. will have gone
b. am going to
c. was going to
d. will go
e. going

Jawaban: A

4. Jenny: Will they ….. (depart) by this time tomorrow?
Stuart: Yes, they will.

a. depart
b. have depart
c. have departed
d. be departing
e. departed

Jawaban: C

5. By the time you read this letter, I ……. (be) in New York.

a. will be
b. will have been
c. being
d. will have be
e. been

Jawaban: B

Mempelajari future perfect tense sangat bermanfaat untuk membantu kamu menguasai bahasa Inggris. Kamu bisa menyimak berbagai contoh kalimat serta berlatih membuat kalimat sendiri sesuai dengan pola yang telah ditentukan. Dengan begitu, kamu akan semakin mahir seperti penutur asli.