Hortatory Exposition: Pengertian, Jenis, Struktur, Contoh Teks

Hortatory Exposition Pengertian, Jenis, Struktur, Contoh Teks

Apabila kamu suka membaca koran atau majalah, maka kamu akan menemukan kolom yang ditulis dengan menggunakan jenis hortatory exposition text. Jenis teks ini biasanya ditulis oleh orang yang berpengalaman di bidang yang dibahas di dalam topik tersebut.

Banyak topik yang bisa disajikan dengan menggunakan salah satu bentuk teks eksposisi ini dan umumnya berupa hal sosial seperti lingkungan, kesehatan, dan isu lainnya. Di halaman ini, Kelasedu akan menjabarkan materi ini dengan lengkap. Simak ulasannya di sini.

Pengertian Hortatory Exposition

Apa itu hortatory exposition? Hortatory Exposition adalah salah satu ragam dari teks eksposisi yang akan membicarakan sebuah isu penting yang ada di kehidupan sosial. Penulisnya cenderung mengajak pembaca untuk melakukan sesuatu setelah teks selesai dibaca.

Itu sebabnya, kamu mungkin akan menemukan beberapa kalimat di dalam teks yang sifatnya persuasif. Apa tujuannya? Penulis ingin meyakinkan pembaca bahwa topik yang dibahas sangat penting dan pembaca perlu melakukan sebuah perubahan.

Hortatory exposition biasanya akan ditemukan di bagian kolom editorial pada koran dan majalah, sebuah iklan yang mengekspos sebuah masala, pidato bersifat akademis, dan tulisan dengan isu sosial. Tulisan juga mengandung alasan yang kuat dari penulisnya.

Fungsi Hortatory Exposition

Berbeda dengan procedure text yang bersifat instruktif, hortatory exposition bertujuan untuk membujuk pembaca menerima pendapat atau ide penulis. Memahami fungsi teks hortatory exposition membantu kita mengenali dampaknya dalam pembacaan dan komunikasi persuasif. Berikut Fungsi Hortatory Exposition:

1. Meyakinkan pembaca

Pembaca dari tulisan eksposisi ini mungkin belum pernah mengetahui lebih dalam mengenai sebuah isu yang ada di sekitarnya. Penulis biasanya akan meyakinkan pembaca dengan argumen yang dilandasi dengan berbagai masalah yang sifatnya faktual.

2. Menyajikan isu

Isu-isu yang dibahas di dalam hortatory exposition dianggap penting, sehingga perlu adanya tindakan sehingga perubahan pun terjadi. Sebelum melakukan tindakan, tujuan penulis adalah menyajikan isu yang bisa saja tidak diketahui oleh orang secara umum.

3. Mengajak berubah

Ciri lain dari sebuah teks hortatory adalah mengajak pembaca untuk melakukan sebuah perubahan atau tindakan. Biasanya, penulis akan membagikan informasi berikut solusi yang bisa dilakukan oleh pembaca meskipun gerakannya masih ke dalam skala kecil.

4. Membicarakan moral

Di dalam tulisan ini, penulis juga bisa bertujuan untuk membicarakan moral yang berlaku dan termasuk ke dalam norma sosial. Penulis ingin adanya perubahan sehingga tatanan sosial menjadi lebih baik dengan saran-saran di dalam struktur hortatory exposition.

5. Promosi produk

Teks ini juga bisa digunakan untuk mempromosikan sebuah produk, sehingga tidak aneh jika bahasanya sangat persuasif. Biasanya, jenis teks ini akan menggugah emosional audiens sehingga mereka mau untuk membeli produk tersebut.

Ciri-Ciri Hortatory Exposition

Memahami ciri-ciri Hortatory Exposition sangat penting untuk dapat membedakannya dari jenis teks lain. Teks ini memiliki karakteristik khas yang membuatnya unik dalam menyampaikan saran atau anjuran. Berikut ciri-ciri utama yang menonjol dari teks ini.

1. Menggunakan simple present tense

Ciri-ciri utama yang akan kamu temukan di dalam hortatory exposition adalah kalimatnya yang menggunakan simple present tense. Teks eksposisi mengangkat isi yang terkini dan relevan dengan keadaan sekarang, sehingga tensesnya akan selalu present.

2. Isinya yang subjektif

Meskipun penulis teks eksposisi mencoba untuk mengajak pembacanya memahami isu yang sedang terjadi di sekeliling dengan menggunakan alasan yang ilmiah, namun isi eksposisi adalah subjektif. Jadi, kamu akan menemukan kata I dan We di dalam teks.

3. Bersifat persuasif

Sebagian jenis teks eksposisi kategori hortatory akan digunakan di dalam bentuk iklan. Sisanya adalah mengajak pembacanya untuk melakukan perubahan. Itu sebabnya, gaya bahasa yang ada di dalam teks akan selalu persuasif, bahkan dari segi emosional.

4. Disampaikan berurutan

Cara menyampaikan tulisan di argument hortatory exposition text adalah selalu berurutan. Kamu perlu menggunakan beberapa sequence words seperti next, after that, finally, dan lainnya untuk mengurutkan events yang berkaitan dengan topik di tulisan tersebut.

5. Menggunakan alasan

Salah satu ciri yang juga akan kamu temukan di dalam teks hortatory exposition adalah berbagai alasan yang akan mendukung ajakan penulis untuk pembacanya agar melakukan perubahan. Alasannya bersifat logis dan sudah melalui kajian yang sifatnya ilmiah pula.

Generic Structure Hortatory Exposition

Sebelum kita memahami Struktur Umum Hortatory Exposition, perlu diingat bahwa setiap jenis teks memiliki kerangka dasar yang mengorganisasikannya. Struktur ini menentukan bagaimana argumen disajikan dan bagaimana pembaca dipengaruhi. Berikut Generic Structure Hortatory Exposition.

1. Introduction

Bagian yang paling awal di dalam hortatory exposition berupa introduction. Kamu harus mengenalkan objek atau topik yang akan kamu bicarakan terlebih dahulu. Penjelasan di bagian awal ini boleh mengangkat topik sekaligus opini dari penulisnya.

Opini di bagian introduction umumnya ditulis dengan menggunakan alasan-alasan mengapa topik tersebut memerlukan sebuah perubahan. Dengan kata lain, bagian introduction hortatory exposition merupakan tesis dari penulis itu sendiri.

2. Arguments

Bagian kedua di dalam teks merupakan arguments penulis bisa menuliskan argumentasi tentang topik yang sedang diangkat. Di dalam satu teks hortatory exposition, bisa terdapat lebih dari satu arguments. Semakin banyak masalah, semakin banyak argumennya.

Kemudian, penulis juga akan mengangkat berbagai argumen yang disertai dengan alasan-alasan dan fakta umum yang memang terjadi. Di sini lah penulis akan membangkitkan emosional pembaca, sehingga nantinya pembaca akan melakukan perubahan.

3. Recommendation

Di bagian akhir dari sebuah hortatory text merupakan recommendation atau rekomendasi yang merupakan subjektivitas penulis. Rekomendasi ini ajakan untuk pembaca agar mereka mau melakukan perubahan sesuai dengan saran yang disampaikan oleh penulis.

Baca Juga : Report Text

Jenis-Jenis Hortatory Exposition

Jenis-jenis hortatory exposition mencakup teks yang berpendapat untuk mengubah kebijakan, mendorong perilaku positif, atau memberikan nasihat kepada pembaca. Berikut beberapa jenis-jenisnya.

1. Editorial

Editorial merupakan salah satu contoh hortatory exposition yang fokus membicarakan sebuah isu terkini dan umumnya ditayangkan di media massa. Penulis editorial merupakan orang yang memiliki pengaruh dan ilmu yang cukup diperhitungkan di bidangnya.

2. Journal

Seluruh jurnal yang kamu baca di berbagai repository atau jurnal offline merupakan bentuk hortatory exposition. Penulisnya memulai dengan sebuah isu, pembahasan berupa argumen berdasarkan data, dan diakhiri dengan simpulan yang berupa solusi dari masalah.

3. Academic speech

Academic speech merupakan salah satu bentuk hortatory exposition karena pembicaranya akan mengangkat satu isu tertentu. Kemudian, pembicara juga menyampaikan berbagai argumen yang relevan dan diakhiri dengan ajakan kepada audiens untuk sebuah perubahan.

4. Iklan

Teks hortatory juga bisa berupa iklan meskipun akan menjadi bentuk yang pendek. Pembuat iklan berusaha untuk menjelaskan betapa pentingnya produk tersebut setelah menyebutkan beberapa masalah yang penting dan dihadapi oleh target marketnya.

Kaidah Kebahasaan Hortatory Exposition

Memasuki pembahasan Kaidah Kebahasaan Hortatory Exposition, penting untuk menyadari bahwa gaya bahasa memainkan peran krusial dalam menentukan efektivitas teks. Tata bahasa, pemilihan kata, dan gaya penyampaian memiliki pengaruh besar terhadap kemampuan teks untuk mempengaruhi pembaca.

1. Fokus penulisan

Language features yang paling umum di dalam teks ini adalah fokus penulisannya yang berupa isu, ide, dan opini. Penulis akan menyampaikan isu secara mendalam karena penulis akan mengajak pembacanya untuk melakukan perubahan.

Sementara opini adalah subjektivitas penulis agar bisa mengajak pembacanya berada di dalam sudut pandang penulis sendiri. Di bagian akhir, fokus penulisan adalah menyampaikan ide berupa solusi apa saja yang bisa dilakukan oleh pembaca.

2. Menggunakan verb tertentu

Sebagian besar dari hortatory exposition akan menggunakan beberapa jenis verb yang akan menggugah emosi pembacanya. Beberapa pernyataan mungkin akan mencantumkan beberapa verb seperti believe, think, know, feel, realize, etc.

Mengapa beberapa verb diatas dianggap penting? Pasalnya, isi dari exposition masih dianggap sebagai teks yang subjektif. Isu yang diangkat penulis akan dianggap sangat penting meskipun belum tentu penting di level yang sama oleh masyarakat umum.

3. Menggunakan action verbs

Action verbs di dalam hortatory exposition akan menekankan bahwa ada kejadian perubahan yang terjadi di dalam teks tersebut. Hal ini akan menjelaskan sebuah proses yang menggambarkan perubahan dan mengapa topik tersebut menjadi penting.

4. Menggunakan relational process

Relational process merupakan sebuah perubahan seperti A menjadi B. Relational process di dalam example hortatory exposition akan menggugah pembaca agar segera melakukan tindakan tertentu untuk menghindari risiko yang lebih buruk di masa depan.

5. Tenses dan modals

Dalam hortatory exposition juga sangat banyak menggunakan tenses dan modals. Tujuannya adalah untuk menggambarkan bahwa isu yang sedang diangkat masih relevan di masa kini dan masa depan. Kamu juga bisa menggunakan kata can, could, should, would, etc.

Baca Juga : Explanation Text

Contoh Hortatory Exposition

The Importance of Disposing of Waste in the Place

In some areas in Indonesia, waste has become an interesting issue because rubbish is still found everywhere. This shows that there are bad habits in society that cause rubbish to scatter. In fact, throwing rubbish in its place can improve the standard of living. How did it happen?

Waste not only endangers the environment, but also human health and other living creatures. Piling up rubbish in residential areas invites very high air pollution because rubbish will emit methane gas into the air. This gas is dangerous when inhaled by humans.

Then, scattered rubbish will also produce waste which is likely to be carried away by water runoff. If this waste water flows into rivers or enters groundwater, the quality of water for human life is also reduced. The water also smells and contains bacteria.

That is why it is very important not to throw rubbish carelessly. Residential environments should create waste banks that will help people avoid the effects of waste, both short and long term effects. Thus, it will increase people’s life span as well.

Contoh Soal Hortatory Exposition Beserta Jawabannya

Bringing Skincare to School

Many schools do not allow their students to bring skincare. Some skincare products include sunblock, sunscreen and lip balm. In fact, these products are related to health. So, schools should not prohibit students from carrying them.

Skincare is a product that does not aim to beautify oneself. For disciplinary reasons, the school will take the product. Even though skincare can protect students from various diseases related to climate change. One of them is cancer.

The use of sunscreen and sunblock at school is very important. The reason is, children spend most of the day at school. Use sunblock and sunscreen not just once, but every few hours. So, they have to use it at school.

Using these products will help them avoid skin cancer, dullness and other diseases. This is related to health, not beauty. That’s why schools should support, not prohibit, students from carrying them. It is also raising awareness to maintain their health.

Jawab pertanyaan di bawah ini.

1. Why do the schools take the skincare products from the students?

a. Unnecessary products
b. It is expensive.
c. It is not needed.

2. Do skincare products help the students?

a. Yes, they do.
b. No, they don’t.
c. No, it doesn’t.

3. What can skincare products do?

a. To beautify the appearance.
b. To show off.
c. To protect the skin.

Jawaban:

  1. A
  2. A
  3. C

Pembahasan hortatory exposition text di atas bisa membantu kamu untuk membuat tulisan dan membedakannya ketika membaca media massa. Tulisan ini secara umum selalu baik karena bertujuan untuk membawa dampak positif ke lingkungan sosial.