Narrative Text: Pengertian, Struktur, Jenis, dan Contoh Teks

Narrative Text Pengertian, Generic Structure, Jenis, Contoh

Kamu suka membaca cerita fiksi dalam bahasa Inggris? Pastinya seru dan menarik bukan? Tapi tahukah kamu jenis dari teks tersebut? Jika kamu menjawab narrative text, jawaban kamu sangat tepat. Jenis teks yang satu ini cukup mudah ditemukan di buku-buku fiksi maupun novel.

Dalam bahasa Inggris dikenal berbagai jenis teks antara lain narrative, descriptive, recount, dan masih banyak lagi. Kali ini Kelasedu akan membahas secara lengkap mengenai teks naratif lengkap dengan contoh teksnya. Jangan sampai kelewatan!

Pengertian Narrative Text

Apa itu narrative text? Teks naratif adalah jenis teks yang menceritakan suatu peristiwa secara runtut dan saling terhubung. Rangkaian cerita tersebut merupakan hasil imajinasi seseorang sehingga tidak nyata. Beberapa contoh narrative text yang sangat populer adalah Putri Salju dan Cinderella.

Teks naratif sering juga dikenal sebagai cerita pendek (cerpen) berbahasa Inggris. Begitu juga dengan novel fiksi yang mengusung versi lebih panjang. Selama cerita yang dibawakan bersifat imajinatif dan tidak nyata, maka bisa disebut sebagai narrative text.

Namun terkadang pembaca mengalami kesulitan untuk membedakan antara teks naratif dan teks deskriptif. Perbedaan yang paling mencolok terletak pada sifat dan penyampaian. Teks naratif bersifat khayalan sedangkan deskriptif bersifat menggambarkan atau mendeskripsikan sesuatu.

Adapun dalam hal penyampaian, teks naratif biasanya diceritakan secara kronologis dari awal hingga akhir. Sementara itu, teks deskriptif tidak mementingkan urutan karena titik fokusnya adalah menggambarkan suatu obyek secara detail.

Fungsi Narrative Text

Setelah memahami pengertian narrative text, kamu juga perlu mengetahui fungsi dan tujuan dari bacaan ini. Fungsi utama dari teks naratif adalah untuk menghibur pembaca melalui cerita imajinatif yang disajikan secara kronologis.

Melalui cerita tersebut, pembaca bisa membayangkan latar tempat dan waktu, sosok tokoh yang berperan, hingga alur. Cerita naratif yang baik mampu membuat pembaca larut dan seolah menjadi bagian dari kisah tersebut.

Terkadang teks naratif juga bisa menginspirasi pembaca melalui pesan-pesan moral yang tersirat. Misalnya pada legenda atau cerita rakyat, tentunya banyak nilai-nilai luhur yang bisa diambil oleh pembaca.

Ciri-Ciri Narrative Text

Setiap jenis teks mempunyai karakteristik yang berbeda, begitu juga dengan narrative text. Terdapat beberapa ciri-ciri yang bisa kamu jadikan pedoman untuk mengidentifikasi teks naratif dengan cepat dan mudah, antara lain:

  • Mengambil latar belakang di masa lampau
  • Isi cerita berupa imajinasi, tidak jarang menggunakan hewan sebagai tokoh utama
  • Mampu membuat pembaca terhibur
  • Menyimpan nilai-nilai moral di balik cerita

Baca Juga : Recount Text

Generic Structure Narrative Text

Ketika mempelajari jenis-jenis teks dalam bahasa Inggris, kamu perlu mengetahui struktur utama yang menyusun teks tersebut. Generic structure narrative text adalah sebagai berikut:

Orientation

Bagian awal dari narrative text disebut sebagai orientation atau pengenalan. Pada paragraf ini, pembaca akan diperkenalkan dengan tokoh serta latar belakang cerita sehingga lebih mudah memahami paragraf selanjutnya.

Complication

Setelah menyajikan pengenalan pada paragraf awal, kamu akan memasuki bagian inti cerita atau biasa disebut sebagai complication. Biasanya penulis akan menceritakan awal mula masalah secara kronologis yang berisi konflik, klimaks, dan anti klimaks.

Complication terdiri dari beberapa bagian, yaitu problem atau awal mula masalah, konflik, klimaks, anti klimaks, dan solusi. Sementara itu, terdapat tiga jenis konflik yang bisa digunakan pada cerita yakni konflik alam, konflik sosial antar tokoh, dan konflik batin.

Resolution

Bagian ini merupakan akhir dari cerita yang dapat berisi kesimpulan atau lanjutan dari solusi masalah. Pada bagian ini pula penulis bisa menentukan apakah cerita berakhir bahagia atau sebaliknya. Biasanya resolution hanya terdiri dari 1 atau 2 paragraf saja.

Reorientation

Reorientation bukanlah struktur yang wajib digunakan pada teks naratif. Meskipun demikian, beberapa penulis menggunakan bagian reorientation untuk menceritakan kondisi tokoh atau menyampaikan pesan moral untuk pembaca.

Jenis-Jenis Narrative Text

Terdapat beberapa jenis narrative text yang mungkin sering kamu jumpai. Misalnya saja pada buku cerita anak, majalah, ataupun novel. Berikut ini tipe teks naratif yang cukup familier:

1. Legenda

Legenda identik dengan cerita rakyat. Teks naratif ini sering dikaitkan dengan asal muasal suatu tempat sehingga memberikan hiburan tersendiri bagi pembaca. Salah satu contoh cerita legenda yang cukup terkenal adalah the Legend of Lake Toba.

2. Fabel

Fabel merupakan kisah yang menceritakan hewan-hewan. Tentu saja cerita ini berisi imajinasi atau khayalan dan tidak nyata. Ada banyak sekali contoh fabel yang mungkin kamu jumpai seperti The Ant and the Grasshopper.

3. Dongeng

Dikenal dengan nama fairy tale dalam bahasa Inggris, dongeng adalah teks naratif dengan genre fantasi. Dongeng biasanya mengandung keajaiban yang menarik untuk anak-anak, misalnya Thumbelina.

4. Mitos

Mitos juga menjadi bagian dari narrative text yang banyak dijumpai. Berbagai budaya biasanya mempunyai mitos yang berbeda dan memiliki makna simbolis. Salah satu mitos yang cukup terkenal adalah Hilangnya Atlantis dan El Dorado.

5. Fiksi Ilmiah

Salah satu jenis teks naratif yang cukup sering ditemukan adalah fiksi ilmiah atau dikenal sebagai science fiction. Teks ini umumnya mengisahkan cerita fiktif yang mengusung tema sains dan teknologi, misalnya penjelajahan ruang angkasa atau kehidupan di planet selain bumi.

6. Slice of Life

Meskipun tidak sepopular sci-fi atau dongeng, slice of life merupakan bagian dari teks naratif. Sesuai dengan namanya, teks ini menceritakan potongan kehidupan dari penulis atau tokoh imajinatif sehingga mampu menginspirasi pembaca.

Baca Juga : Descriptive Text

Kaidah Kebahasaan Narrative Text

Teks naratif mempunyai kaidah kebahasaan tersendiri yang membuatnya berbeda dari jenis teks lain. Dengan memahami unsur-unsur kebahasaan pada teks naratif, kamu bisa membedakannya dengan jenis lain.

  • Menggunakan simple past tense
  • Menggunakan action verb, yaitu kata kerja yang tampak secara visual..
  • Terdapat saying dan thinking verb
  • Memiliki conjunction of time atau kata hubung seperti before, after, until
  • Menggunakan adjective atau kata sifat seperti poor, beautiful, strong

Contoh Narrative Text

Setelah mengetahui beragam informasi seputar narrative text, kini saatnya untuk menyimak contoh narrative text pendek berikut.

The Story of Rapunzel

Once upon a time, there was a prosperous kingdom ruled by a wise king and a beautiful queen. After waiting for years, the queen was pregnant with their first child. She gave birth to an adorable baby girl named Rapunzel. 

However, the queen became sick and needed a rare herb as a medication. Unluckily, the herb only lived in the garden of a wicked witch. The king decided to send his troops to steal the herb but they were caught in action. The witch got angry but she was a cunning lady. She came to the castle to make a deal with the king. She would let him take the herb if but he had to give her baby in return. Because of his true love to his wife, the king agreed reluctantly.

The witch took Rapunzel to a tall tower and locked her. There were no doors, only a window. Whenever she wanted to visit Rapunzel, she would call out, “Rapunzel, Rapunzel, let down your long hair!”

One day, a handsome prince got lost in the forest. He heard Rapunzel sang a song and followed the voice, hoping he would find help. He saw the witch was calling out, “Rapunzel, Rapunzel, let down your long hair!”. At the moment, he was mesmerized by the long, golden, beautiful tresses flowing from the tower.

After the witch left the tower, the curious Prince tried to call out, “Rapunzel, Rapunzel, let down your long hair!” 

She threw her hair as usual. To be her surprise, it was the prince who climbed up.

They fell in love and the prince visited her every single day. The prince asked Rapunzel to leave the tower and lived happily in his palace. One day, the old witch found the prince and became furious. She cut Rapunzel’s beautiful hair and took her away.

The heartbroken prince wandered the forest to find Rapunzel until he heard a subtle voice. He approached the voice and found a small shack where Rapunzel lived, alone. They got back to the prince’s palace and got married.

Baca Juga : Report Text

Contoh Soal Narrative Text Beserta Jawabannya

Kelasedu telah menyiapkan contoh soal narrative text berdasarkan cerita Rapunzel di atas untuk memastikan kamu memahami bacaan tersebut.

Fill in the blank with the right answer by choosing a, b, c, d, or e!

1. What type of narrative text is The Story of Rapunzel?

a. Fable
b. Mystery
c. Legend
d. Myth
e. Fairy tale

Answer: E

2. Once upon a time, there was a prosperous kingdom ruled by a wise king and a beautiful queen. After waiting for years, the queen was pregnant with their first child. She gave birth to an adorable baby girl named Rapunzel.

According to the generic structure, this paragraph is called …..

a. complication
b. resolution
c. orientation
d. happy ending
e. re-orientation

Answer: C

3. The king decided to send his troops to steal the herb but they were caught in action.

The bold word refers to …..

a. The king and queen
b. The wicked witch
c. Rapunzel
d. The king’s troops
e. The prince

Answer: D

4. According to the text, why did the witch become furious and took Rapunzel away from the tower?

a. The king stole her herb in the garden.
b. She found out the prince climbed up and lurked in the tower.
c. The queen fell sick and needed her herb.
d. She didn’t like Rapunzel’s long and beautiful hair.
e. She hated the king’s troops.

Answer: B

5. The synonym of the word tresses in paragraph 4 is …….

a. hair
b. hands
c. face
d. legs
e. eyes

Answer: A

Pembahasan mengenai narrative text seperti tidak ada habisnya. Selain berfungsi untuk menghibur, tentunya jenis teks yang satu ini juga bisa mengasah kemampuan bahasa Inggris kamu, terutama kemampuan membaca atau reading. Perbanyak membaca sehingga skill kamu akan semakin meningkat.