Past Continuous Tense: Pengertian, Fungsi, Rumus, Pola Kalimat, Contoh Soal

Past Continuous Tense Pengertian, Fungsi, Rumus, Pola Kalimat, Contoh Soal

Pernahkah kamu mendengar past continuous tense dalam materi Bahasa Inggris sebelumnya? Tenses ini merupakan perkembangan dari jenis tenses simple past tense yang memiliki bentuk continuous atau progressive. Artinya, kejadiannya berlangsung di masa lalu.

Meskipun penggunaan dari tenses ini lebih banyak digunakan di dalam bentuk kalimat majemuk, ada baiknya kamu bisa membuat kalimat ini dengan baik dan benar karena konteksnya jauh lebih detail. Berikut ini adalah rangkuman materi tentang tenses past continuous.

Pengertian Past Continuous Tense

Apa itu past continuous tense? Past Continuous Tense adalah tenses yang menerangkan bahwa kejadian sedang berlangsung namun konteksnya ada di masa lalu. Itu sebabnya, kalimat ini sering muncul di dalam kalimat majemuk yang digunakan berbarengan dengan kalimat simple past tense.

Kalimat dalam bentuk past continuous tidak jauh berbeda dengan present continuous. Yang menjadi pembeda adalah adanya to be dalam bentuk past tense, yaitu was dan were. Sementara verb di dalam kalimat harus menggunakan verb-ing untuk memperjelas konteks continuous-nya.

Sebagai contoh, kamu ingin menjelaskan bahwa kamu sedang mandi saat seseorang menelponmu tiga jam lalu, jadi kamu tidak sempat mengangkatnya. Kamu bisa mengungkapkannya dengan kalimat “I was taking a bath when someone called me”.

Fungsi Past Continuous Tense

Membuat kalimat dalam past continuous tense harus memahami fungsi utamanya. Jika kamu masih bingung mengapa tenses ini banyak digunakan di dalam sebuah percakapan atau laporan, berikut adalah beberapa poin tentang fungsi dari tenses ini.

1. Menyatakan kejadian di masa lalu

Meskipun dari segi rumusnya tenses ini berbeda dengan bentuk simple past tense, namun konteks waktunya adalah menjelaskan sebuah kejadian yang terjadi di masa lalu dan sedang berlangsung di masa itu. Kejadiannya pun tidak memiliki keterkaitan dengan masa kini.

2. Menjelaskan dua kejadian bersamaan

Salah satu fungsinya adalah untuk menjelaskan dua kejadian bersamaan dan keduanya adalah kejadian di masa lalu. Kejadian yang menjadi continuous digambarkan sedang berlangsung ketika sebuah kejadian yang baru terjadi atau sama-sama terjadi.

3. Menjelaskan tahap kejadian

Fungsi lain mengapa tenses ini digunakan adalah untuk menjelaskan sebuah tahap kejadian yang berlangsung di masa lalu. Biasanya, kalimat dalam past continuous tense akan menjelaskan kejadian lainnya yang terjadi baik sebelum maupun sesudahnya.

4. Menjelaskan kejadian yang terganggu

Maksudnya, kejadian terganggu bukanlah kejadian yang menyebabkan kejadian yang berlangsung menjadi terhenti. Di sini, kamu akan memahami bahwa ada sebuah kejadian yang tiba-tiba terjadi ketika past continuous event sedang berlangsung.

5. Menjelaskan kebiasaan di masa lalu

Kamu bisa menggunakan tenses ini untuk mengungkapkan sebuah kebiasaan yang terjadi di masa lalu dan dalam periode tertentu. Hanya saja, kebiasaan tersebut artinya sudah tidak menjadi kebiasaan lagi di masa kini.

6. Digunakan untuk narrative text

Kamu akan melihat penggunaan past continuous tense di dalam berbagai narrative text. Tenses ini dianggap penting karena tujuannya adalah untuk menggambarkan suasana. Kalimat ini pun muncul dengan kejadian lainnya dengan ciri-ciri penggunaan when dan while.

7. Menunjukkan aksi bersamaan di masa lalu

Apabila ada dua kejadian yang terjadi secara bersamaan dan berkelanjutan di masa lalu, maka tenses past continuous lah yang harus digunakan, bukan simple past tense. Hanya saja, dua kejadian tersebut perlu memiliki durasi yang panjang.

Ciri-Ciri Kalimat Past Continuous Tense

Membedakan kalimat dalam bentuk past continuous tense cukup mudah karena ada beberapa ciri tertentu yang membuatnya berbeda dengan tenses lain. Di bawah ini adalah beberapa ciri-ciri yang bisa kamu temukan di dalam kalimat.

1. Terdapat to be dalam past

Bentuk tenses continuous akan selalu membutuhkan to be. Jadi, tenses ini pun akan memiliki kata was/were sebagai to be karena keduanya adalah bentuk past. Penggunaan to be diletakkan sebelum verb di dalam kalimat dan disesuaikan dengan subjeknya.

2. Menggunakan verb-ing

Meskipun dalam bentuk past tense yang biasanya bercirikan verb-2, di tenses ini kamu tidak akan menggunakan verb-2. Bentuk verb yang digunakan adalah verb-ing dengan alasan bentuk tensesnya adalah continuous. Verb-ing akan diletakkan setelah to be was/were di dalam kalimat.

3. Menggunakan when dan while

Meski tidak selalu seperti ini, tetapi kamu akan banyak menemukan kalimat dengan past continuous tense menggunakan when and while. Adverb ini memang digunakan untuk bentuk kalimat majemuk yang menerangkan dua kejadian berbeda di dalam kalimatnya.

Baca Juga : Present Perfect Tense

Rumus Past Continuous Tense

Tenses ini memiliki rumus tersendiri yang harus kamu ikuti untuk membuat kalimat yang tepat. Hanya ada satu jenis rumus, yakni menggunakan kata kerja verb-ing dan tidak memiliki nomina. Berikut adalah rumus dalam affirmative, negative, dan interrogative.

  • (+) Subject + was/were + verb-ing + complement
  • (-) Subject + was/were + not + verb-ing + complement
  • (?) Was/were + subject + verb-ing + complement?
  • Yes, subject + was/were
  • No, subject + was/were + not

Pola Kalimat Past Continuous Tense

Hanya kalimat verba saja yang ada di dalam tenses ini. Kalimat terbagi tiga yakni affirmative, negative, dan interrogative. Berikut adalah pembahasan pola kalimat past continuous tense.

– Kalimat affirmative

Bentuk kalimat affirmative terdiri dari pola subject + was/were + verb-ing + complement. Subject dari I, she, he, dan it menggunakan was. Untuk you, they, dan we menggunakan were. Sementara verb yang digunakan adalah verb-ing.

Contoh: She was doing her assignment at the library last night.

– Kalimat negative

Sementara kalimat negative mengikuti pola subject + was/were + not + verb-ing + complement. Kamu harus menyisipkan kata not setelah was/were. Sementara bentuk verb masing menggunakan verb-ing dan tidak ditambah apapun.

Contoh: She was not doing her assignment at the library last night.

– Kalimat interrogative

To be was/were harus dipindahkan ke bagian depan kalimat dan disesuaikan dengan pola was/were + subject + verb-ing + complement?. Bagian verb juga masih dalam bentuk dengan verb-ing.

Contoh: Was she doing her assignment at the library last night?

Baca Juga : Present Perfect Continuous Tense

Relative Adverb Past Continuous Tense

Hanya ada dua relative adverb di dalam past continuous tense. Yang pertama adalah when dan yang kedua adalah while. Keduanya memiliki arti yang sama, yaitu “ketika”. Tetapi, penggunaannya di dalam kalimat menjadi berbeda. Berikut adalah penjelasan when dan while.

1. When

Arti dari when adalah ketika dan umumnya digunakan untuk kalimat dengan past continuous. Hanya saja, kalimat pengiring when adalah bentuk past tense karena dianggap sebagai kejadian pengganggu. Sementara kalimat utamanya adalah past continuous.

Contoh: When my father came, I was cooking. (Ketika ayah datang, aku sedang memasak).

2. While

Kalimat majemuk yang menggunakan while akan diikuti dengan kalimat berbentuk past continuous. Arti dari while adalah ketika, namun bentuknya harus diikuti bentuk continuous, bukan kalimat simple. While bisa ada di depan maupun belakang kalimat.

Contoh: While I was playing the soccer, my mom came to watch. (Ketika aku sedang bermain bola, ibuku datang untuk menonton).

Contoh Kalimat Past Continuous Tense Beserta Artinya

Kamu akan lebih mudah mengerti bagaimana tenses ini digunakan dalam berbagai bentuk kalimat, termasuk ketika menggunakan adverb. Lihat beberapa contoh kalimat past continuous tense yang sudah Kelasedu siapkan yang disertai dengan terjemahannya di bawah ini.

Contoh 1:

  • (+) She was teaching math when a student came late. (Dia sedang mengajar matematika ketika seorang siswa datang terlambat).
  • (-) She was not teaching math when a student came late. (Dia tidak sedang mengajar matematika ketika seorang siswa datang terlambat).
  • (?) Was she teaching math when a student came late. (Apakah dia sedang mengajar matematika ketika seorang siswa datang terlambat?)
  • Yes, she was. (Ya, dia sedang melakukannya).
  • No, she was not (Tidak, dia tidak sedang melakukannya).

Contoh 2:

(+) They were buying some soda at that food truck when the big wave rolled. (Mereka sedang membeli soda di truk makanan ketika ombak besar bergulung).

(-) They were not buying some soda at that food truck when the big wave rolled. (Mereka tidak sedang membeli soda di truk makanan ketika ombak besar bergulung).

(?) Were they buying some soda at that food truck when the big wave rolled? (Apakah mereka sedang membeli soda di truk makanan ketika ombak besar bergulung?).

Yes, they were. (Ya, mereka melakukannya).

No, they were not. (Tidak, mereka tidak melakukannya).

Contoh 3:

(+) They were running on the track. (Mereka sedang berlari di trek).

(-) They were not running on the track. (Mereka tidak sedang berlari di trek).

(?) Were they running on the track? (Apakah mereka sedang berlari di trek?).

Yes, they were. (Ya, mereka melakukannya).

No, they were not. (Tidak, mereka tidak melakukannya).

Contoh menggunakan when:

1. When the bird appeared on the window, I was sleeping. (Ketika burung muncul di jendela, saya sedang tidur).

2. When she knocked the door, my dad was calling his friend. (Ketika dia mengetuk pintu, ayahku sedang menelepon temannya).

3. She was talking on the phone when I fell down. (Dia sedang berbicara di telepon ketika aku jatuh).

Contoh menggunakan while:

1. While I was running, I saw him. (Ketika aku sedang berlari, aku melihatnya).

2. He heard about the news while he was having his breakfast. (Dia mendengar kabar itu ketika ia sedang menikmati sarapannya).

3. While he was driving the car, he was listening to some Kpop songs. (Ketika dia sedang mengendarai mobil, dia mendengarkan beberapa lagu Kpop).

Baca Juga : Simple Past Tense

Contoh Soal Past Continuous Tense Beserta Jawabannya

Simak beberapa contoh soal past continuous di bawah ini supaya kamu bisa mengukur sejauh mana pemahaman kamu tentang tenses ini.

1. She ____ her dinner when her father called. (have)

2. ____ I was watching Spongebob, and my brother took the remote. (when/while)

3. They ____ their homework at Farah’s house. (do)

4. We ____ to the song when we were on trip. (listen)

5. _____ your cat ____ at the park yesterday? (play)

Kunci jawaban:

1. Was having
2. While
3. Were doing
4. Were listening
5. Was – playing

Pembahasan past continuous tense di atas akan membantumu untuk bisa membuat kalimat sesuai dengan pola yang tepat. Ketika dipakai di dalam kalimat tunggal atau majemuk, konteksnya masih tetap sama yaitu berlangsung di masa lalu. Gunakan adverb yang tepat untuk memperjelas waktunya.