Past Future Continuous Tense: Pengertian, Fungsi, Rumus, Contoh Kalimat

Past Future Continuous Tense: Pengertian, Fungsi, Rumus, Contoh Soal

Pernahkah kamu mendengar past future continuous tense dalam pelajaran bahasa inggris? Terbentuk dari gabungan tiga jenis tenses yang berbeda yaitu past, future, dan continuous, memahami jenis tense yang satu ini memang cukup menantang dan membutuhkan lebih banyak waktu.

Meskipun begitu, bukan kamu tidak punya kesempatan lho. Buat kamu yang merasa tertantang untuk menguasai past future continuous, Kelasedu menghadirkan pembahasan lengkap yang meliputi pengertian, fungsi, rumus, hingga contoh kalimat dan soal. Jangan sampai kelewatan ya!

Pengertian Past Future Continuous Tense

Apa itu past future continuous tense? Past future continuous adalah kalimat yang digunakan untuk menyatakan sebuah peristiwa yang akan sedang terjadi di masa lalu. Disebut juga past future progressive, tense ini sering digunakan untuk kalimat pengandaian atau asumsi.

Karena mempunyai sifat pengandaian, kejadian yang disebutkan biasanya tidak terealisasi dan bertentangan dengan kenyataan. Oleh karena itu, past future continuous juga dapat digunakan untuk mengungkapkan sebuah prediksi.

Ketika pembicara menggunakan tense ini, bisa dikatakan bahwa dia sedang menjelaskan imajinasi suatu peristiwa yang akan sedang terjadi di masa lampau. Misalnya ada sebuah kalimat Jane should be watching movie with her friends if her parents allowed her.

Dari contoh kalimat past future continuous tense tersebut, dapat dijabarkan bahwa Jane akan menonton film bersama teman-temannya jika orang tuanya mengizinkan. Namun kenyataannya Jane tidak menonton film karena orang tuanya tidak mengizinkan.

Fungsi Past Future Continuous Tense

Kamu mungkin bertanya-tanya tentang kegunaan tense yang satu ini. Past future continuous tense mempunyai sejumlah fungsi penting. Agar tidak salah dalam menggunakannya, perhatikan beberapa fungsi di bawah ini.

1. Menyatakan Kejadian di Masa Lampau

Past future continuous yang menggabungkan masa lalu, masa depan, dan kata kerja progresif dapat digunakan untuk mengungkapkan peristiwa yang akan sedang terjadi di masa lalu. Misalnya kalimat my friends would be having party at the moment.

2. Mengekspresikan Prediksi atau Harapan

Fungsi lain dari past future continuous tense adalah mengungkapkan harapan. Dalam hal ini, prediksi dan harapan yang dimaksud tidak sesuai dengan kenyataan. Contohnya adalah I thought my mother would be watching movies with me yesterday.

3. Menyatakan Peristiwa yang Seharusnya Terjadi di Masa Lalu

Fungsi past future continuous tense yang satu ini merujuk pada suatu keharusan atau kewajiban. Modal auxiliary yang dipakai adalah should yang menunjukkan keharusan di masa lampau. Should merupakan bentuk lampau dari shall. Misalnya you should be finishing your work that night.

4. Mengungkapkan Reported Speech

Jika kamu pernah belajar materi reported speech, kamu pasti sudah familiar dengan pola kalimat past future continuous. Jika direct speech menggunakan tense berbentuk future continuous, maka indirect speech berubah bentuk menjadi past future continuous.

Misalnya John berkata, “I will be shopping with my friends this evening.” Maka bentuk indirect speech menjadi John said that he would be shopping with his friends that evening.

Ciri-Ciri Kalimat Past Future Continuous Tense

Past future continuous mempunyai sejumlah ciri-ciri yang membedakannya dengan tenses lain. Untuk membantu kamu memahami kalimat ini dengan mudah, pastikan kamu sudah memahami beberapa karakteristik berikut ini.

1. Menggunakan auxiliary verb should / would

Karakteristik utama yang dimiliki oleh past future continuous adalah penggunaan should dan would. Keduanya berasal dari kata shall dan will yang menunjukkan masa depan. Perubahan dalam bentuk kedua menunjukkan kalimat tersebut berada dalam perspektif masa lampau.

2. Memakai verb be diikuti oleh present progressive (verb-ing)

Bentuk kata kerja yang mengikuti auxiliary verb should dan would  adalah be untuk menunjukkan bentuk continuous atau progresif. Verb be kemudian diikuti oleh verb-ing sesuai dengan rumus yang berlaku untuk membentuk kalimat progresif. Misalnya be reading, be walking, be watching, etc.

3. Time signal masa lampau

Salah satu ciri kalimat past future continuous yang juga bisa kamu identifikasi dengan mudah adalah time signal. Seperti bentuk lampau lainnya, time signal untuk tense jenis ini harus merujuk pada masa lampau misalnya yesterday, a day before, last night, last Friday, etc.

Baca Juga : Future Perfect Tense

Rumus Past Future Continuous Tense

Jika kamu ingin membuat sebuah kalimat past future continuous tense, hal pertama yang harus kamu ketahui adalah rumus atau formula yang digunakan. Dengan mengetahui rumusnya, kamu bisa membuat kalimat yang baik dan benar. Perhatikan rumus past future continuous tense berikut.

Rumus Kalimat Positif

Membuat kalimat positif dari past future continuous ternyata cukup mudah. Kamu hanya perlu menggunakan would / should dan diikuti oleh be + verb-ing seperti rumus di bawah ini.

Subyek + would / should + be + verb-ing

Contoh: I would be waiting here.

Rumus Kalimat Negatif

Untuk membuat kalimat negatif, cukup sisipkan kata not di antara would/should dan be. Untuk mempersingkat penulisan, kamu bisa menggunakan wouldn’t atau shouldn’t.

Subyek + would / should + not + be + verb-ing

Contoh: I shouldn’t be talking about this.

Rumus Kalimat Interogatif

Apabila kamu ingin membuat kalimat tanya past future continuous, kamu perlu sedikit mengubah strukturnya menjadi seperti berikut.

Would / should + subyek + be + verb-ing 

Contoh: Would our teachers be teaching yesterday if the storm didn’t hit the city?

Pola Kalimat dari Past Future Continuous Tense

Dengan mengetahui rumus past future continuous tense yang berlaku, kamu bisa menentukan pola kalimat yang baik dan benar. Pada dasarnya kalimat past future continuous menggabungkan tiga indikator tenses yaitu past, future, dan continuous.

Past tense ditunjukkan dengan penggunaan would/should yang merupakan bentuk lampau dari will/shall  di mana keduanya mengekspresikan masa depan. Sedangkan continuous ditunjukkan dengan penggunaan be yang diikuti dengan kata kerja present participle (verb-ing).

Ketiga komponen tersebut bergabung menjadi satu mengikuti subyek dan tidak terdapat perbedaan pada berbagai subyek baik I, you, they, she, he, dan seterusnya. Kamu juga bisa menambahkan pelengkap berupa kata keterangan waktu untuk mempertegas bentuk lampau kalimat tersebut.

Baca Juga Future Perfect Continuous Tense

Adverb of Time Past Future Continuous Tense

Meskipun bukan komponen yang wajib, adverb of time atau keterangan waktu bisa membuat kalimat past future continuous tense lebih mudah dipahami. Time expression yang digunakan harus menunjukkan bahwa peristiwa telah terjadi di masa lampau. Adapun contoh time signal yang dapat digunakan antara lain:

  • Yesterday
  • That night
  • The day before
  • Last week
  • Last month

Contoh Kalimat Past Future Continuous Tense Beserta Artinya

Mempelajari materi past future continuous tidak lengkap tanpa contoh. Beruntung, di sini Kelasedu telah mempersiapkan beberapa contoh kalimat past future continuous tense positif negatif interogatif yang pastinya akan membantu kamu memahami jenis tense yang satu ini.

Contoh Kalimat Positif

  • Jessica told me she would be living in New York if she got the job.
    Jessica berkata padaku bahwa dia akan tinggal di New York jika dia mendapatkan pekerjaan itu.
  • Samantha should be singing her new song.
    Samantha seharusnya menyanyikan lagu barunya.
  • They would be spending a lot of money if they won the lottery.
    Mereka akan menghabiskan banyak uang jika menang lotre.

Contoh Kalimat Negatif

  • Jess said that he would not be performing if his parents didn’t come.
    Jess berkata bahwa dia tidak akan tampil jika orang tuanya tidak datang.
  • She shouldn’t be staying in your home.
    Dia tidak seharusnya tinggal di rumahmu.
  • The kids would not be doing their homework that night.
    Anak-anak tidak akan mengerjakan PR mereka malam itu.

Contoh Kalimat Interogatif

  • Would you be watching the movie with your girlfriend?
    Akankah kamu menonton film dengan pacarmu?
  • Should I be asking that question?
    Apakah aku harus menanyakan pertanyaan itu?
  • Would he be working if he didn’t have laptop?
    Apakah dia akan bekerja jika dia tidak punya laptop?

Baca Juga : Past Future Tense

Contoh Soal Past Future Continuous Tense Beserta Jawabannya

Bagaimana sejauh ini? Apa kamu sudah mulai bisa memahami konsep past future continuous tense? Untuk mengukur sejauh mana pemahaman kamu tentang materi tense yang satu ini, cobalah untuk menyimak beberapa contoh soal dan jawaban berikut.

Fill in the blanks with the correct answer by choosing a, b, c, d, or e!

1. My mom told my brother that she ….. (visit) the museum that morning.

a. will visit
b. will be visiting
c. would visit
d. would be visiting
e. would be visited

Answer: D

2. We ….. (work) so hard if we got the project.

a. would work
b. would be working
c. will work
d. will be working
e. will have been working

Answer: B

3. Tammy : Did Andew tell you something about his project?
Sean : Yeah. He told me that he ….. (get) a lot of money if he won the tender.
Tammy : That sounds cool. Too bad he didn’t get it.

a. would be getting
b. would get
c. would have been getting
d. will get
e. will be getting

Answer: A

4. Mom : We …….. (not celebrate) Sam’s birthday if he didn’t pass the test.
Dad : You’re right. It’s a miracle he can make it.

a. should celebrate
b. would not celebrate
c. would not be celebrating
d. would be celebrating
e. will not be celebrating

Answer: C

5. Which of the following expression is grammatically correct?

a. Would your family is staying here?
b. My parents would be attended my graduation ceremony yesterday.
c. I would not be write this book if you didn’t support me.
d. You should be sleep by this time that night.
e. Mr. Smith should be learning guitar.

Answer: E

Mengingat karakteristiknya yang cukup kompleks karena merupakan gabungan dari beberapa jenis tenses, memahami konsep past future continuous tense memang tidak mudah. Namun dengan usaha gigih dan latihan yang banyak, kamu pasti bisa menguasai materi yang satu ini.