Past Future Tense: Pengertian, Fungsi, Rumus, Contoh Kalimat

Past Future Tense: Pengertian, Fungsi, Rumus, Contoh Kalimat

Kamu pasti sudah sangat familiar dengan simple past dan simple future tense. Tapi, tahukah kamu kalau bahasa Inggris juga mengenal past future tense yang merupakan kombinasi dari keduanya? Meskipun terdengar asing, jenis tense yang satu ini cukup sering digunakan dalam komunikasi.

Bagaimana mungkin masa lampau dan masa depan digabungkan? Seperti apa rumus yang digunakan untuk membuat kalimat past future yang baik dan benar? Untuk kamu yang penasaran dengan past future, simak terus pembahasan lengkap di bawah ini.

Pengertian Past Future Tense

Apa itu past future tense? Past future tense adalah kalimat yang menyatakan sebuah peristiwa, aktivitas, atau tindakan di masa depan namun dengan menggunakan perspektif masa lalu. Tense ini juga dipakai untuk membicarakan perkiraan atau janji di masa lalu.

Past future biasanya menggunakan modal auxiliary berbentuk lampau yaitu should atau would. Atau kamu juga bisa menggunakan to be dalam bentuk lampau yakni was dan were, terutama jika ingin mengungkapkan rencana.

Misalnya, she would come to my home. Dari contoh sederhana ini dapat dijabarkan bahwa kata would come menjelaskan tindakan atau rencana pada masa lampau. Tidak heran jika past future sering juga disebut dengan future in the past.

Past future tense sering dipakai pada kalimat reported speech atau kalimat tidak langsung. Pada kalimat ini, kamu menjelaskan kembali apa yang disampaikan oleh orang lain dengan mengubah bentuk tense terutama jika speaker menggunakan kalimat future tense (will).

Fungsi Past Future Tense

Kapan kamu perlu menggunakan past future? Tense ini bisa digunakan pada beberapa kondisi, misalnya saja saat kamu ingin membicarakan rencana dalam perspektif masa lalu. Past future juga bisa dipakai untuk merujuk pada janji di masa lampau. Untuk lebih jelasnya, simak poin-poin berikut.

1. Perencanaan

Simple past future tense berfungsi untuk mengungkapkan tindakan yang telah direncanakan. Kamu bisa menggunakan kata kerja was/were yang diikuti dengan verb-ing untuk merujuk pada fungsi ini. Contohnya, she said that she was going to visit her grandparents.

2. Kesukarelaan

Sebuah tindakan yang bersifat sukarela juga bisa dinyatakan dengan past future tense. Misalnya kamu tahu bahwa seseorang akan membantu kamu secara sukarela, maka kalimat yang tepat adalah  I knew you would help me prepare the birthday party.

3. Kebiasaan

Sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan dapat diungkapkan dengan past future. Misalnya kamu terbiasa menunggu di sudut ruangan, maka contoh kalimat past future tense yang tepat adalah I would wait in the corner.

4. Keharusan

Untuk menyatakan sebuah keharusan dengan past future, modal auxiliary yang bisa digunakan adalah should yang bermakna harus. Misalnya we should arrive on time.

5. Janji

Dalam komunikasi lisan, past future juga dapat digunakan untuk menyatakan janji. Kata kerja yang dipakai adalah would yang menunjukkan perspektif masa lampau. Contohnya my mother told me that she would buy a pizza.

Ciri-Ciri Kalimat Past Future Tense

Salah satu cara mudah untuk membedakan past future tense dengan jenis tense yang lain adalah dengan memahami ciri-ciri yang melekat. Berikut ini beberapa karakteristik yang perlu kamu ketahui:

1. Menggunakan modal auxiliary should / would diikuti oleh bare infinitive

Should dan would merupakan bentuk past atau lampau dari shall dan will yang mengindikasikan past future. Keduanya diikuti oleh kata kerja bentuk pertama atau bare infinitive misalnya eat, go, visit, write, etc.

2. Bisa juga menggunakan be berbentuk lampau (was, were) diikuti oleh going to

Kamu bisa mengganti should dan would dengan bentuk lampau dari be yaitu was dan were. Dalam hal ini, kamu juga perlu menambahkan going to untuk merujuk pada bentuk future. Bentuk ini biasa digunakan untuk mengutarakan rencana atau janji.

3. Menggunakan time signal masa lampau

Salah satu karakteristik kalimat past future adalah menggunakan penanda waktu masa lampau untuk menekankan pada perspektif masa lalu. Contoh time signal ini antara lain yesterday, last week, this morning, a day before, etc.

Baca Juga : Future Continuous Tense

Rumus Past Future Tense

Terdapat dua tipe rumus past future tense yang bisa kamu gunakan untuk membuat kalimat yang baik dan benar, yaitu menggunakan modal auxiliary should / would atau kata kerja bantu be dalam bentuk lampau was / were.

Jika tipe should / would mempunyai makna kebiasaan, keharusan, atau kerelaan, tipe was / were sering digunakan untuk mengungkapkan tindakan yang sudah direncanakan. Agar kamu bisa lebih paham, simak rumus berikut.

Rumus Kalimat Positif

Kalimat past future tense jenis afirmatif atau positif terdiri dari subyek yang diikuti oleh would atau should dan bare infinitive. Jika ingin menggunakan was / were maka diikuti dengan going to dan bare infinitive.

Subyek + would / should + bare infinitive

Subyek + was / were + going to + bare infinitive + complement 

Contoh:

  • I promised I would tell you the story 
  • I am going to show you my masterpiece.

Rumus Kalimat Negatif

Cara membuat kalimat negatif past future cukup mudah. Kamu hanya perlu menambahkan kata not di antara would/should dan bare infinitive atau antara was/were dan going to.

Subyek + would /should + not + bare infinitive

Subyek + was / were + not + going to + bare infinitive + complement

Contoh:

  • She said she should not go to Jakarta.
  • She said she was not going to go to Jakarta

Rumus Kalimat Interogatif

Kamu juga bisa membuat kalimat tanya menggunakan past future tense. Masih dengan komponen yang sama, kamu hanya perlu mengubah susunannya menjadi seperti berikut.

Would/Should + Subyek + bare infinitive?

Was/Were + Subyek + going to + bare infinitive+ complement?

Contoh:

  • Would they finish the project?
  • Were they going to finish the project?

Pola Kalimat Past Future Tense

Mengidentifikasi pola kalimat past future tense bisa membantu kamu memahami konsep tense ini dengan lebih baik. Pada dasarnya setiap kalimat mempunyai pola yang sama yaitu terdiri dari subyek, would / should / was / were dan diikuti oleh kata kerja.

Apabila kalimat menggunakan would atau should, maka kata kerja yang digunakan harus dalam bentuk bare infinitive. Tapi jika menggunakan was / were, kamu perlu menambahkan going to kemudian diikuti dengan bare infinitive.

Baik would, should, maupun was going to dan were going to merupakan bentuk kedua yang bermakna lampau tapi merujuk pada tindakan yang akan dilakukan di masa depan. Keduanya dipakai untuk menekankan pada perspektif masa lalu.

Baca Juga : Future Perfect Tense

Adverb of Time Past Future Tense

Time signal menjadi salah satu penanda kalimat past future tense. Beberapa keterangan waktu yang digunakan pada jenis tense ini adalah penanda yang menunjukkan masa lampau, antara lain:

  • Yesterday
  • This morning
  • Last week
  • Last month
  • Last year
  • A day before

Contoh Kalimat Past Future Tense Beserta Artinya

Setelah mengetahui pengertian, rumus, hingga pola dan time signal, kini saatnya untuk menyimak contoh kalimat past future tense tipe positif, negatif, dan interogatif. Kelasedu telah mempersiapkan masing-masing 3 contoh untuk kamu!

Contoh Kalimat Positif

  • They said they would help me with the task.
    Mereka bilang akan membantu pekerjaanku.
  • I should buy a new book for my sister yesterday.
    Aku akan membelikan buku baru untuk saudaraku kemarin.
  • She promised she was going to visit me last night.
    Dia berjanji bahwa dia akan mengunjungiku tadi malam.

Contoh Kalimat Negatif

  • I thought he wouldn’t let me borrow the money.
    Aku pikir dia tidak akan meminjamiku uang.
  • They told me they were not going the party.
    Mereka bilang padaku bahwa mereka tidak akan pergi ke pesta.
  • He said to his girlfriend that she shouldn’t buy a new jacket.
    Dia berkata kepada pacarnya kalau dia tidak akan membeli jaket baru.

Contoh Kalimat Interogatif

  • Would your mom buy our favorite pizza?
    Akankah ibumu membeli pizza kesukaan kita?
  • Should you obey the rules?
    Akankah kamu mematuhi aturan?
  • Were you going to read this book?
    Akankah kamu membaca buku ini?

Baca Juga : Future Perfect Continuous Tense

Contoh Soal Past Future Tense Beserta Jawabannya

Dari berbagai penjelasan dan contoh di atas, tentunya kamu sudah bisa memahami apa itu past future tense, rumus yang digunakan, serta cara membuatnya. Seberapa jauh pemahaman kamu tentang materi yang satu ini? Uji kemampuanmu dengan menjawab beberapa soal di bawah ini.

Fill in the blanks with the correct answer by choosing a, b, c, d, or e!

1. He told me that he ……….. finish the homework last night.

a. would
b. will
c. is
d. has
e. will have

Answer: A

2. My dad said Jane ….. (bake) a cake for her mom’s birthday.

a. will bake
b. is going to bake
c. was going to bake
d. will be baking
e. were going to bake

Answer: C

3. Elsa: I heard Moana told you something yesterday.
Tom: Yeah, she said she ……. (borrow) my Harry Potter novel.

a. would borrow
b. is going to borrow
c. will borrow
d. are going to borrow
e. will have borrowed

Answer: A

4. The following sentences are incorrect, except …..

a. She told me she were going to go to Lombok.
b. They said I should get the scholarship.
c. Would you bought this apple for me?
d. He promised he will give me a birthday gift.
e. I believed you will be a successful person.

Answer: B

5. I already told you that I ……. (come) on time.

a. will be coming
b. would be coming
c. will come
d. would come
e. will have come

Answer: D

Memahami past future tense bisa mempermudah kamu dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris baik dalam konteks lisan maupun tulisan. Jangan lupa perbanyak latihan membuat kalimat agar kemampuanmu semakin meningkat.