Past Perfect Continuous Tense: Pengertian, Fungsi, Rumus, Contoh Soal

Past Perfect Continuous Tense Pengertian, Fungsi, Rumus, Contoh Soal

Tanpa memahami jenis tenses untuk membuat kalimat, makna ungkapan yang kamu utarakan bisa jadi membingungkan. Untuk itu, penting sekali untuk memiliki pengetahuan tentang berbagai macam tenses. Salah satunya adalah past perfect continuous tense yang mengandung past dan perfect.

Tenses ini bisa dibilang sebagai salah satu tenses yang kompleks. Kamu harus memahami kapan waktunya untuk menggunakan tenses yang satu ini, karena konteks waktu dan kejadiannya juga mengandung continuous. Simak pembahasan lengkap Kelasedu tentang tenses ini.

Pengertian Past Perfect Continuous Tense

Apa itu past perfect continuous tense? perfect continuous tense adalah sebuah perkembangan tenses dari bentuk past tense dan perfect tense dalam bahasa inggris. Kemudian bentuknya mengandung verb-ing untuk menunjukkan bahwa di kala itu kejadian atau momennya sedang berlangsung dan berproses di sebuah periode tertentu.

Kejadian yang diterangkan di dalam kalimat sifatnya seakan-akan sedang terjadi, namun konteksnya ada di masa lalu. Kejadian tersebut juga sudah selesai dan tidak punya keterkaitan dengan masa kini. Biasanya, periode atau durasinya disebutkan.

Fungsi Past Perfect Continuous Tense

Past perfect continuous tense memiliki beberapa fungsi ketika diungkapkan atau ditulis di dalam sebuah report. Di bawah ini merupakan fungsi utama berdasarkan konteks waktu dan kejadiannya.

1. Menceritakan kejadian yang berlangsung di masa lalu

Fungsi utama dari tenses ini adalah membicarakan sebuah kejadian yang terjadi di masa lalu dan sifatnya sedang berlangsung di masa tersebut. Biasanya, ada kalimat lain yang menyertai kalimat dalam tenses ini untuk memperjelas konteks waktunya.

Contohnya adalah kalimat “They has been waiting at the shelter for two hours when they knew Mary would not come” (Mereka sudah menunggu di halte selama dua jam ketika mereka tahu bahwa Mary tidak akan datang).

2. Menyatakan aksi panjang di masa lalu

Sebuah aksi yang panjang dan terjadi di masa lalu namun sudah selesai bisa menggunakan past perfect continuous tense. Konteks kalimat akan lebih jelas digunakan. Kamu juga bisa menggunakannya tanpa kalimat tambahan dalam satu kalimat tersebut.

Contohnya adalah “I had been driving the car for five hours to come to my grandmother’s house” (Saya telah mengendarai mobil selama lima jam untuk pergi ke rumah nenek).

3. Menjelaskan periode kejadian di masa lalu

Terkadang, tenses ini juga digunakan untuk menekankan sebuah periode kejadian sehingga pendengar atau pembaca memahami kapan kejadian tersebut berlangsung. Periode kejadian bisa disebutkan di akhir kalimat.

Contohnya berupa “She had been living in that house for ten years before she moved to the new one” (Dia telah tinggal di rumah tersebut sebelum dia pindah ke rumah yang baru).

4. Untuk membuat indirect speech

Kalimat dengan bentuk past continuous di dalam sebuah kutpian perlu diubah ke dalam bentuk indirect speech apabila kamu akan membuat sebuah report. Kalimat dalam past continuous harus diubah dengan menggunakan past perfect continuous tense.

Contohnya kalimat past continuous yang berbunyi “I was cooking at the kitchen” bisa diubah menjadi “I had been cooking at the kitchen”. To be was diganti dengan menggunakan had been, sementara verb-ing tidak berubah.

Ciri-Ciri Kalimat Past Perfect Continuous Tense

Terdapat beberapa ciri dari kalimat past perfect continuous yang membuat susunan kalimatnya berbeda dengan jenis tenses lain. Cek beberapa cirinya di bawah ini.

1. Menggunakan had been

Ciri utama dari kalimat past perfect continuous tense adalah menggunakan kata had been. Pola ini tidak berubah meskipun jenis kalimatnya berubah, seperti affirmative, negative, dan interrogative. Apapun subject kalimatnya, had been akan digunakan setelahnya.

2. Menggunakan verb-ing

Verb yang digunakan di dalam kalimat adalah verb dengan -ing. Past di dalam kalimat sudah ditandai dengan perubahan has/have menjadi had. Sementara bentuk perfect terletak pada kata been. Jadi, kamu tidak akan menggunakan verb-3 untuk pola kalimat ini.

3. Menggunakan keterangan waktu

Ciri umum dari kalimat past perfect continuous tense adalah menggunakan keterangan waktu tertentu. Keterangan waktunya bersifat indefinite, artinya mengikuti aturan perfect tense. Kamu bisa menggunakan for dan since untuk kalimat di tenses ini.

Baca Jua : Simple Past Tense

Rumus Past Perfect Continuous Tense

Rumus dari tenses ini hanya memiliki satu bentuk, yakni bentuk verba. Hal tersebut disebabkan rumus past perfect continuous tense harus menggunakan verb-ing. Sehingga, tidak ada bentuk rumus nomina. Rumusnya adalah sebagai berikut.

  • (+) Subject + had been + verb-ing + complement
  • (-) Subject + had not been + verb-ing + complement
  • (?) Had + subject + been + verb-ing + complement?
  • Yes, subject + had
  • No, subject + had not

Pola Kalimat Past Perfect Continuous Tense

Penjelasan tentang pola kalimat past perfect continuous bisa disimak di bawah ini. Hanya ada tiga jenis kalimat dari tenes ini, yakni affirmative, negative, dan interrogative. 

– Kalimat affirmative

Kalimat affirmative mengikuti pola subject + had been + verb-ing + complement. Apapun subject dari kalimat, kemudian diikuti oleh had been, termasuk ketika kamu mengubahnya menjadi non-pronoun. Sementara verbnya berbentuk verb-ing.

Contoh: They had been waiting for hours just to see their idols at the airport.

– Kalimat negative

Kalimat berbentuk negative menggunakan pola subject + had not been + verb-ing + complement. Penambahan kata not berada di tengah had dan been. Sementara bentuk verb-nya masih menggunakan verb-ing.

Contoh: They had not been waiting for hours just to see their idols at the airport.

– Kalimat interrogative

Bentuk kalimat interrogative menggunakan rumus had + subject + been + verb-ing + complement? Bentuk kalimatnya hanya dengan memindahkan had ke bagian depan kalimat. Sementara subject berada di antara had dan been. Verb-nya masih berbentuk -ing.

Contoh: Had they been waiting for hours just to see their idols at the airport?

Baca Juga : Past Continuous Tense

Relative Adverb

Relative adverb of time untuk past perfect continuous tense secara umum menggunakan for dan since karena menunjukkan periode waktunya. Ada juga when, after,dan before. Berikut ini adalah pembahasan lengkapnya.

1. For

For memiliki arti selama dan biasanya menggambarkan periode waktu sebuah kejadian terjadi. Bentuk adverb ini menjadi yang paling lazim dalam kalimat past perfect continuous.

2. Since

Since adalah sejak dan emnggambarkan starting point. Kamu bisa menggunakan bentuk since elama kejadiannya memang sudah tidak terjadi lagi di masa ini.

3. After

Kamu bisa menggunakan adverb of time yang diganti dengan menggunakan kata after. Biasanya, kalimat past perfect tense dengan after berupa kalimat majemuk karena ada kejadian lain di kalimat yang sama.

4. When

Menggunakan when untuk menjelaskan konteks waktu dalam kalimat ini pun bisa dilakukan. Hanya saja, kalimat setelah when menggunakan simple past tense. Apabila sudhah menggunakan when, kamu tidak perlu menggunakan for dan since.

5. Before

Before bisa digunakan untuk menjelaskan periode kejadian yang berlangsung secara berturut-turut di masa lalu. Kamu bisa menggunakan before baik di depan maupun di belakang kalimat.

Contoh Kalimat Past Perfect Tense Beserta Artinya

Agar memahami tenses ini dengan lebih baik, simak contoh kalimat pas perfect continuous tense di bawah ini dalam berbagai bentuk beserta artinya.

Contoh 1

  • (+) The team had been working hard for a year to make it happen. (Tim sudah bekerja keras selama setahun untuk membuatnya terwujud).
  • (-) The team had not been working hard for a year to make it happen. (Tim belum bekerja keras selama setahun untuk membuatnya terwujud).
  • (?) Had the team been working hard for a year to make it happen? (Apakah tim sudah bekerja keras selama setahun untuk membuatnya terwujud?).
  • Yes, they had. (Ya, mereka sudah bekerja keras)
  • No, they had not. (Tidak, mereka belum bekerja keras).

Contoh 2

  • (+) The children had been waiting for the alarm rang since a few minutes ago. (Anak-anak sedang menunggu alarm berbunyi sejak beberapa menit yang lalu).
  • (-)The children had not been waiting for the alarm rang since a few minutes ago. (Anak-anak tidak sedang menunggu alarm berbunyi sejak beberapa menit yang lalu).
  • (?)Had the children been waiting for the alarm rang since a few minutes ago? (Apakah anak-anak tidak sedang menunggu alarm berbunyi sejak beberapa menit yang lalu?)
  • Yes, they had. (Ya, mereka sedang menunggu).
  • No, they had not (tidak, mereka tidak sedang menunggu).

Contoh 3

  • (+) We had been traveling to some Europe countries since a week ago before we returned to school. (Kami sudah sedang jalan-jalan ke beberapa negara Eropa sejak seminggu lalu sebelum kita kembali ke sekolah).
  • (-) We had not been traveling to some Europe countries since a week ago before we returned to school. (Kami belum jalan-jalan ke beberapa negara Eropa sejak seminggu lalu sebelum kita kembali ke sekolah).
  • (?) Had we been traveling to some Europe countries since a week ago before we returned to school? (Sudahkah kami sedang jalan-jalan ke beberapa negara Eropa sejak seminggu lalu sebelum kita kembali ke sekolah?).
  • Yes, we had. (Ya, kami sudah melakukannya).
  • No, we had not. (Tidak, kami belum melakukannya).

Baca Jua : Past Perfect Tense

Contoh Soal Past Perfect Tense Beserta Jawabannya

Simak beberapa contoh soal past perfect tense di bawah ini dan cobalah untuk mengisi bagian kosong dari soal. Setelah itu, kamu bisa mencocokkan dengan kunci jawabannya.

  1. The children ____ English since they were in 8th grade. (learn)
  2. My parents _____ some money since we planned for a comfortable trip to New York. (save)
  3. She ____ Indonesian for ten years already when she got better offer overseas. (teach)
  4. My dad ____ the car for three hours before my brother replaced the driver seat. (drive)
  5. We _____ math for three years but we couldn’t answer this sheet. (study)

Kunci jawaban:

  1. Had been learning
  2. Had been saving
  3. Had been teaching
  4. Had been driving
  5. Had been studying

Menggunakan past perfect continuous tense bisa membantumu untuk membuat kalimat dengan konteks yang lebih tepat. Fungsi tenses ini juga banyak digunakan untuk indirect, sehingga kamu tidak akan kesulitan saat menulis sebuah report text.