Past Perfect Tense: Pengertian, Fungsi, Rumus, Pola, Ciri, Contoh Soal

Past Perfect Tense Pengertian, Fungsi, Rumus, Pola, Ciri, Contoh Soal

Saat kamu mulai mempelajari membuat kalimat majemuk dalam Bahasa Inggris, maka kamu akan menemukan penggunaan past perfect tense. Tenses ini sangat penting digunakan dalam berbagai conversation, report, hingga narrative text sehingga konteksnya menjadi lebih jelas.

Membuat kalimat dengan tenses ini pun tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Kamu harus mengikuti rumusnya dan memahami simple past tense karena kalimat akan selalu beriringan. Jika kamu masih bingung, lihat ringkasan tentang tenses past perfect di halaman ini.

Pengertian Past Perfect Tense

Apa itu past perfect tense? past perfect tense adalah sebuah tenses yang dikembangkan dari versi perfect tense dan makna kejadiannya berada di masa lalu. Tenses ini cenderung digunakan di dalam bentuk kalimat majemuk yang terdapat kalimat lain berbentuk simple past tense.

Kalimat ini jarang berdiri sendiri karena maknanya adalah kejadian yang terjadi sebelum sebuah kejadian terjadi di masa lalu. Itu sebabnya, kalimat di dalam tenses ini akan selalu bersandingan dengan kalimat berbentuk simple past. Past perfect juga kejadian yang sudah selesai di masa lalu.

Fungsi Past Perfect Tense

Sebelum kamu memahami lebih jauh tentang past perfect, kamu harus tahu apa saja fungsi past perfect tense sehingga bisa menggunakannya pada konteks waktu yang tepat. Berikut adalah beberapa fungsi secara umum.

1. Menyatakan kejadian di masa lalu

Tenses ini menjelaskan sebuah kejadian di masa lalu, namun terjadi sebelum ada kejadian di masa lalu juga yang ikut terjadi. Dengan menggunakan tenses ini, maka kamu bisa dengan mudah mana kejadian yang terjadi lebih dahulu dan mana yang terakhir.

2. Menyatakan kejadian yang saling berhubungan

Umumnya, past perfect tense digunakan untuk menyatakan sebuah kejadian yang saling berhubungan satu sama lain. Akibatnya, dua kalimat tersebut tidak bisa dipisah. Hanya saja, kejadian yang terjadi di akhir menggunakan simple past tense.

3. Menyatakan frekuensi kejadian di masa lalu

Apabila terjadi sebuah kejadian yang memiliki frekuensi tertentu di masa lalu dan terjadi sebelum sebuah kejadian di masa lalu, maka kamu bisa menggunakan past perfect tense. Idealnya, kamu perlu menggunakan indefinite adverb seperti twice, many times, several times, etc.

4. Membuat reported speech

Membuat sebuah report speech perlu menggunakan past perfect tense apabila kalimat di dalam tanda kutip berbentuk present perfect tense atau simple past tense. Itu sebabnya, mempelajari tenses yang satu ini sangat penting untuk pembahasan grammar lainnya.

5. Melakukan pengandaian

Kamu akan mempelajari grammar yakni conditional sentence, yaitu membuat kalimat imajiner atau pengandaian. Salah satu tenses dasar yang kamu perlukan adalah past perfect. Kalimat dengan bentuk past perfect digunakan untuk conditional type 3.

Ciri-Ciri Kalimat Past Perfect Tense

Bagaimana kita bisa mengetahui bahwa sebuah kalimat berbentuk past perfect tense? Kamu bisa melihat beberapa ciri-ciri di bawah ini untuk bisa membedakannya.

1. Menggunakan had

Penggunaan had di kalimat ini untuk menandakan bahwa kalimat memiliki bentuk past tense. Had juga harus diselipkan di dalam setiap kalimat, baik itu verba dan nomina. Semua subjek harus menggunakan had tanpa terkecuali.

2. Menggunakan verb-3

Verb yang digunakan untuk membuat kalimat ini adalah verb-3. Semua kalimat yang terdiri dari affirmative, negative dan interrogative tidak memiliki perubahan bentuk verb. Sementara kalimat nomina akan menggunakan bentuk been.

3. Menggunakan time signal

Time signal berupa conjunction akan membantu kalimatmu menjadi lebih jelas secara konteks waktunya. Ada beberapa time signal yang lazimnya digunakan seperti before, after, until, by the time, when, as soon as, etc.

Baca Juga : Present Perfect Continuous Tense

Rumus Past Perfect Tense

Rumus past perfect tense sangat mudah untuk digunakan dan bentuknya hampir mirip dengan present perfect tense. Kamu hanya perlu mengganti has/have dengan had. Sementara verb yang digunakan adalah verb-3. Berikut adalah rumus lengkapnya yang sudah Kelasedu rangkum.

1. Rumus Past Perfect Verba

  • (+) subject + had + verb-3 + object
  • (-) subject + had not + verb-3 + object
  • (?) had + subject + verb-3 + object?
  • Yes, subject + had
  • No, subject + had not

2. Rumus Past Perfect Nomina

  • (+) subject + had + been + complement
  • (-) subject + had not + been + complement
  • (?) had + subject + been + complement?
  • Yes, subject + had
  • No, subject + had not

Pola Kalimat dari Past Perfect Tense

Pola kalimat di dalam past perfect tense terbagi ke dalam jenis verba dan nomina. Masing-masing memiliki bentuk affirmative, negative, dan interrogative. Baca masing-masing pembahasan tentang pola kalimat di bawah ini.

1. Pola kalimat verba

Kalimat affirmative

Kalimat dengan bentuk affirmative verba mengikuti pola subject + had + verb-3 + object. Semua subject menggunakan tambahan had setelahnya. Sementara verb yang digunakan adalah bentuk ke-3, dengan tambahan object atau complement.

Contoh: I had studied Spanish before I went to bed.

Kalimat negative

Bentuk kalimat negative mengikuti pola subject + had + not + verb-3 + object. Kamu hanya perlu menambahkan kata not setelah had. Bentuk had tidak berubah, begitu juga dengan bentuk verb. Pola ini masih menggunakan verb-3.

Contoh: I had not studied Spanish before I went to bed.

Kalimat interrogative

Di bagian kalimat interrogative, kamu hanya perlu memindahkan bentuk had ke bagian depan kalimat. Polanya adalah had + subject + verb-3 + object. Verb yang digunakan juga masih verb-3.

Contoh: Had you studied Spanish before you went to bed?

2. Pola kalimat nomina

Kalimat affirmative

Bentuk affirmative pada pola kalimat nomina adalah subject + had + been + complement. Apapun subjectnya diikuti oleh bentuk had been kemudian diikuti dengan complement.

Contoh: I had been in South Africa for ten years before I moved to Brazil.

Kalimat negative

Kalimat negative di pola kalimat past perfect tense nomina adalah dengan menambahkan not di tengah had dan been. Kata had juga tidak berubah. Polanya adalah subject + had + not + been + complement.

Contoh: I had not been in South Africa for ten years before I moved to Brazil.

Kalimat interrogative

Pola kalimat interrogative adalah had + subject + been + complement? Subject diletakkan di antara had dan been.

Contoh: Had you been in South Africa for ten years before you moved to Brazil?

Baca Juga : Simple Past Tense

Relative Adverb Past Perfect Tenses

Beberapa adverb biasanya digunakan di dalam kalimat past perfect tenses untuk menyatakan urutan kejadian. Adverb of time yang umumnya digunakan dibahas di bawah ini.

1. Before

Before bisa digunakan di tengah atau awal kalimat. Apabila berada di tengah kalimat, maka kalimat dengan past perfect tense berada di depan. Apabila berada di depan, maka kalimat dengan past perfect ada di bagian belakang.

Contoh: I had cooked some meals before I went to the mall.

2. After

Penggunaan kata after dalam past perfect juga lazim untuk menyatakan urutan. Kata after akan selalu diikuti oleh kalimat dengan past perfect, sehingga lebih mudah digunakan.

Contoh: After I had learned Japanese, I learned Russian.

3. By the time

Frasa ini digunakan sebagai adverb dalam past perfect tense. Fungsinya hampir mirip dengan before dan artinya juga sama. Menggunakan by the time akan diikuti oleh past tense, sementara kalimat lainnya berbentuk past perfect.

Contoh: By the time I finished watching, my sister had done her homework.

Contoh Kalimat Past Perfect Tense Beserta Artinya

Perhatikan beberapa contoh kalimat past perfect tense di bawah ini dalam berbagai bentuk mulai dari affirmative, negative, dan interrogative beserta terjemahannya.

Contoh 1

  • (+) They had played in the garden before the rain fell heavily. (Mereka sudah bermain di taman sebelum hujan turun dengan lebatnya).
  • (-) They had not played in the garden before the rain fell heavily. (Mereka belum bermain di taman sebelum hujan turun dengan lebatnya).
  • (?) Had they played in the garden before the rain fell heavily? (Apakah mereka sudah bermain di taman sebelum hujan turun dengan lebatnya?)
  • Yes, they had. (Ya, mereka sudah bermain).
  • No, had not. (Tidak, mereka belum bermain).

Contoh 2

  • (+) By the time my father arrived at home, mom had already gone to meet her friends. (Saat ayah tiba di rumah, ibu sudah pergi untuk bertemu teman-temannya).
  • (-) By the time my father arrived at home, mom had not gone to meet her friends. (Saat ayah tiba di rumah, ibu belum pergi untuk bertemu teman-temannya).
  • (?) By the time my father arrived at home, had mom gone to meet her friends? (Saat ayah tiba di rumah, apakah ibu sudah pergi untuk bertemu teman-temannya?)
  • Yes, she had. (Ya, dia sudah pergi).
  • No, she had not (Tidak, dia belum pergi).

Contoh 3

  • (+) They had already finished that chapter before the new unit was discussed. (Mereka sudah menyelesaikan bab itu sebelum unit baru didiskusikan).
  • (-) They had not finished that chapter before the new unit was discussed. (Mereka belum menyelesaikan bab itu sebelum unit baru didiskusikan).
  • (?) Had they finished that chapter before the new unit was discussed? (Apakah mereka sudah menyelesaikan bab itu sebelum unit baru didiskusikan?)
  • Yes, they had. (Ya, mereka sudah menyelesaikannya).
  • No, they had not. (Tidak, mereka belum menyelesaikannya).

Contoh 4

  • (+) They had been in Paris before the new semester started. (Mereka sudah di Paris sebelum semester baru mulai).
  • (-) They had not been in Paris before the new semester started. (Mereka belum di Paris sebelum semester baru mulai).
  • (?) Had they been in Paris before the new semester started? (Apakah mereka sudah di Paris sebelum semester baru mulai?)
  • Yes, they had. (Ya, mereka sudah di Paris).
  • No, they had not. (Belum, mereka belum di Paris).

Baca Juga : Past Continuous Tense

Contoh Soal Past Perfect Tense Beserta Jawabannya

Contoh soal past perfect tense bisa melatih kemampuan Bahasa Inggrismu di materi yang cukup rumit ini. Isi titik-titik di bawah ini dan kemudian cocokkan jawabanmu dengan kunci jawaban yang berada di bagian bawah.

  1. I _______ how to swim since I was three years old. (know)
  2. By the time April ended, I ____ writing my new book. (finish)
  3. My parents ______ by the time I just woke up. (arrive)
  4. She _____ her homework before the teacher told us to gather. (do)
  5. ___ you ____ the file before the lecturer requested it? (submit)

Kunci jawaban:

  1. had known
  2. had finished
  3. had arrived
  4. had done
  5. had – submitted

Past perfect tense merupakan tenses dasar yang harus kamu kuasai. Pasalnya, tenses ini banyak digunakan di dalam conversation, grammar untuk menulis, dan lainnya. Kamu perlu menguasai bentuk simple past, present perfect, dan daftar verb-3 untuk bisa menulis kalimat ini dengan tepat.