Persegi Panjang: Pengertian, Sifat, Rumus, dan Contoh Soal

Persegi Panjang

Sebagai salah satu dari jenis poligon atau segi banyak, persegi panjang merupakan bangun datar yang juga dipelajari secara komprehensif. Seperti layaknya persegi, materi yang satu ini juga dianggap tidak terlalu sulit.

Meski begitu, kamu tetap perlu memahami persegi panjang terutama mengenali sifat yang dimiliki dan rumus-rumusnya. Dalam artikel ini, Kelasedu akan membantu kamu untuk mempelajarinya secara mendalam.

Pengertian Persegi Panjang

Gambar Persegi Panjang
Gambar Persegi Panjang

Mari ketahui terlebih dahulu mengenai apa itu persegi panjang. Bangun datar persegi panjang merupakan salah satu bangun segiempat yang mempunyai 2 sisi panjang (p) dan 2 sisi lebar (l). Tiap sisi memiliki ukuran yang sama dan saling berhadapan.

Seperti layaknya persegi, bangun datar persegi panjang ini juga memiliki sudut siku-siku (90⁰) di setiap sisinya, sehingga bisa dihitung totalnya menjadi 360⁰. Ditambah lagi, persegi panjang juga mempunyai dua garis diagonal.

Dalam ilmu geometri, persegi panjang akan kembali digunakan dalam perhitungan balok sebagai salah satu sisinya. Hal tersebut mengingat bahwa persegi panjang ialah salah satu bangun datar yang kerap menjadi permukaan objek.

Penerapan Persegi Panjang dalam Kehidupan Sehari-Hari

Bukan hal yang sulit untuk menemukan bangun datar segiempat ini dalam aktivitas sehari-hari. Baik di lingkungan maupun di dalam rumah, persegi panjang dapat ditemukan pada segelintir benda seperti:

  • Permukaan meja. Terutama untuk meja kayu yang digunakan di sekolah, meja kantor, hingga meja untuk makan bersama keluarga.
  • Papan tulis. Kamu yang masih sekolah, akan melihat papan tulis kapur atau spidol yang memiliki bentuk persegi panjang dengan mudah.
  • Buku cetak. Baik buku yang digunakan untuk mencatat atau buku pelajaran berbentuk persegi panjang, apabila dilihat dari atas.
  • Lapangan atau tanah kosong. Umumnya, tanah kavling yang direservasi untuk dibangun akan memiliki bentuk menyerupai persegi panjang.

Sifat-Sifat Persegi Panjang

Setiap bangun datar tentu mempunyai ciri maupun karakteristik yang berbeda, termasuk bangun datar persegi panjang ini. Berikut apa saja hal-hal yang dapat diketahui mengenai bangun datar mirip persegi tersebut:

  • Mempunyai empat sisi dengan dua sisi horizontal (panjang), dan dua sisi vertikal (lebar). Artinya, semua sisi sejajar satu sama lain dan tidak miring.
  • Semua sudut memiliki ukuran 90⁰. Jika semua ukuran sudutnya tidak sama, maka bangun datar tersebut termasuk segiempat sembarang.
  • Kedua garis diagonal memiliki ukuran panjang sama. Sepasang garis tersebut juga saling menyilang tepat di tengah persegi panjang.
  • Jika dilipat secara horizontal dan vertikal, bangun datar ini tetap menjadi persegi panjang, karena masih memiliki sisi panjang dan lebar.

Rumus Luas Persegi Panjang

Menghitung bangun datar ini cukup mirip seperti persegi, dimana kamu perlu mengetahui panjang sisi terlebih dahulu. Karena persegi panjang memiliki panjang dan lebar, maka kedua elemen ini yang akan dikalikan.

Luas Persegi Panjang (L): panjang (p) x lebar (l)

Dalam soal tertentu, kamu mungkin juga akan diminta menemukan panjang atau lebar bangun datar tersebut. Apabila soal tersebut memiliki informasi mengenai luas persegi panjang, maka gunakan rumus ini:

Panjang Persegi Panjang (p): Luas (L) : lebar (l)

Lebar Persegi Panjang (l): Luas (L) : panjang (p)

Rumus Keliling Persegi Panjang

Menemukan keliling yang dimiliki oleh bangun datar satu ini juga tidak begitu berbeda dengan persegi. Kamu hanya perlu menambahkan panjang dan lebar, lalu kalikan hasilnya dengan dua untuk mendapatkan jawaban yang benar.

Keliling Persegi Panjang (K): 2 x (panjang (p) + lebar (l))

Keliling bangun datar berikut juga dapat dibalikkan untuk menguji kemampuan kamu terhadap persegi panjang. Apabila kamu diminta untuk mencari panjang atau lebar berdasarkan keliling, maka rumusnya:

Panjang Persegi Panjang (p): Keliling (K) : 2 – lebar (l)

Lebar Persegi Panjang (l): Keliling (K) : 2 – panjang (p)

Rumus Panjang Diagonal Persegi Panjang

Meski rumus yang satu ini jarang ditemui pada soal persegi panjang, namun bukan berarti hal ini dapat diabaikan. Panjang diagonal akan menjadi rumus yang kelak dibutuhkan di tingkat sekolah berikutnya.

Panjang Diagonal Persegi Panjang (d): √ (panjang² + lebar²)

Rumus tersebut berdasarkan rumus Pythagoras yang umum digunakan dalam perhitungan segitiga. Karena panjang dan lebar persegi panjang mirip alas dan tinggi segitiga siku-siku, maka rumus ini dapat dipakai.

Baca Juga : Persegi

Simetri Persegi Panjang

Lantas, bagaimana dengan simetri yang dimiliki oleh bangun datar segiempat tersebut? Seperti yang diketahui, terdapat simetri putar, simetri lipat, dan yang terakhir adalah sumbu simetri pada bangun datar.

Jika dicoba untuk diputar, baik secara jarum jam atau terbalik, persegi panjang memiliki dua simetri putar saja. Karena hanya putaran sebesar 180⁰ dan 360⁰ saja yang menghasilkan bentuk sama dengan sebelumnya.

Sementara itu, simetri lipat yang dimiliki oleh persegi panjang berjumlah hanya dua saja. Hal tersebut karena jika coba dilipat, maka hanya lipatan horizontal dan vertikal saja yang membentuk hasil simetris.

Dengan fakta tersebut, dapat dipastikan juga bahwa sumbu simetri yang dimiliki oleh persegi panjang adalah dua. Jadi, sudah jelas bahwa semua jenis simetri yang dimiliki bangun datar ini adalah dua.

Contoh Soal Persegi Panjang

Seperti biasa, Kelasedu akan memberikan berbagai contoh soal yang sudah diberikan pembahasannya. Kamu tinggal mempelajari dan menerapkan kembali cara pengerjaannya untuk soal yang serupa.

Soal 1

Di sekolah terdapat lapangan untuk ekstrakurikuler olahraga dengan panjang 100 meter dan lebar 50 meter. Tentukan luas dan keliling yang dimiliki lapangan olahraga tersebut!

Jawaban dan Pembahasan:

Mulai dengan luas lapangan terlebih dahulu, maka rumus yang dipakai adalah sebagai berikut:

  • Luas: panjang x lebar
  • Luas: 100 m x 50 m = 5.000 m².

Setelah itu, maka rumus yang dipakai selanjutnya adalah keliling:

  • Keliling: 2 x (panjang + lebar) = 2 x (100 cm + 50 cm) = 300 cm.

Dengan begitu, maka luas lapangan adalah 5.000 m², sementara keliling yang dimiliki adalah 300 m.

Soal 2

Diketahui bahwa keliling potongan kertas persegi panjang sebesar 28 cm dan lebar 6 cm. Berapa panjang diagonal yang dimiliki kertas tersebut?

Jawaban dan Pembahasan:

Untuk menjawab soal tersebut, perlu diketahui panjang kertas tersebut dengan menggunakan keliling dan juga lebar kertas.

  • Panjang: Keliling : 2 – lebar
  • Panjang: (28 cm : 2) – 6 cm = 8 cm.

Dengan mengetahui bahwa panjang kertas 8 cm, maka tinggal gunakan rumus diagonal persegi panjang:

  • Diagonal: √ (panjang² + lebar²)
  • Diagonal: √ (6² + 8²)
  • Diagonal: √ (36 + 64)
  • Diagonal: √ 100 = 10 cm.

Jadi, panjang diagonal yang dimiliki kertas tersebut adalah 10 cm.

Soal 3

Bagas sedang memasang ubin dengan panjang 20 cm dan juga lebar 15 cm di gudang, dengan ukuran 3 x 2 m. Tentukan berapa banyak ubin yang Bagas perlukan!

Jawaban dan Pembahasan:

Mari hitung terlebih dahulu luas ubin dan gudang tersebut dengan rumus berikut:

  • Luas ubin: panjang x lebar
  • Luas ubin: 20 cm x 15 cm = 300 cm².
  • Luas gudang: 3 m x 2 m = 6m² (diubah menjadi 60.000 cm²)

Dengan mengetahui kedua luas, maka tinggal bagikan keduanya:

  • Jumlah ubin: Luas gudang : Luas ubin
  • Jumlah ubin: 60.000 cm² : 300 cm² = 200 buah.

Jadi, Bagas akan memerlukan 200 ubin untuk mengerjakan tugas tersebut.

Demikian pembahasan mengenai persegi panjang yang lengkap dan mudah untuk dipahami. Asalkan menggunakan rumus yang tepat, maka kamu tidak akan kesulitan untuk menghadapi soal persegi panjang.