Present Perfect Continuous Tense: Pengertian, Rumus, Ciri, Fungsi, Contoh Kalimat

Present Perfect Continuous Tense Pengertian, Rumus, Ciri, Fungsi, Contoh Kalimat

Mempelajari tenses Bahasa Inggris akan memudahkan kamu untuk membuat kalimat sesuai dengan konteks waktunya. Salah satu tenses yang sangat penting untuk dipelajari adalah present perfect continuous tense yang merupakan perkembangan dari present perfect tense.

Tenses ini adalah versi continuous yang ciri khasnya adalah sebuah verb dengan bentuk akhiran –ing. Jadi, di tenses ini kamu sama sekali tidak akan menggunakan verb-3. Daripada bingung dengan tenses ini, berikut adalah pembahasan lengkap tentang tenses present perfect continuous.

Pengertian Present Perfect Continuous Tense

Apa itu present perfect continuous tense? Present Perfect Continuous Tense adalah sebuah bentuk pola kalimat yang menerangkan bahwa sebuah kejadian dimulai dari masa lalu, namun kejadiannya masih berlangsung hingga detik ini. Itu sebabnya perfect tense dikombinasikan dengan continuous.

Di tenses ini, kamu tidak akan menggunakan verb-3 karena verb yang digunakan adalah yang menggunakan bentuk –ing. Tetapi, kamu masih harus menggunakan bentuk has/have yang menjadi ciri khas dari perfect tense itu sendiri. Kalimat ini tidak akan memiliki versi nomina.

Contohnya adalah ketika kamu tinggal di kota Tokyo sejak 3 tahun lalu dan sekarang masih tinggal di Tokyo saat kamu mengungkapkannya ke orang lain. Maka, present perfect continuous tense adalah tenses yang tepat untuk menjabarkan pengalaman kamu tersebut.

Fungsi Present Perfect Continuous Tense

Penggunaan present perfect continuous tense memiliki beberapa fungsi yang dijabarkan ke dalam beberapa poin berikut ini.

1. Menyatakan aksi di masa lalu dan masih relevan

Kadang-kadang, tenses ini memang mirip dengan bentuk present perfect tense. Hanya saja, versi continuous fungsinya untuk menekankan bahwa kejadiannya masih relevan hingga kini. Contohnya “I have been watching that supranatural series recently”.

2. Menyatakan aksi yang masih dilakukan hingga kini

Tujuan utama penggunaan present perfect continuous tense adalah menekankan bahwa kejadian yang disebutkan di dalam kalimat sudah dimulai di masa lalu dan hingga kini masih berlanjut. Itu sebabnya, verb yang digunakan adalah verb-ing.

3. Menyatakan aksi yang dimulai di masa lalu

Berbeda dengan present continuous tense yang hanya fokus pada kegiatan yang saat ini sedang berlangsung, tenses present perfect continuous menjelaskan bahwa kejadian yang sedang berlangsung saat ini sudah dimulai di masa lalu.

Ciri-Ciri Kalimat Present Perfect Continuous Tense

Terdapat ciri-ciri khusus di dalam kalimat yang memiliki pola present perfect continuous tense. Berikut adalah beberapa poin yang menjadi ciri khasnya.

1. Menggunakan has/have been

Ciri khusus dari kalimat yang menggunakan tenses present perfect adalah terdapat has been atau have been. Ciri ini berlaku untuk semua jenis pola, mulai dari affirmative, negative, dan interrogative. Penggunaannya pun akan diikuti dengan verb-ing.

2. Menggunakan verb-ing

Apabila present perfect tense hanya menggunakan verb-3 saja, berbeda dengan versi continuous yang menggunakan bentuk verb-ing. Verb-ing ini juga berlaku untuk seluruh pola kalimat dan tidak akan berubah meskipun ada di kalimat negative dan interrogative.

3. Menggunakan keterangan waktu indefinite

Keterangan waktu indefinite merupakan keterangan waktu yang tidak memiliki spesifikasi tertentu. Konteksnya sama dengan present perfect yang hanya menjelaskan frekuensi, kapan dimulainya, atau bahkan periode lamanya kegiatan tersebut sudah berlangsung.

Baca Juga : Present Continuous Tense

Rumus Present Perfect Continuous Tense

Untuk bisa menggunakan kalimat ini dengan baik dan benar, ada beberapa pola rumus yang harus kamu ketahui. Hanya saja, present perfect continuous tense hanya memiliki satu pola kalimat yang terdapat verb-ing di dalamnya. Rumusnya adalah sebagai berikut:

  • (+) subject + has/have + been + verb-ing + object
  • (-) subject + has/have + not + been + verb-ing + object
  • (?) has/have + subject + been + verb-ing + object?
  • Yes, subject + has/have
  • No, subject + has/have + not

Pola Kalimat dari Present Perfect Continuous Tense

Pola kalimat present perfect continuous tense terbagi ke dalam tiga bentuk, yaitu affirmative, negative, dan interrogative. Kalimat juga hanya memiliki bentuk verba karena nomina tidak akan bisa menggunakan verb-ing. Berikut adalah ulasan masing-masing pola kalimatnya.

– Kalimat affirmative

Pola kalimat affirmative dalam tenses present perfect continuous adalah subject + has/have + been + verb-ing + object. Subject I, you, we, they berpasangan dengan have. Sementara she, he, dan it dipasangkan dengan has. Setelah been, maka verb berbentuk verb-ing.

Contoh: She has been traveling to some countries for two weeks.

– Kalimat negative

Penggunaan kalimat negatif di tenses ini mengikuti pola subject + has/have + not + been + verb-ing + object. Kamu hanya perlu menyisipkan kata not di antara has/have dan been saja. Sementara verb masih menggunakan versi verb-ing.

Contoh: She has not been traveling to some countries for two weeks.

– Kalimat interrogative

Kalimat interrogative pada tenses menggunakan pola has/have + subject + been + verb-ing + object?. Verbnya juga tidak berubah. Kamu hanya perlu memindahkan bagian has/have ke bagian depan kalimat.

Contoh: Has she been traveling to some countries for two weeks?

Baca Juga : Simple Present Tense

Relative Adverb Present Perfect Continuous Tense

Relative adverb merupakan jenis adverb yang cenderung digunakan di dalam present perfect continuous tense. Sebenarnya, perbedaannya juga tidak terlalu signifikan dengan present perfect tense. Berikut adalah beberapa adverb yang sering digunakan di tenses ini.

1. Since

Since merupakan bentuk adverb yang digunakan dalam pola kalimat present perfect continuous yang menandakan kapan kegiatan atau kejadian tersebut dimulai. Since adalah kata untuk menunjukkan starting point.

2. For

For adalah adverb yang menunjukkan sebuah periode kejadian atau kegiatan tersebut sudah berlangsung sejak dimulai di masa lalu. Beberapa contohnya adalah for a month, for three years, dan lainnya sehingga waktunya masih tetap tidak spesifik.

3. Recently/lately

Recently dan lately memiliki arti yang sama, yaitu baru-baru ini. Dua jenis kata ini bisa digunakan untuk menunjukkan kejadiannya belum lama terjadi sesuai dengan konteks kalimatnya. Lately dan recently bisa digunakan baik di depan maupun di belakang kalimat.

Contoh Kalimat Present Perfect Continuous Tense Beserta Artinya

Membuat kalimat present perfect continuous tense tidaklah sulit selama kamu menggunakan pola kalimat yang tepat. Ditambah lagi, kamu juga tidak perlu menggunakan verb-3 melainkan verb-ing. Simak contoh kalimat dalam present perfect continuous di bawah ini.

Contoh 1:

  • (+) Afgan has been singing several songs already in this event. (Afgan sudah menyanyikan beberapa lagu di acara ini).
  • (-) Afgan has not been singing several songs already in this event. (Afgan belum menyanyikan beberapa lagu di acara ini).
  • (?) Has Afgan been singing several songs already in this event? (Apakah Afgan sudah menyanyikan beberapa lagu di acara ini?)
  • Yes, he has. (Ya, dia sudah melakukannya).
  • No, he hasn’t. (Belum, dia belum melakukannya).

Contoh 2:

  • (+) The children have been running along the coast since an hour ago. (Anak-anak sudah berlari di sepanjang pesisir sejak satu jam yang lalu).
  • (-) The children have not been running along the coast since an hour ago. (Anak-anak belum berlari di sepanjang pesisir sejak satu jam yang lalu).
  • (?) Have the children been running along the coast since an hour ago? (Apakah anak-anak sudah berlari di sepanjang pesisir sejak satu jam yang lalu?
  • Yes, they have. (Ya, mereka sudah).
  • No, they have not. (Tidak, mereka belum melakukannya).

Contoh 3:

  • (+) My father has been calling his manager since a few minutes ago. (Ayahku sudah menelepon manajernya sejak beberapa menit yang lalu).
  • (-) My father has not been calling his manager since a few minutes ago. (Ayahku belum menelepon manajernya sejak beberapa menit yang lalu).
  • (?) Has my father been calling his manager since a few minutes ago? (Apakah ayahku sudah menelepon manajernya sejak beberapa menit yang lalu?).
  • Yes, he has. (Ya, dia sudah melakukannya).
  • No, he has not. (Tidak, dia belum melakukannya).

Contoh 4:

  • (+) My brother has been practicing violin for a year to compete. (Adikku sudah berlatih bermain biola selama setahun untuk lomba).
  • (-) My brother has not been practicing violin for a year to compete. (Adikku belum berlatih bermain biola selama setahun untuk lomba).
  • (?) Has my brother been practicing violin for a year to compete? (Apakah adikku sudah berlatih bermain biola selama setahun untuk lomba?).
  • Yes, he has. (Ya, dia sudah melakukannya).
  • No, he has not. (Tidak, dia belum melakukannya).

Contoh 5:

  • (+) My cat has been sleeping in my room for more than three hours. (Kucingku sudah tidur di kamarku selama lebih dari tiga jam).
  • (-) My cat has not been sleeping in my room for more than three hours. (Kucingku belum tidur di kamarku selama lebih dari tiga jam).
  • (?) Has my cat been sleeping in my room for more than three hours? (Apakah kucingku sudah tidur di kamarku selama lebih dari tiga jam?)
  • Yes, it has. (Ya, kucing sudah melakukannya)
  • No, it has not. (Tidak, kucing belum melakukannya).

Baca Juga : Present Perfect Tense

Contoh Soal Present Perfect Continuous Tense Beserta Jawabannya

Dengan berbagai contoh soal present perfect continuous tense yang sudah Kelasedu siapkan, kamu akan mengasah kemampuanmu tentang tenses yang satu ini. Jawab beberapa pertanyaan sederhana di bawah ini dan intip kunci jawaban setelahnya.

1. ____ John ____ exercise at the court? (do)

2. You look very exhausted. ___ you ____ to come here? (run)

3. She _____ to many cities in Indonesia since a year ago. (travel)

4. I ______ hard, that’s why I failed my math test a week ago. (not/study)

5. We _____ along the sand dune and it’s boring. (drive)

6. She ____ her homework since the semester started. (not/do)

7. This dog ____ his new toy since I bought him yesterday. (play)

8. The math test ____ my all playing time to prepare. (take)

9. ____ they ____ the novel? (read)

10. I ____ the courier since an hour ago. (wait)

Kunci jawaban:

1. Has – been doing
2. Have – been running
3. Has been traveling
4. Have not been studying
5. Have been driving
6. Has not been doing
7. Has been playing
8. Has been taking
9. Have – been reading
10. Have been waiting

Ulasan tentang present perfect continuous tense di atas akan membantumu untuk bisa menggunakan kalimat dengan tenses ini secara tepat. Kamu tidak perlu menggunakan verb-3 di tenses ini, sehingga memudahkan kamu untuk membuat kalimatnya sesuai dengan konteks.