Present Perfect Tense: Pengertian, Rumus, Fungsi, Pola, Contoh Soal

Present Perfect Tense Pengertian, Rumus, Fungsi, Pola, Contoh Soal

Konteks waktu dalam kalimat Bahasa Inggris memiliki ragam jenis yang cukup banyak. Salah satunya adalah present perfect tense. Tenses ini digunakan untuk menunjukkan sebuah kejadian yang dimulai di masa lampau, namun bisa jadi relevan di masa kini.

Penggunaan tenses ini banyak dilakukan di dalam percakapan sehari-hari dalam Bahasa Inggris. Ada juga yang menggunakannya di dalam berbagai tulisan narrative maupun report, itu sebabnya tenses ini penting dipelajari. Simak bahasan present perfect di bawah ini untuk lebih lengkapnya.

Pengertian Present Perfect Tense

Apa itu present perfect tense? Present Perfect Tense adalah sebuah pola kalimat yang cukup sederhana dan digunakan untuk menunjukkan kejadian yang mulainya di masa lalu. Menyampaikan kalimat dalam tenses ini tidak diikuti dengan keterangan waktu yang jelas seperti simple past tense.

Present perfect biasanya menggunakan waktu yang indefinite, artinya kejadiannya hanya diketahui seberapa sering frekuensinya tanpa menyebutkan detail waktunya. Selain itu, kejadian bisa jadi sudah selesai di masa lalu tetapi efeknya masih terasa hingga saat ini.

Contohnya adalah ketika kamu menanyakan ke seseorang apakah orang tersebut sudah makan siang atau belum. Orang tersebut bisa menyatakan bahwa dirinya sudah makan siang tanpa menyebutkan jam berapa ia melakukannya. Inilah yang disebut tenses present perfect.

Fungsi Present Perfect Tense

Ada beberapa fungsi kalimat yang dinyatakan dalam present perfect tense. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari tenses present perfect yang sudah Kelasedu rangkum dan harus kamu ketahui.

1. Menyatakan kejadian di masa lalu dan masih relevan

Meskipun kejadiannya sudah dikerjakan dan saat ini subjek dalam kalimat sudah tidak mengerjakannya lagi, biasanya efek dari pekerjaan tersebut masih relevan hingga sekarang. Misalnya ketika subjek sudah makan, maka efek kenyangnya masih ada saat kalimat diungkapkan.

Contoh lainnya ketika kamu mengungkapkan bahwa kamu sudah membersihkan kamarmu. Maka kamu bisa menunjukkan efeknya ke lawan bicara berupa kamar yang bersih dan rapi akibat dari aktivitasmu itu. Maka, kalimat perlu disampaikan menggunakan present perfect tense.

2. Membicarakan sebuah perubahan

Idealnya, present perfect adalah tenses yang banyak digunakan untuk menyatakan perubahan. Ketika diungkapkan, lawan bicara atau pembacanya bisa langsung mengingat bahwa keadaan yang diungkapkan sudah tidak sama lagi dengan sebelumnya.

3. Membicarakan aktivitas yang masih berlangsung

Tenses ini juga bisa digunakan untuk menyatakan sebuah aktivitas yang mulainya di masa lalu, namun hingga saat ini masih berlangsung. Misalnya kalimat yang berbunyi “I’ve lived in Madagascar since 1990” yang artinya saya telah tinggal di Madagaskar sejak 1990.

Lawan bicara atau pembaca pun langsung memahami bahwa subjek dalam kalimat tersebut masih tinggal di Madagaskar hingga saat ini tanpa harus penjelasan lebih banyak. Aksi tersebut tidak menggunakan present continuous karena fokus kepada kapan kejadiannya dimulai.

4. Menceritakan kejadian tanpa waktu spesifik

Salah satu fungsi tenses ini adalah untuk mengungkapkan sebuah kejadian yang kejadiannya sama sekali tidak memiliki waktu yang spesifik. Selama subjek pernah atau tidak pernah melakukan sesuatu, maka kalimatnya bisa menggunakan tenses present perfect.

5. Menceritakan sebuah kejadian yang baru saja terjadi

Kamu juga bisa menggunakan present perfect tense untuk mengungkapkan sebuah kejadian yang baru saja terjadi. Biasanya, ada penambahan kata “just” di dalam kalimatnya. Pola kalimat ini seringkali digunakan dalam banyak bentuk percakapan sehari-hari.

Ciri-Ciri Kalimat Present Perfect Tense

Kalimat ini memiliki beberapa ciri-ciri khusus yang berbeda dengan jenis tenses lainnya. Berikut ini adalah ciri yang akan kamu temukan di dalam sebuah kalimat dengan tenses ini.

1. Menggunakan has/have

Tenses ini menggunakan has/have di dalam kalimatnya. Kata has/have di sini artinya bukan berarti mempunyai atau memiliki sesuatu, melainkan telah/sudah. Setiap kalimat baik affirmative, negative, dan interrogative akan memiliki has/have.

2. Menggunakan verb 3

Sangat penting untuk menghafal verb 3 atau verb dalam bentuk past participle untuk bisa menggunakan kalimat ini. Verb 3 menjadi kata yang wajib ada di dalam kalimat verba, sementara kalimat nomina akan digantikan dengan been. Semua pola kalimat membutuhkan verb 3.

3. Tidak ada keterangan waktu

Ciri lainnya di dalam kalimat dengan tenses present perfect adalah tidak adanya keterangan waktu spesifik di dalamnya. Hanya ada periode atau starting point yang digunakan dan itu pun sifatnya opsional. Jadi, kamu tidak perlu menggunakan keterangan waktu karena sifatnya indefinite.

4. Menggunakan kata yet

Kata yet di dalam kalimat negative dan interrogative tenses ini adalah hal yang lazim digunakan untuk menekankan apakah kejadian itu belum terjadi atau menanyakan bahwa kejadiannya sudah terjadi atau belum. Kata yet tidak bisa digunakan di dalam kalimat positif dari tenses present perfect.

5. Menggunakan kata already

Untuk kalimat positif di tenses ini, kamu mungkin akan menemukan kata already di dalamnya. Kata ini menunjukkan bahwa kejadian tersebut memang sudah terjadi. Hanya kalimat positif saja yang bisa menggunakan kata already.

Baca Juga : Present Continuous Tense

Rumus Present Perfect Tense

Menyusun kalimat present perfect tense pun harus dilakukan dengan tepat. Berikut ini adalah rumus untuk menyusun kalimat perfect tense verba dan nomina.

1. Rumus present perfect tense verba

Dalam mempelajari tata bahasa Inggris, salah satu aspek yang penting untuk dipahami adalah penggunaan Present Perfect Tense. Untuk memformulasikannya dengan tepat, terutama saat menggunakan verba, berikut adalah rumus yang dapat kamu gunakan.

  • (+) subject + has/have + verb3 + object
  • (-) subject + has/have + not + verb3 + object
  • (?) has/have + subject + verb 3 + object?
  • Yes, subject + has/have.
  • No, subject + has/have + not.

2. Rumus present perfect tense nomina

Present Perfect Tense tidak hanya digunakan untuk verba, tetapi juga dalam konteks nomina. Untuk mendalami bagaimana kita dapat mengaplikasikannya pada nomina, berikut adalah rumusnya.

(+) subject + has/have + been + adjective/noun

(-) subject + has/have + not + been + adjective/noun

(?) has/have + subject + been + adjective/noun?

Yes, subject + has/have

No, subject + has/have + not

Pola Kalimat Present Perfect Tense

Pembahasan mengenai pola kalimat di dalam present perfect tense terbagi ke dalam bentuk verba dan nomina yang masing-masing memiliki bentuk affirmative, negative, dan interrogative. Berikut ini adalah pembahasan lengkapnya.

1. Kalimat present perfect tense verba

– Kalimat affirmative

Kamu harus bisa membedakan kapan saatnya menggunakan has dan have sesuai dengan subjects. Untuk I, you, we, dan they menggunakan have. Sementara he, she, dan it menggunakan has. Pola lengkapnya adalah subject + has/have + verb3 + object.

Contoh: She has gone to the church.

– Kalimat negative

Membuat kalimat negative dalam tenses ini mengikuti pola subject + has/have + not + verb3 + object. Kalimat masih menggunakan verb-3 dan tidak diubah sama sekali.

Contoh: She has not gone to the church.

– Kalimat interrogative

Pola untuk membuat kalimat interrogative past perfect tense verba adalah has/have + subject + verb 3 + object?. Kalimat ini juga masih menggunakan verb-3.

Contoh: Has she gone to the church?

2. Kalimat present perfect tense nomina

– Kalimat affirmative

Tidak ada verb di dalam kalimat nomina, namun posisi verb harus diganti dengan menggunakan kata been. Aturan ini berlaku untuk seluruh subject dalam kalimat. Polanya adalah subject + has/have + been + adjective/noun.

Contoh: She has been in Brazil since 2010.

– Kalimat negative

Penambahan not di antara has/have dan been merupakan ciri utama dari kalimat negative nomina. Polanya adalah subject + has/have + not + been + adjective/noun.

Contoh: She has not been in Brazil since 2010.

– Kalimat interrogative

Kamu hanya perlu memindahkan has/have ke bagian depan kemudian diikuti subject dan been setelahnya. Polanya adalah has/have + subject + been + adjective/noun?.

Contoh: Has she been in Brazil since 2010?

Baca Juga : Simple Present Tense

Relative Adverb Present Perfect Tense

Ada beberapa adverb of time yang digunakan dalam present perfect tense namun statusnya adalah indefinite. Berikut adalah beberapa adverb yang menjadi ciri khasnya.

1. Since

Since memiliki arti sejak, sehingga kamu bisa menerangkan kapan kejadian tersebut dimulai di masa lalu. Contohnya adalah “This sugar factory has produced the best sugar in this country since 1908” (pabrik gula ini telah memproduksi gula terbaik sejak 1908).

2. For

For adalah selama dan menunjukkan lama kejadian tersebut dalam satuan waktu. Tidak diketahui kapan dimulainya dan kapan selesainya, namun yang pasti sudah berlalu ketika dimulai. Contohnya “I have worked for 3 hours already” (Aku sudah bekerja selama 3 jam lamanya).

3. Indefinite adverb

Ada beberapa jenis indefinite adverb yang tidak asing di dalam present perfect tense seperti recently dan lately. Keduanya memiliki arti baru-baru ini yang menunjukkan bahwa kejadian tersebut sudah terjadi dan kejadiannya pun belum lama selesai.

Contoh Kalimat Present Perfect Tense Beserta Artinya

Contoh kalimat present perfect tense di bawah ini akan membantumu untuk lebih mudah memahami pola kalimat. Cek beberapa contoh dan artinya di bawah ini.

Contoh 1:

  • (+) They have competed in many surfing competition since last year. (Mereka sudah berkompetisi di banyak perlombaan selancar sejak tahun lalu).
  • (-) They have not competed in many surfing competition since last year. (Mereka belum berkompetisi di banyak perlombaan selancar sejak tahun lalu).
  • (?) Have they competed in many surfing competition since last year? (Apakah mereka sudah berkompetisi di banyak perlombaan selancar sejak tahun lalu).
  • Yes, they have. (Ya, mereka sudah).
  • No, they haven’t. (Tidak, mereka belum).

Contoh 2:

  • (+) She has done her assignment for 3 hours. (Dia sudah mengerjakan tugasnya selama 3 jam).
  • (-) She has not done her assignment for 3 hours. (Dia belum mengerjakan tugasnya selama 3 jam).
  • (?) Has she done her assignment for 3 hours. (Apakah dia sudah mengerjakan tugasnya selama 3 jam?)
  • Yes, she has. (Ya, dia sudah mengerjakannya).
  • No, she hasn’t. (Tidak, dia belum mengerjakannya).

Contoh 3:

  • (+) You’ve been in the room since five hours ago. (Kamu sudah berada di ruangan itu sejak lima jam lalu).
  • (-) You’ve not been in the room since five hours ago. (Kamu belum berada di ruangan itu sejak lima jam lalu).
  • (?) Have you been in the room since five hours ago? (Apakah kamu sudah berada di ruangan itu sejak lima jam lalu).
  • Yes, you have. (Ya, kamu berada di sana selama lima jam).
  • No, you haven’t. (Tidak, kamu belum di sana selama lima jam).

Baca Juga : Present Perfect Continuous Tense

Contoh Soal Present Perfect Tense Beserta Jawabannya

1. The country ___ war.

a. Has not declared
b. Have not declared
c. Have not been

2. The weather ___ cold lately.

a. Has been
b. Have been
c. Has felt

3. ____ three years ago, the man has lived in that small house with his Russian Blue cat.

a. Recently
b. For
c. Since

4. I haven’t ____ my homework because I’ve been so busy the last two days.

a. Do
b. done
c. did

5. They have ___ that uniform for field trips.

a. Wear
b. Worn
c. Wore

Kunci jawaban:

1. A
2. A
3. C
4. B
5. B

Memahami present perfect tense bisa membantu kamu untuk mengungkapkan sebuah kejadian yang telah atau belum terjadi dengan tepat. Tenses ini membutuhkan verb bentuk ketiga di dalam setiap kalimatnya, sehingga sebaiknya kamu menghafal baik bentuk regular dan irregular.