Procedure Text: Pengertian, Ciri-ciri, Struktur, dan Contoh

Procedure Text

Pernahkah kamu melihat sebuah teks yang isinya tutorial atau menerangkan sebuah cara melakukan sesuatu? Teks tersebut disebut sebagai procedure text dalam Bahasa Inggris. Materi ini biasanya akan kamu pelajari sebagai dasar-dasar berbahasa Inggris.

Teks dengan prosedur isinya adalah rangkaian cara seseorang untuk melakukan sesuatu. Isinya bisa dari hal-hal sederhana, hingga hal-hal yang rumit. Untuk memahami materi ini dengan lebih jelas, simak rangkuman materinya di bawah ini.

Pengertian Procedure Text

Apa itu procedure text? Procedure Text merupakan sebuah bahan bacaan yang isinya akan membantu pembaca untuk melakukan sesuatu sesuai dengan instruksi. Isi kalimatnya bersifat imperative atau instruksi yang diberikan kepada pembacanya.

Teks ini juga termasuk ke dalam jenis informasi yang sifatnya sangat penting. Urutan di dalam prosedur harus diikuti pembaca yang ingin melakukan hal sesuai dengan topik. Kamu bisa menemukan teks ini di berbagai buku resep, kemasan, blog, buku manual, dan lainnya.

Fungsi Procedure Text

Sebelum memahami lebih dalam mengenai ciri-ciri dan strukturnya, penting bagi kita untuk terlebih dahulu mengenal fungsi utamanya. Berikut adalah penjelasan mengenai Fungsi Procedure Text.

1. Menjelaskan sebuah cara

Fungsi utama dari procedure text adalah menjelaskan sebuah cara kepada pembaca dengan rinci. Jadi, pembaca bisa mengikuti langkah-langkahnya sesuai dengan teks. Tujuannya, agar pembaca bisa mendapatkan hasil yang sesuai.

2. Menguraikan cara

Teks ini juga bertujuan untuk menguraikan sebuah cara kepada pembacanya dengan rinci. Seperti teks yang kamu temukan di dalam sebuah kemasan makanan setengah matang, pembacanya perlu mengikuti cara tersebut agar hasil makanan sesuai ekspektasi.

3. Memberikan informasi dan ide

Teks yang ada akan memberikan informasi kepada pembacanya, sehingga mereka mendapatkan ide untuk melakukan sesuatu sesuai dengan step. Bahan-bahan yang disiapkan juga bisa menjadi ilmu baru sebelum melakukan langkah-langkahnya.

Ciri-Ciri Procedure Text

Untuk lebih memahami procedure text, perlu dipahami Ciri-Ciri Procedure Text yang khas. Ciri-ciri ini membantu kita mengidentifikasi jenis teks ini dengan lebih baik. Berikut Ciri-Cirinya.

1. Memiliki tujuan akhir (goal)

Ciri utama yang terdapat di dalam procedure text adalah terdapat goal yang harus dicapai oleh pembaca. Pembaca yang ingin melakukan sesuatu sesuai dengan teks akan mendapatkan goal yang sama dengan teks yang dibuat oleh penulis.

2. Memiliki langkah-langkah

Apabila kamu menemukan sebuah teks dengan isi berupa langkah-langkah melakukan sesuatu, maka itulah yang disebut sebagai procedure text. Isinya bisa berupa langkah-langkah pendek atau panjang sehingga pembaca bisa melakukannya dengan tepat.

3. Berbahasa imperative

Ciri lain yang akan kamu temukan di dalam teks ini adalah kalimat di dalam prosedur bersifat imperative. Kamu akan menemukan perintah meskipun sifatnya tidak harus menggunakan kata seru. Hampir setiap kalimatnya diawali dengan sebuah verb sebagai tanda instruksi.

Baca Juga : Descriptive Text

Generic Structure Procedure Text

Salah satu aspek penting dari procedure text adalah struktur generiknya. Generic Structure Procedure Text menjelaskan bagaimana teks disusun dan elemen-elemen yang membangunnya. Dengan memahami generic structure ini, kita dapat dengan lebih baik menyusun dan mengikuti instruksi yang diberikan dalam teks ini.

1. Judul dan Tujuan

Judul yang digunakan di dalam sebuah procedure text bisa langsung berupa tujuan yang akan dicapai oleh pembacanya. Contohnya: how to top-up electronic money card. Pembacanya langsung memahami informasi apa yang akan mereka dapat di dalam teks.

2. Material dan Ingredients

Isi yang kedua akan tergantung dari jenis procedure yang akan kamu buat. Apabila teks berupa sebuah resep, maka kamu perlu menuliskan berbagai ingredients yang dibutuhkan untuk membuat makanan tersebut.

Bagaimana dengan prosedur yang isinya bukan resep? Maka kamu bisa menuliskan material atau hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menjalankan langkah-langkah yang ada di dalam teks. Kamu juga harus menyebutkannya dengan lengkap dan menggunakan satuan.

3. Step atau Langkah-Langkah

Di bagian ini sangat penting karena kamu harus menyebutkan langkah-langkah yang harus dilakukan secara berurutan. Pasalnya, langkah-langkah ini sebagian besar tidak bisa ditukar atau hasil akhirnya nanti gagal atau tidak sesuai dengan ekspektasi.

Kamu juga harus menyampaikan bagian steps dengan menggunakan poin-poin yang jelas, sehingga pembaca juga lebih mudah untuk melangkah ke bagian cara selanjutnya. Bagian ini harus ditulis lengkap dari awal hingga akhir.

4. Kesimpulan

Di bagian akhir dari sebuah procedure text biasanya berisi kesimpulan yang sifatnya opsional. Kamu boleh menuliskannya sebagai bentuk akhir dari teks. Contohnya adalah: That’s all the steps of how to make jelly bread!

Jenis-Jenis Procedure Text

Procedure text tidak hanya memiliki satu bentuk saja, terdapat beberapa Jenis Procedure Text yang berbeda sesuai konteks penggunaannya. Memahami jenis-jenis ini akan membantu kita dalam penggunaan teks ini dalam situasi yang berbeda.

1. Simple Procedure Text

Teks prosedur yang sederhana isinya tidak memiliki materials karena caranya tidak membutuhkan material khusus. Isi langkah-langkahnya juga tidak terlalu rumit, sehingga tidak perlu dijabarkan dengan bentuk yang terlalu panjang.

Contohnya adalah: how to register email. Bentuk teks tersebut tidak akan membutuhkan material khusus karena kamu hanya membutuhkan perangkat gadget atau komputer dan sambungan internet saja.

2. Recipes (resep makanan)

Jenis teks yang satu ini tidak akan terasa asing karena bisa kamu temukan di makanan instan atau buku resep. Tidak hanya prosedurnya, biasanya ada material atau bahan yang harus disiapkan. Beberapa kemasan bahkan mencantumkan gambar tutorialnya.

3. Rules of  Games

Di jenis procedure text ini, kamu akan menemukan deretan rules yang harus dilakukan untuk bisa memainkan sebuah permainan. Beberapa rules ditulis secara berurutan, jadi kamu tidak boleh melanggar urutannya. Jika tidak, kamu akan dianggap kalah saat bermain.

4. Science Experiments

Science experiments juga menjadi salah satu jenis teks prosedur yang akan kamu temukan di buku bacaan sekolah seperti Fisika dan mata pelajaran lainnya. Isinya sangat teknis dengan material yang tidak boleh terlewatkan untuk disiapkan pembacanya.

5. Manual Instruction

Pernahkah kamu membeli sebuah barang baru dan mendapatkan sebuah buku petunjuk? Buku tersebut disebut sebagai buku manual yang isinya adalah cara merakit atau cara menggunakan barang tersebut. Contohnya: how to operate photocopy machine.

Baca Juga : Report Text

Kaidah Kebahasaan Procedure Text

Setiap jenis teks memiliki aturan bahasa khusus yang mendukung fungsinya, Procedure text tidak terkecuali. Kaidah kebahasaan membantu menjadikan teks lebih jelas, mudah dipahami, dan efektif.

Kita akan membahas penggunaan imperative sentences, keteraturan kalimat, dan penggunaan kata-kata kunci yang memastikan teks procedure efektif dalam mengomunikasikan langkah-langkah yang tepat. Berikut kaidah kebahasaan Procedure Text.

1. Menggunakan imperative

Kalimat yang terdapat di dalam procedure text menggunakan jenis kalimat imperative. Imperative merupakan kalimat yang diawali dengan kata kerja yang menunjukkan sebuah instruksi kepada pembacanya. Contohnya: Slice the banana.

2. Menggunakan simple present tense

Jenis tenses yang harus digunakan di dalam sebuah teks prosedur adalah simple present tense. Tense ini cocok digunakan untuk teks yang isinya netral dan berlaku untuk fakta umum atau kejadian sehari-hari. Contoh: Prepare the microwave.

3. Menggunakan sequence

Procedure text membutuhkan sequence yang jelas, sehingga antar poinnya akan saling berkaitan. Pembaca juga akan memahami bahwa cara-cara tersebut tidak boleh ditukar karena hasilnya bisa jadi akan berbeda dengan tujuan awal yang disampaikan.

4. Menggunakan adverb

Adverb of time yang akan digunakan di dalam procedure text akan membantu pembaca untuk bisa melakukan sebuah langkah tertentu dalam periode yang tertera. Misalnya: boil the eggs for 7 minutes. Pembaca bisa memahami kapan waktu untuk lanjut ke langkah selanjutnya.

5. Ditulis dalam poin-poin

Penulisan teks prosedur juga menggunakan poin-poin sehingga lebih jelas. Pembaca juga tidak mudah keliru dengan langkah yang sedang dilakukan. Satu poin menerangkan satu langkah yang merupakan sebuah kalimat dengan bentuk imperative.

Contoh Procedure Text

Tadi kita telah mempelajari berbagai aspek terkait Procedure Text. Kita telah memahami fungsi, ciri-ciri, struktur, kaidah kebahasaan, dan berbagai jenis procedure text. Berikut adalah beberapa contoh yang dapat membantu kamu memahami cara membuat procedure text yang efektif.

Contoh 1

How to Make and Use Aloe Vera Hair Mask

Ingredients:

  • 2 spoons of fresh aloe vera
  • 1 spoon of coconut oil

Tools:

  • Bowl
  • Spoon
  • Comb or brush
  • Shower cap

Steps:

  1. Put the aloe vera and coconut oil in the bowl.
  2. Stir well using a spoon until it creates good pasta.
  3. Spread the mask on your hair using a comb or brush.
  4. Use the shower cap to cover your hair.
  5. Let it for 30 minutes.
  6. Rinse your hair.

You can use this mask at least once a week to replace your conditioner.

Contoh 2

How to Make Vegetables Chicken Soup

Ingredients:

  • 100 grams of carrots
  • 100 grams of broccoli
  • 1 red tomato
  • 1 teaspoon of chicken broth powder
  • 4 pieces of garlic
  • 1/2 teaspoon of sugar
  • 4 piece of shallots
  • 100 grams of chicken breast
  • 1/2 teaspoon of pepper
  • 1/2 teaspoon of salt
  • 2 spoons of oil
  • 2 glasses of water

Procedures:

  1. Boil the chicken until it is soft (about 15 minutes), then separate the flesh into a bowl.
  2. Grind the garlic.
  3. Heat the oil and saute the garlic until it smells good.
  4. Add 2 glasses of water into the pan.
  5. Slice the carrots and broccoli.
  6. Put the entire carrots and broccoli to the pan.
  7. Add the seasonings such as chicken broth powder, salt, sugar, and pepper.
  8. Put the chicken into the pan.
  9. Let it cook for about 10 minutes.
  10. The vegetable chicken soup is ready to serve.

Contoh 3

How to Make Fried Rice

Ingredients:

  • 150 grams of rice
  • 2 chili paddy
  • Egg
  • Salt
  • 1 garlic
  • 1 shallots
  • 2 spoons of oil
  • 2 spoons of soya sauce

Procedures:

  1. First, prepare the seasoning such as chili paddy, shallot and garlic by slicing or grounding them all.
  2. Heat the oil on the pan.
  3. Put all the seasoning on the pan until it has a good smell.
  4. Fry the egg and scramble them until it has small pieces.
  5. Add the rice to the pan.
  6. Next, add the soya sauce.
  7. Stir the rice until the color changes.
  8. After three minutes, serve the fried rice on a plate.

Baca Juga : Explanation Text

Contoh Soal Procedure Text Beserta Jawabannya

Setelah mempelajari berbagai hal mengenai Procedure Text, sekarang saatnya menguji pemahaman kamu mengenai text ini. Kelasedu sudah menyiapkan beberapa contoh soal beserta jawabannya untuk kamu di bawah ini. Selamat belajar!

Contoh Soal 1

How to Make Iced Milk Tea

Ingredients:

  • A tea bag
  • 100 ml of milk
  • 100 ml of water
  • A spoon of sugar
  • Ice cubes

Procedures:

  1. Put the tea bag and sugar in a glass.
  2. Pour 100 ml of water and let the color of the water change.
  3. Pour the milk into the glass.
  4. Stir well.
  5. Separate the tea bag because it will create a bitter taste.
  6. Add some ice cubes.
  7. The iced milk tea is ready to serve.

Latihan soal:

  1. How much milk does the recipe above need?
  2. How much sugar does the recipe need?
  3. What to do after stirring the combination of water, milk, and sugar?

Jawaban:

  1. 100 ml.
  2. A spoon.
  3. Separating the tea bag.

Contoh Soal 2

How to Make Mango Juice

Ingredients:

  • 100 grams of fresh mango
  • 100 ml of water
  • A spoon of sugar
  • Ice cubes

Tools:

  • Blender machine
  • Glass

Procedures:

  1. Prepare the blender machine.
  2. Put the fresh mango, water, ice cubes, and sugar into the blender glass.
  3. Blend it for about 1 minute.
  4. Move the juice to the glass.
  5. The fresh mango juice is ready to serve.

Latihan soal:

  1. How long does the process take? About 3 minutes.
  2. Does it need water? Yes, it does.
  3. 3. How much mango does it need? It is 100 grams of mango.

Jawaban:

  1. About 3 minutes
  2. Yes, it does
  3. It is 100 grams of mango

Procedure text merupakan materi yang perlu dikuasai ketika di sekolah menengah. Kamu bisa mempelajari teks ini di berbagai kemasan makanan, resep, dan buku manual. Contoh teks di atas bisa membantumu untuk memahami materi ini lebih baik.