Recount Text: Pengertian, Struktur, Jenis, dan Contoh Teks

Recount Text Pengertian, Generic Structure, Fungsi, Contoh

Kamu suka menceritakan kembali tentang pengalaman masa lalu? Agar cerita kamu lebih keren, cobalah untuk menyampaikannya dalam bahasa Inggris. Jika dibuat dalam bentuk tulisan, cerita kamu bisa menjadi sebuah recount text yang menarik, loh!

Recount merupakan salah satu jenis teks yang dikenal dalam bahasa Inggris selain naratif dan deskriptif. Teks ini cukup sering dijumpai sehingga dalam kehidupan sehari-hari, jadi tidak ada salahnya untuk mengenal lebih jauh mengenai teks recount. Ikuti pembahasan Kelasedu berikut ini.

Pengertian Recount Text

Apa itu recount text? Teks recount dapat diartikan sebagai jenis teks yang digunakan untuk menceritakan kembali peristiwa yang telah lalu. Bisa dikatakan bahwa recount text adalah tulisan yang mengekspresikan pengalaman sebelum penulis membuat teks tersebut.

Sebagai contoh, kamu menulis cerita tentang aktivitas selama berlibur di Bali atau tentang pengalaman kamu mengikuti kegiatan outdoor yang sangat berkesan. Selain memberitahukan informasi tentang pengalaman tertentu, kamu juga bisa memberikan hiburan bagi pembaca.

Fungsi Recount Text

Setiap jenis teks mempunyai fungsi tertentu, begitu juga dengan teks recount. Apa tujuan dari recount text dan fungsinya? Berikut ini beberapa tujuan dan fungsi recount yang perlu kamu ketahui:

1. Memberikan Informasi

Fungsi utama dari sebuah recount text adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca mengenai peristiwa atau pengalaman tertentu yang telah terjadi di masa lampau. Dengan membaca cerita tersebut, diharapkan orang lain bisa mengambil pelajaran atau manfaat.

2. Menghibur Pembaca

Seperti cerita-cerita lain, teks recount juga bertujuan untuk memberikan hiburan bagi para pembaca. Penulisan dibuat sedemikian rupa sehingga menarik dan menyenangkan bagi pembaca.

3. Mendokumentasikan Pengalaman

Fungsi yang terakhir dari teks recount adalah untuk mengabadikan pengalaman tak terlupakan. Dengan menuliskan peristiwa yang dialami, kamu tidak akan pernah lupa sampai kapan pun. Kamu juga bisa membacanya kembali bertahun-tahun kemudian untuk mengenang peristiwa tersebut.

Ciri-Ciri Recount Text

Mengidentifikasi teks recount tidak terlalu sulit. Pasalnya, jenis teks ini mempunyai dua ciri utama yang membedakannya dari teks lain. Adapun ciri-ciri tersebut adalah sebagai berikut:

1. Tidak memiliki konflik

Teks recount tidak mempunyai konflik layaknya teks naratif. Dalam sebuah bacaan recount, kamu hanya akan menemukan kronologis suatu peristiwa yang diceritakan secara runtut tanpa melibatkan konflik. Oleh karena itu, jenis teks ini juga tidak memiliki resolution.

2. Cerita dijabarkan secara kronologis dan berurutan

Karakteristik yang melekat pada teks recount adalah peristiwa yang dijabarkan secara berurutan. Misalnya kamu menceritakan perjalanan liburan, maka setiap kegiatan harus disampaikan secara kronologis sesuai dengan kejadian misalnya pertama ke tempat A, kemudian ke tujuan B, dan seterusnya.

3. Fokus pada individual

Ciri teks recount yang terakhir adalah meletakkan titik fokus pada individual, terutama penulis. Dalam teks tersebut, penulis menceritakan kejadian yang dialami oleh dirinya sendiri. Kehadiran tokoh lain biasanya hanya sebagai pelengkap saja.

Baca Juga : Narrative Text

Generic Structure Recount Text

Teks recount mempunyai struktur penulisan khusus yang berbeda dengan jenis teks lain. Di bawah ini adalah struktur recount text yang harus diikuti jika kamu ingin membuat sebuah tulisan recount.

1. Orientation

Orientation merupakan bagian pengenalan dari sebuah recount text. Di bagian ini, penulis akan memperkenalkan tokoh, lokasi, serta waktu yang diceritakan. Pengenalan berbagai informasi ini bisa membantu pembaca memahami cerita dengan lebih baik.

2. Series of Events

Beranjak ke bagian selanjutnya, terdapat series of events atau bisa juga disebut events. Pada bagian ini, penulis menceritakan rangkaian kejadian secara berurutan sehingga mudah dipahami dan diikuti oleh pembaca.

3. Re-orientation

Bagian terakhir dari struktur penulisan teks recount adalah re-orientation yang berisi kesimpulan atau rangkuman dari keseluruhan cerita. Penulis juga bisa menuliskan kesan dan pesan yang dapat diambil oleh pembaca. Re-orientation biasanya berisi satu paragraf yang cukup singkat.

Jenis-Jenis Recount Text

Setelah membahas mengenai pengertian recount text, ciri-ciri, dan struktur penulisan, kini saatnya untuk mengenal beberapa jenis teks recount yang dikenal dalam bahasa Inggris. Teks recount terdiri empat jenis yaitu personal, factual, imaginative, dan historical recounts. Berikut penjelasannya. 

1. Personal Recount

Personal recount adalah jenis teks yang umumnya memuat pengalaman penulis. Jenis ini paling sering ditemukan karena cukup mudah untuk dibuat. Penulis hanya perlu mengingat kejadian yang menarik dan mengabadikannya dalam bentuk tulisan agar dapat dinikmati oleh pembaca.

2. Factual Recount

Jenis recount text ini berisi laporan tentang suatu peristiwa berdasarkan fakta yang ada. Tidak hanya merujuk pada peristiwa yang dialami oleh penulis, namun kamu juga bisa menceritakan kejadian yang dialami oleh orang lain.

3. Imaginative Recount

Imaginative recount adalah salah satu jenis teks recount yang menceritakan peristiwa yang bersifat imajinatif atau khayalan. Tipe teks ini mungkin hampir serupa dengan narrative text namun recount masih berkaitan dengan penulis. Misalnya penulis menceritakan mimpinya atau khayalannya.

4. Historical Recount

Sesuai dengan namanya, tipe recount ini merupakan bentuk tulisan yang menyajikan peristiwa sejarah. Penulis menjabarkan sejarah sesuai dengan kronologi kejadian. 

Sekilas, jenis recount yang satu ini cukup sulit dibedakan dari jenis teks naratif. Namun terdapat perbedaan yang mencolok, yaitu historical recount menceritakan kejadian sejarah yang sungguh-sungguh terjadi di masa lampau dan tidak bersifat khayalan.

Baca Juga : Descriptive Text

Kaidah Kebahasaan Recount Text

Ketika kamu ingin membuat teks recount, tentunya kamu perlu mengetahui kaidah kebahasaan yang berlaku. Tujuannya adalah agar tulisan yang kamu buat dapat diidentifikasi sebagai recount. Berikut language feature yang perlu diperhatikan pada recount text.

1. Menggunakan Simple Past Tense

Recount menceritakan kejadian di masa lampau sehingga jenis tenses yang digunakan adalah simple past tense. Untuk membuat kalimat, kata kerja atau verb harus dalam bentuk kedua misalnya went, bought, saw, dan seterusnya.

2. Terdapat Specific Participant

Teks recount erat kaitannya dengan specific participant atau obyek yang bersifat khusus untuk memberikan gambaran secara spesifik kepada pembaca. Contoh specific participant antara lain NYIA Airport, Eiffel Tower, Opera House Sydney, dan lain sebagainya.

3. Menggunakan Personal Participant

Personal participant biasa digunakan pada teks recount, terutama pada bagian orientation atau pengenalan. Fungsinya adalah untuk memperkenalkan karakter yang ada dalam cerita, misalnya my friends, my parents, my teacher, etc.

4. Memiliki Action Verb

Kaidah kebahasaan yang ada pada recount text adalah action verb. Action verb adalah kata kerja yang menggambarkan tindakan yang dapat dilihat oleh orang lain, seperti ate, read, walked, etc.

5. Terdapat Linking Verb dan Conjunction

Linking verb berfungsi menghubungkan antara subyek dan keterangan, misalnya seem, appear, was, dan were. Sedangkan conjunction berguna untuk menghubungkan dua kalimat, contohnya adalah but, while, although, etc. Keduanya merupakan unsur-unsur yang sering dijumpai dalam teks recount.

6. Menggunakan Chronological Connector

Ketika kamu ingin menyajikan cerita secara kronologis, maka kamu membutuhkan chronological connection. Elemen yang satu ini bisa digunakan untuk menyatukan urutan peristiwa sehingga alur cerita menjadi lebih mulus dan mudah diterima oleh pembaca. Contoh chronological connector adalah then, in addition, before, after, etc.

Contoh Recount Text

Sudah tidak sabar untuk melihat contoh recount text? Kelasedu telah mempersiapkan satu contoh teks recount singkat yang mudah dipahami. Selamat membaca!

An Unforgettable Journey to Dieng

Last week, my friends and I went to Dieng Plateau in Central Java. We rented a car and we departed at 6 in the morning. It took around 2.5 hours to get to Dieng and our first destination was Arjuna Temple.

After we arrived, we bought fried potatoes and enjoyed the breeze and fresh air. Before leaving the temple, we took a couple of photos and then we moved to the second destination, Sikidang Crater. We felt a little bit uncomfortable because of the smell of sulphur, so we decided to climbed the hill to avoid the fume.

At lunchtime, we continued our trip to Warna Lake. We stayed there for an hour before having lunch at the Bakso Merdeka. In the afternoon, we went back to Jogja after we dropped in a small carica stall. We were so tired that we fell asleep in the car but we were very happy.

Baca Juga : Report Text

Contoh Soal Recount Text Beserta Jawabannya

Setelah menyimak penjelasan lengkap seputar recount text, kini saatnya untuk menguji pemahaman kamu. Jawab pertanyaan di bawah ini berdasarkan teks yang tersedia.

A Trip to Thailand

On last September, I spent my holiday in Thailand. I was not alone because my friends also went there.

Our flight departed at 7 am and we were landed at Krabi International Airport at 4 pm. Then we took a taxi to our hotel and took a rest for a while. At night, we went to Krabi Night Market. We bought grilled seafood, papaya salad, and mango sticky rice.

The next day, we took Phi Phi Island tour. We were so happy because we witnessed mesmerizing scenery and met new friends there. On the third day, we went to Songkhla by bus. We visited local markets and flea markets to find some souvenirs. In the evening, we went back to Krabi.

Our last day was the best. We took strolls in Ao Nang, soak up the sun, and bought more souvenirs from the locals. We went to the airport at 5 pm to catch our 7 pm flight. This trip was wonderful and unforgettable.

1. What does the text tell us about?

a. A fantastic journey to Thailand
b. Writer’s shopping experience in Thailand
c. Flight to Thailand
d. Holiday with best friends

Answer: A

2. According to the generic structure, the first paragraph of the passage is ….

a. Conflict
b. Orientation
c. Re-orientation
d. Event

Answer: B

3. What did the writer buy in Krabi Night Market?

a. Mango sticky rice, papaya salad, and grilled seafood.
b. T-shirts and souvenirs
c. Artworks, papaya salad, mango sticky rice
d. Thai milk tea, grilled seafood.

Answer: A

Apa kamu sudah memahami materi recount text? Kelasedu yakin kamu sudah bisa mengenalinya atau bahkan membuat teks recount sendiri. Jangan lupa perbanyak latihan agar kemampuan kamu semakin bertambah.