Report Text: Pengertian, Fungsi, Ciri, Struktur, Contoh Teks

Report Text: Pengertian, Fungsi, Ciri, Struktur, Contoh Teks

Kamu mungkin sudah tidak asing dengan descriptive text dalam bahasa Inggris. Tapi tahukah kamu kalau ada satu jenis teks yang memiliki banyak kemiripan dengan descriptive? Teks tersebut dikenal dengan nama report text atau teks reportase.

Sebagai contoh, kamu sudah menyelesaikan praktikum di laboratorium atau kunjungan ke museum dan diharuskan untuk membuat laporan. Laporan inilah yang disebut sebagai teks reportase dalam bahasa Inggris. Agar lebih jelas, simak pembahasan lengkap Kelasedu berikut.

Pengertian Report Text

Apa itu report text? Teks reportase adalah jenis teks dalam bahasa Inggris yang menyajikan informasi dengan sebenar-benarnya. Informasi tersebut biasanya terkait dengan keadaan suatu obyek seperti kejadian, tempat, benda, dan lain sebagainya.

Teks reportase cenderung mirip dengan teks deskriptif karena keduanya memberikan informasi mengenai suatu obyek tertentu. Keduanya juga mempunyai fungsi yang sama dalam hal memberikan informasi kepada pembaca.

Yang membedakan antara descriptive text dan report text adalah cakupan pembahasan. Jika deskriptif memberikan gambaran secara khusus, reportase menyajikan informasi mengenai obyek secara umum. Meskipun begitu, informasi yang diberikan tetap bersifat detail atau rinci.

Fungsi Report Text

Lantas, apakah yang menjadi tujuan dari sebuah report text? Seperti halnya teks deskriptif, reportase bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca terkait detail suatu obyek. Pembahasan tidak merujuk pada obyek yang spesifik melainkan obyek secara umum.

Dengan mengetahui tujuan report text, pembaca bisa memahami alasan mengapa teks tersebut dibuat. Alhasil informasi yang terkandung di dalamnya dapat tersampaikan dengan baik kepada pembaca.

Ciri-Ciri Report Text

Mengidentifikasi teks reportase bisa dibilang bukan hal sederhana karena kemiripannya dengan teks deskriptif. Oleh sebab itu, kamu perlu mengenali beberapa ciri khas yang membedakannya dengan jenis teks lain, terutama deskriptif. Berikut ini karakteristik teks reportase yang telah Kelasedu rangkum.

1. Menggunakan simple present tense

Ciri yang paling mudah diidentifikasi dari teks reportase adalah jenis tense yang dipakai. Teks ini menggunakan simple present tense untuk menyajikan informasi kepada pembaca. Karena memakai simple present, maka kata kerja harus dalam bentuk pertama.

2. Menggunakan judul dan kata benda umum

Karakteristik khas yang dimiliki oleh report text adalah penggunaan judul yang umum. Misalnya kamu ingin membahas mengenai kucing, maka judul yang digunakan adalah Cat sehingga bersifat umum. Ciri ini pula yang membedakan antara report dan descriptive text.

Selain judul, kata benda pada teks reportase juga bersifat umum atau disebut juga general noun. Kata benda ini bisa dikenali dengan mudah oleh pembaca dari semua kalangan meskipun tidak memiliki keilmuan khusus.

3. Berisi fakta-fakta ilmiah

Pada umumnya teks reportase menyajikan fakta-fakta ilmiah yang ditemukan di lapangan. Misalnya ketika kamu ingin membuat reportase mengenai kucing, maka kamu bisa menggunakan fakta-fakta seputar hewan tersebut misalnya warna, bentuk telinga, dan lain sebagainya.

4. Disertai data statistik

Meskipun tidak bersifat wajib, teks reportase terkadang dilengkapi dengan data statistik maupun gambar untuk membuktikan informasi yang tertulis. Namun meskipun teks tidak dilengkapi dengan data statistik maupun gambar, teks tersebut sudah bisa dipahami oleh pembaca.

5. Tidak menjelaskan obyek secara khusus

Ciri yang terakhir dari sebuah report text adalah informasi disampaikan secara umum. Secara keseluruhan, teks tidak menjelaskan obyek secara individual tetapi mencakup berbagai kelompok yang termasuk pada kategori obyek tersebut, misalnya pembahasan mengenai panda, rambut manusia, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Narrative Text

Generic Structure Report Text

Setelah membahas pengertian report text beserta fungsi dan ciri-cirinya, Kelasedu juga akan mengajak kamu untuk menyimak struktur teks reportase. Teks yang satu ini memiliki struktur yang cukup sederhana. Agar lebih jelas, simak pembahasan berikut ini.

1. General Classification

Bagian pertama pada teks reportase adalah general classification. Bagian ini menyajikan berbagai informasi umum sesuai dengan hasil pengamatan. Pengamatan tersebut dapat meliputi fenomena alam, hewan, tumbuhan, benda, dan masih banyak lagi.

Tujuan general classification adalah untuk memperkenalkan kepada pembaca terkait obyek yang akan dideskripsikan pada bagian selanjutnya. Biasanya general classification berupa satu paragraf singkat.

2. Description

Setelah memperkenalkan obyek pembahasan, pada bagian kedua terdapat description atau inti pembahasan. Paragraf ini berisi tentang informasi rinci mengenai obyek umum yang diperbincangkan.

Misalnya jika kamu membahas tentang ikan piranha, maka kamu bisa menuliskan tentang habitatnya, jenis makanan, hingga cara berkembang biak. Semua informasi dituliskan dalam bentuk simple present tense dengan logical connector atau kata hubung.

Jenis-Jenis Report Text

Secara umum report text terdiri dari beberapa jenis. Masing-masing jenis menyajikan informasi dengan cara yang berbeda sehingga kamu perlu mengenali setiap jenis tulisan reportase

1. Referensi artikel

Referensi artikel adalah salah satu jenis teks reportase yang cukup sering dijumpai baik di media cetak maupun media online. Artikel ini memberikan informasi kepada pembaca namun cenderung bersifat ringan dan mudah dipahami. 

2. Pembelajaran

Teks reportase ini biasanya ditulis untuk tujuan pembelajaran. Misalnya kamu ingin mengajarkan kepada murid-murid tentang burung kasuari, maka kamu bisa membuat sebuah teks reportase yang mendeskripsikan seperti apa hewan tersebut.

3. Artikel penelitian

Jenis teks reportase ini biasanya digunakan untuk melaporkan hasil penelitian suatu obyek. Penulis mengamati suatu obyek dan hasil pengamatan tersebut ditulis dalam bentuk reportase untuk keperluan ilmiah. Biasanya teks ini disertai dengan gambar-gambar pendukung.

Baca Juga : Recount Text

Kaidah Kebahasaan Report Text

Hal penting selanjutnya yang perlu kamu ketahui tentang report text adalah kaidah kebahasaan yang digunakan. Unsur bahasa meliputi jenis tenses, penggunaan technical terms, dan aspek kebahasaan lainnya. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Simple present tense

Simple present digunakan untuk menuliskan teks reportase. Selain menggunakan kata kerja bentuk pertama, terdapat pula penanda waktu simple present tense yaitu always, often, usually, dan seterusnya.

2. General nouns

General nouns merupakan kata benda yang merujuk pada obyek umum, misalnya cat, dog, giraffe, etc. Penggunaan general noun memastikan pembaca memahami bahwa yang akan dibahas adalah sebuah obyek secara keseluruhan, bukan obyek dalam ruang lingkup yang spesifik.

Contoh penyebutan kata benda yang spesifik antara lain my dog, father’s rose plant, my sister’s cat dan masih banyak lagi. Hindari penggunaan general noun seperti ini ketika kamu ingin membuat teks reportase.

3. Linking verbs

Linking verbs adalah kata kerja penghubung yang berfungsi menghubungkan subyek dengan komplemen. Kata kerja ini dapat berupa be (is, am, are) atau kata kerja non-action seperti seem, taste, dan look. Contoh penggunaannya adalah the blooms are red, the mouth is small, etc.

4. Technical terms

Report text biasanya menggunakan technical terms atau istilah teknis yang berkaitan dengan topik pembahasan. Istilah ini membuat informasi lebih spesifik namun tetap bisa dipahami oleh pembaca yang tidak memiliki latar belakang keilmuan dalam bidang tersebut.

Sebagai contoh, kamu ingin membahas tentang bunga mawar atau rose. Maka technical terms-nya antara lain petal, bud, calyx, corolla, and many more.

5. Introducing group

Introducing group merupakan aspek kebahasaan yang membuat pembahasan bersifat umum. Dengan penggunaan general aspect, maka hal ini menandakan bahwa informasi dapat diterima oleh pembaca secara umum.

Contoh Report Text

Setelah menyimak pembahasan lengkap seputar teks reportase, kini saatnya untuk melihat seperti apa contoh report text yang sebenarnya. Di sini Kelasedu telah menuliskan sebuah teks reportase yang bisa membantu kamu memahami seperti apa report text.

Elephant

Elephant is known as the largest land animal. Male elephants weigh around 3-5 tons while female elephants reach 2.5-4 tons. This enormous animal can be found in South Asia, sub-Saharan Africa, and Southeast Asia. There are three species recognized, including the African forest elephant, the African bush elephant, and the Asian elephant.

This large mammal has a set of ear flaps with a thin tip and thick base. Their huge ears contain abundant blood vessels that help release excess heat in the body to the environment. Trunk is an iconic physical feature in elephants. The elongated trunk consists of nose and upper lip that fuse during their fetal development. The trunk has no bone, making it extremely flexible to forage and even wrestle.

Elephant tusks grow in their upper jaw since their 6-12 months of age and it keeps growing about 7 inches per year. Elephant has very tough skin with the thickest part is on the back and head. The skin around their mouth, inside of the ear, and anus is thinner than the other parts of the body. Elephants are herbivorous animal. They eat fruit, bark, leaves, and grass in wild life. They can drink as much as 40 liters of water and eat up to 300 kg of food in a day.

Baca Juga : Descriptive Text

Contoh Soal Report Text Beserta Jawabannya

Setelah membaca contoh report text tentang binatang gajah di atas, kini saatnya untuk menjawab pertanyaan sesuai dengan bacaan tersebut. Tujuannya adalah untuk mengasah kemampuan kamu dalam memahami teks reportase. Berikut contoh soal report text untuk kamu, selamat mengerjakan!

1. The report text mainly discusses about …..

a. elephant’s eating behavior
b. size of elephant
c. description of elephant
d. elephant lives in Africa and Asia

Answer: C

2. The second paragraph of the text is known as ……

a. orientation
b. identification
c. general classification
d. description

Answer: D

3. Based on the text, which statement is true about the elephant’s ears?

a. Elephant’s ears are thick from the base to the tip.
b. The function of the ears is to release excess heat to the environment.
c. Their large ears contain few blood vessels.
d. Elephant’s ears catch warmth from the environment.

Answer: B

4. Which parts of the elephant’s body has the thicker skin?

a. The back and head
b. Mouth
c. Anus
d. Inside of the ears

Answer: A

Bagaimana menurut kamu? Report text tidak terlalu sulit bukan? Seperti teks deskriptif, kamu hanya perlu menjabarkan informasi secara rinci mengenai obyek namun dalam ruang lingkup yang lebih luas. Temukan lebih banyak teks reportase sehingga kamu terbiasa dan bisa membuat tulisan sendiri.