Sikat Tabung Reaksi: Pengertian, Fungsi, Gambar, Cara Menggunakan

Sikat Tabung Reaksi: Pengertian, Fungsi, Gambar, Cara Menggunakan

Sikat tabung reaksi merupakan sebuah perlengkapan yang punya peran penting di laboratorium atau ruang praktikum. Perlengkapan satu ini dirancang secara khusus untuk membersihkan serta merawat tabung reaksi silinder yang terbuat dari bahan kaca maupun plastik.

Tak hanya berfungsi sebagai pembersih, berikut ini adalah penjelasan mengenai fungsi, pengertian, dan cara menggunakan hingga jenis-jenis sikat tabung reaksi.

Pengertian Sikat Tabung Reaksi

Apa itu sikat tabung reaksi? Sikat tabung reaksi merupakan sikat kecil dengan bentuk dan desain khusus untuk membersihkan tabung reaksi. Sikat ini sendiri memiliki serat sikat yang terbuat dari bahan kuat dan tahan terhadap senyawa kimia.

Ujung dari sikat ini dirancang khusus untuk dapat mencapai pada berbagai bagian di dalam tabung. Terutama bagian paling dasar tabung itu sendiri, agar semua sisa bahan dan senyawa kimia sisa penelitian bisa hilang. Dan tabung menjadi bersih serta aman untuk digunakan kembali.

Sikat ini sendiri memiliki bentuk bintang atau berbentuk L pada ujungnya, yang memang berfungsi untuk membantu membersihkan bagian sudut tabung yang sulit terjangkau. Bahan pembuatannya biasanya menggunakan bahan yang kut seperti kawat yang kokoh dengan ujung melingkar dan mempunyai bulu nilon sintesis.

Fungsi Sikat Tabung Reaksi

Meski terlihat hanya sebagai perlengkapan yang sederhana, namun sebenarnya sikat ini memiliki banyak fungsi penting loh. Dan berikut ini Kelasedu sudah merangkum fungsi sikat tabung reaksi untuk kamu:

1. Membersihkan Sisa Reagen di Tabung

Tentu saja fungsi utamanya adalah sebagai pembersih bagi tabung reaksi yang baru saja digunakan untuk melakukan penelitian atau eksperimen kimia. Karena setelah menggunakan tabung untuk penelitian, maka tabung wajib dibersihkan.

Hal ini dilakukan karena di dalam tabung terdapat sisa sisa eksperimen sebelumnya berupa reagen kimia hingga produk reaksi. Agar nantinya tabung aman ketika digunakan kembali. Dan fungsi dari sikat ini adalah untuk membantu membersihkan permukaan di dalam tabung dari berbagai zat atau partikel berbahaya yang tersisa.

2. Mencegah Adanya Resiko Kontaminasi

Untuk mencegah agar tidak ada kontaminasi pada saat proses uji coba antar eksperimen, maka tabung reaksi memang harus dibersihkan dengan baik. Sebelum nantinya dipakai lagi.

Nah, sikat ini memiliki bentuk khusus yang mampu menjangkau permukaan dalam tabung untuk membersihkannya hingga tidak ada lagi partikel atau zat berbahaya dari eksperimen sebelumnya yang tersisa.

3. Membantu Memudahkan Proses Pembersihan Tabung

Bentuk tabung reaksi dengan leher yang sempit memang membuat tabung ini sulit dijangkau pada saat dibersihkan. Dan tidak bisa dibersihkan dengan menggunakan alat biasa.

Untuk itulah sikat ini memiliki bentuk yang tidak biasa dengan bentuk panjang dan bagian ujung yang disesuaikan bentuknya dengan permukaan tabung. Lalu terdapat sikat bergerigi yang terbuat dari bahan metal yang kuat dan kokoh.

Nah, dengan bentuknya yang khusus tersebut sikat ini mampu membersihkan tabung yang sulit dijangkau dengan alat pembersih lain. Hingga ke area dan bagian terdalam dengan mudah.

4. Meminimalkan Resiko

Dengan membersihkan tabung reaksi secara tepat waktu dengan menggunakan sikat tabung reaksi. Maka akan dapat membantu untuk mengurangi resiko kontaminasi silang. Maupun reaksi kimia yang tidak diinginkan ketika melakukan uji coba berikutnya.

Selain itu, keberadaan sikat ini juga berfungsi untuk meminimalkan kesalahan hasil uji coba akibat tercampurnya bahan uji coba yang sekarang dengan sisa residu dari bahan atau senyawa kimia yang tertinggal. Wah, meski punya bentuk yang kecil namun sikat ini memiliki fungsi dan peran yang sangat penting ya.

5. Memelihara Kondisi Tabung

Dengan teratur membersihkan tabung reaksi dengan sikat ini, maka akan membantu untuk membuat tabung menjadi lebih bersih dan awet. Selain itu, kualitas tabung reaksi juga akan terjaga dengan baik, yang mana hal ini merupakan bagian penting dalam eksperimen atau uji coba. Karena membutuhkan ketelitian yang tinggi.

Baca Juga : Mikroskop

Gambar Sikat Tabung Reaksi

Di sini Kelasedu akan memberikan kamu gambaran mengenai sikat ini, bersadarkan gambar berikut:

Sikat Tabung Reaksi
Sikat Tabung Reaksi
Sikat Tabung Reaksi

Jenis-Jenis Sikat Tabung Reaksi

Terdapat beberapa jenis sikat tabung reaksi yang tersedia dan memang hadir secara khusus dengan bentuk yang disesuaikan untuk membersihkan tabung reaksi. Dan ini adalah jenis-jenisnya:

1. Sikat Tabung Reaksi Biasa

Sesuai dengan namanya, sikat ini memiliki bentuk yang biasa atau standar seperti sikat pada umumnya. Dengan serat sikat yang terbuat dari bahan nilon dan bagian ujung yang berbentuk silinder atau bulat. Sikat jenis ini sangat cocok untuk membersihkan tabung reaksi yang umumnya terdapat di dalam laboratorium.

2. Sikat Tabung Reaksi dengan Ujung Berbentuk Bintang

Bagian ujung dari sikat ini memiliki bentuk yang unik yakni menyerupai bintang. Fungsi dari keunikan bentuknya ini adalah untuk mempermudah dalam proses pembersihan tabung reaksi yang memiliki bentuk leher sempit. Karena bagian ujung yang berbentuk bintang ini akan memungkinkan kamu untuk mencapai bagian sudut tabung yang sulit dijangkau.

3. Sikat Tabung Reaksi dengan Ujung Berbentuk L

Ujung sikat ini memiliki bentuk L yang berfungsi untuk membersihkan bagian sudut tabung reaksi. Bagian ujung ini sendiri terbilang sangat efektif untuk membersihkan sudut bawah tabung.

4. Sikat Tabung Reaksi Berbulu Kasar

Sikat ini mempunyai bagian serat yang lebih tebal dan kasar. Sehingga sangat cocok untuk membersihkan tabung reaksi dari berbagai endapan atau kontaminan yang mungkin saja masih tertinggal. Apalagi sisa sisa senyawa kimia ini cukup sulit untuk dibersihkan menggunakan sikat biasa.

5. Sikat Tabung Reaksi Panjang

Bagian gagang dari sikat ini memiliki bentuk yang lebih panjang dan berfungsi untuk membantu kamu agar dapat mencapai bagian tabung reaksi yang dalam. Tanpa harus menyentuh zat kimia yang masih tersisa di dalamnya.

6. Sikat Tabung Reaksi dengan Gagang Plastik atau Kayu

Terdapat beberapa jenis sikat tabung yang gagangnya terbuat dari bahan plastik atau kayu. Sehingga lebih nyaman pada saat digenggam ketika hendak menggunakannya untuk membersihkan tabung reaksi.

7. Sikat Tabung Reaksi dengan Gagang Baja

Sedangkan sikat dengan gagang yang terbuat dari logam atau baja ini lebih tahan terhadap bahan kimia agresif yang cukup berbahaya. Sehingga sikat ini biasanya digunakan untuk membersihkan tabung reaksi dari bahan atau senyawa kimia yang bersifat kuat.

8. Sikat Tabung Reaksi dengan Sikat Tambahan

Terdapat beberapa sikat dengan sikat tambahan ini berguna untuk membersihkan tabung dengan leher yang sempit.

Cara Membersihkan Tabung Reaksi Menggunakan Sikat Reaksi Tabung

Setelah melihat beberapa gambar dan sikat pembersih tabung sesuai dengan jenis-jenisnya, maka kini Kelasedu akan mengajak kamu untuk mencari tahu mengenai cara menggunakan sikat tabung reaksi, di bawah ini:

1. Siapkan Peralatan yang Ingin Dibersihkan atau Kotor

Setelah aktivitas uji coba atau penelitian di laboratorium atau ruang praktikum selesai. Maka kamu harus mengumpulkan semua peralatan yang tadi digunakan. Terutama tabung reaksi kimia yang sudah dalam keadaan kotor. Letakkan tabung dan peralatan lainnya di satu tempat yang sama agar mudah dalam proses pembersihannya.

2. Siram Menggunakan Air

Selanjutnya basahi tabung reaksi atau gelas ukur dengan air mengalir yang bersih. Hingga semua tabung dalam keadaan basah. Hati-hati saat melakukan ini, agar tidak ada tabung atau gelas ukur yang pecah.

3. Masukkan Zat Pembersih

Untuk membersihkan peralatan laboratorium memang membutuhkan zat pembersih berupa sabun khusus. Sehingga di sini, kamu harus menambahkan zat pembersih secukupnya ke dalam tabung atau gelas ukur.

4. Masukkan Sikat ke dalam Tabung

Barulah setelah itu, kamu bisa memasukkan bagian sikat reaksi tabung ke dalam tabung atau gelas ukur. Gosokkan sikat dengan cara memutar secara perlahan selama beberapa hingga tabung bersih.

Untuk menyikat tabung, sebaiknya lakukan secara perlahan ya. Selain untuk meminimalisir kerusakan. Cara ini juga ampuh untuk membersihkan tabung hingga sisa kotoran berupa senyawa berbahaya atau reagen menghilang.

5. Bilas Tabung Reaksi dengan Menggunakan Air Bersih

Setelah kamu merasa yakin jika tabung atau gelas ukur telah bersih dan tidak terdapat kotoran lain di dalamnya. Maka kamu bisa mengeluarkan sikat dari tabung. Lanjutkan dengan membilas tabung reaksi dengan menggunakan air bersih yang mengalir. Pastikan juga bahwa tidak ada bekas sabun yang menempel pada permukaan tabung ya.

Jika sudah selesai dibilas, letakkan tabung reaksi yang sudah kamu bersihkan ke tempat khusus berupa rak tabung reaksi. Dan tunggu hingga tabung tabung tersebut kering untuk menggunakannya kembali pada penelitian yang selanjutnya.

Baca Juga : Tabung Reaksi

Prinsip Kerja Sikat Tabung Reaksi

Sikat tabung reaksi ini memiliki prinsip kerja yang unik yang mampu memberikan efisiensi pada penggunanya ketika membersihkan tabung reaksi dari berbagai kotoran. Berupa kontaminan, produk reaksi hingga sisa reagen yang berbahaya dan mungkin saja masih menempel pada permukaan bagian dalam tabung.

Prinsip kerja dari sikat ini sendiri mencakup beberapa aspek utama mulai dari desainnya yang unik dan khusus. Sikat ini memang dirancang dengan bentuk memanjang agar dapat mencapai seluruh bagian tabung yang sempit. Termasuk bagian tabung yang sulit untuk dibersihkan yakni bagian lehernya.

Desain yang unik dari sikat ini memungkinkan kamu untuk membersihkan tabung dengan efektif. Tanpa harus memakai peralatan lain yang tidak sesuai dan dapat merusak tabung. Atau bahkan membersihkan tabung dengan tangan yang pastinya cukup berbahaya.

Bagian serat pada sikat ini dibuat dengan bahan yang kuat dan kokoh, seperti bahan kawat atau logam berserabut yang kuat namun tetap lembut saat digunakan untuk membersihkan tabung. Bahan logam ini juga tahan terhadap paparan langsung bahan kimia yang tersisa di permukaan tabung.

Dengan bentuk gagang yang panjang dan serat sikat yang unik, maka sikat tabung reaksi ini bekerja dengan cara mengandalkan gerakan mekanis. Penggunaan tekanan yang tepat dengan menggunakan gerakan memutar maupun naik turun, akan membuat sikat dapat membersihkan tabung secara lebih efektif.

Harga Sikat Tabung Reaksi di Online Shop

Nah, dari penjelasan Kelasedu di atas. Kini kamu sudah punya pandangan mengenai sikat tabung reaksi mulai dari pengertian, fungsi, cara menggunakan, prinsip kerja hingga gambarnya.

Terus, berapa harga alat ini di Tokopedia, Shopee dan Lazada? Kamu bisa simak daftar harga yang sudah Kelasedu rangkum di bawah ini:

UkuranShopeeTokopediaLazada
KecilRp 3.000Rp 3.000Rp 4.500
BesarRp 6.000Rp 7.500Rp 9.200

Kesimpulan

Sikat tabung reaksi tidak hanya berfungsi untuk membersihkan tabung reaksi dan alat alat laboratorium. Tapi juga untuk menjaga kebersihan dan keamanan setiap uji coba yang dilakukan.