Simple Past Tense: Pengertian, Fungsi, Ciri, Rumus, Contoh Kalimat

Simple Past Tense Pengertian, Fungsi, Ciri, Rumus, Contoh Kalimat

Menceritakan masa lalu dalam Bahasa Inggris harus menggunakan jenis tenses yang benar. Dalam hal ini, kamu harus bisa menggunakan simple past tense. Tenses ini khusus membahas kejadian di masa lalu dan tidak ada kaitannya dengan masa kini.

Tenses simple past memiliki ciri-ciri khusus dan penggunaannya tidak boleh keliru. Pasalnya, kamu juga harus menghafal sebagian besar verb dalam bentuk kedua atau verb past. Apabila kamu masih bingung dengan tenses ini, simak pembahasan Kelasedu di bawah ini.

Pengertian Simple Past Tense

Apa itu simple past tense? Simple past tense adalah sebuah tenses yang khusus membahas kejadian yang terjadi di masa lampau. Tenses ini menerangkan kejadian yang dimulai di masa lalu dan selesai di masa lalu juga. Waktu kejadiannya diketahui dengan jelas.

Tenses ini termasuk ke dalam jenis tenses yang sangat dasar. Kamu akan sering menggunakan tenses ini di dalam berbagai percakapan. Penulisan teks seperti recount dan narrative juga akan menggunakan simple past tense. Jadi, kamu perlu menguasainya.

Fungsi Simple Past Tense

Ada beberapa fungsi simple past tense yang harus kamu ketahui, sehingga kamu bisa mengungkapkan sesuatu dan menggunakannya dengan tepat. Berikut adalah beberapa poin tentang fungsi simple past.

1. Mengungkapkan kejadian di masa lalu

Fungsi utama dari simple past tense adalah untuk mengungkapkan kejadian di masa lalu. Kejadian ini tidak terjadi lagi di masa kini atau sudah selesai. Kejadian di masa lalu tersebut pun tidak memiliki kaitan apapun dengan apa yang ada di masa kini.

Artinya, kamu juga harus mengerti bahwa kejadian yang kamu ungkapkan dimulai dan berakhir di masa lalu. Selama subjek tidak memiliki kebiasaan tertentu hingga masa kini, maka tenses inilah yang harus digunakan untuk mengungkapkannya di dalam kalimat.

2. Membuat teks recount

Pernahkah kamu mempelajari teks recount sebelumnya? Teks ini merupakan sebuah bentuk paragraf yang isinya menceritakan tentang kumpulan kejadian di masa lalu. Misalnya, saat kamu jalan-jalan ke sebuah kota tahun lalu dan kamu ingin menceritakannya sekarang.

Untuk bisa menceritakannya dengan baik dan benar, maka tenses yang digunakan adalah simple past. Mengapa? Karena kejadian jalan-jalan tersebut sudah lewat dan kamu sudah tidak melakukannya saat ini. Semua bagian dari teks recount harus menggunakan tenses ini.

3. Membuat teks narrative

Teks narrative merupakan teks yang isinya berupa cerita, baik pernah terjadi maupun hanya imajinasi saja. Kamu akan menggunakan simple past tense untuk bisa menyampaikan narrative text. Jadi, mempelajari simple past akan membantumu untuk bisa membuat teks narrative dengan tepat.

Ciri-Ciri Kalimat Simple Past Tense

Ada beberapa ciri-ciri kalimat simple past tense yang membuatnya menjadi kalimat yang khas. Pendengar atau pembaca langsung bisa menyimpulkan bahwa kejadiannya memang terjadi di masa lalu. Berikut adalah beberapa cirinya:

1. Menggunakan verb 2

 Ciri utama dari tenses simple past adalah menggunakan verb 2 untuk kalimat yang positif atau affirmative. Verb-nya berdiri sendiri tanpa menggunakan tambahan partikel apapun. Untuk reguler menggunakan –d atau –ed, sementara yang irregular memiliki perubahan bentuk.

2. Menggunakan did

Sementara untuk kalimat negatif dan pertanyaan, penambahan did wajib disertakan di dalam kalimat simple past. Di kalimat negatif, did not diletakkan di sebelum verb 1. Sementara untuk kalimat interrogative, kata did berapa di bagian depan kalimat.

3. Memiliki keterangan waktu yang jelas

Salah satu ciri dari simple past adalah memiliki keterangan waktu yang jelas. Biasanya menggunakan kata last- dan –ago, tergantung dari kapan kejadiannya berlangsung dan selesai. Keterangan waktunya bisa di depan maupun di belakang kalimat.

4. Menggunakan to be was dan were

Apabila di simple present tense kita sudah mengenal is, am, dan are, maka di tenses ini kita hanya mengenal was dan were. Was merupakan to be untuk I, she, he, it. Sementara were digunakan untuk subjek yang berupa you, we, dan they. Keduanya digunakan untuk kalimat nomina.

Baca Juga : Present Continuous Tense

Rumus Simple Past Tense

Tense simple past memiliki dua rumus yang berbeda. Rumus pertama adalah kalimat verba yang ciri khasnya terdapat verb atau kerja. Sementara rumus kedua adalah kalimat nomina yang biasanya menerangkan status sifat maupun status kata benda. Simak masing-masing rumusnya di sini.

1. Rumus simple past tense verba

Ketika berbicara tentang peristiwa yang telah terjadi di masa lalu, kita seringkali menggunakan Simple Past Tense. Agar dapat mengkonstruksikan kalimat dengan benar menggunakan verba dalam bentuk ini, berikut rumusnya.

  • (+) subject + verb2 + object
  • (-) subject + didn’t + verb1 + object
  • (?) did + subject + verb1 + object?
  • Yes, subject + did
  • No, subject + didn’t

2. Rumus simple past tense nomina

Dalam konteks penyampaian informasi mengenai kejadian atau situasi tertentu di masa lalu yang melibatkan nomina, Simple Past Tense memiliki peran yang krusial. Untuk memastikan penggunaannya tepat, berikut rumus yang berkaitan dengan penggunaan nomina dalam Simple Past Tense.

  • (+) subject + was/were + adjective/noun
  • (-) subject + was/were + not + adjective/noun
  • (?) was/were + subject + adjective/noun?
  • Yes, subject + was/were
  • No, subject + was/were + not

Pola Kalimat Simple Past Tense

Pola kalimat dalam simple past tense terbagi ke dalam beberapa bentuk, seperti affirmative, negative, dan interrogative. Bentuk verba dan nomina juga masing-masing memiliki perbedaan. Berikut adalah ulasan masing-masing pola.

1. Simple past tense verba

– Kalimat affirmative

Kalimat ini terdiri dari subject + verb-2 + object. Penggunaan verb-2 tidak ditambahkan partikel apapun dan berlaku untuk semua bentuk subject, baik singular maupun plural. Kamu harus memahami verb-2 irregular dan regular.

Contoh: She tried baking five years ago.

– Kalimat negative

Kalimat negative verba terdiri dari subject + didn’t + verb-1 + object. Verb-2 tidak digunakan dalam kalimat negative karena sudah disanggah menggunakan kata did not yang disingkat didn’t.

Contoh: She didn’t try baking five years ago.

– Kalimat interrogative

Kalimat ini berisi did + subject + verb-1 + object yang isi jawabannya terdiri dari yes atau no saja. Kalimat interrogative juga menggunakan verb-1 di dalam polanya. Semua pertanyaan diawali dengan bentuk did.

Contoh: Did she try baking five years ago?

2. Simple past tense nomina

– Kalimat affirmative

Kalimat ini berisi subject + was/were + adjective/noun. Subject berupa I, she, he, dan it menggunakan was. Sementara you, they dan we menggunakan were. Kalimat ini untuk menerangkan kata benda atau sifat.

Contoh: We were the students of Senior High School 8 Bogor.

– Kalimat negative

Kalimat negative memiliki pola berupa subject + was/were + not + adjective/noun. Jadi, penambahannya hanya berupa not saja setelah to be.

Contoh: We were not the students of Senior High School 8 Bogor.

– Kalimat interrogative

Pola kalimat negatif di dalam simple past tense nomina adalah was/were + subject + adjective/noun. Jawaban kalimat ini hanyalah yes atau no.

Contoh: Were we the students of Senior High School 8 Bogor?

Baca Juga : Present Perfect Tense

Relative Adverb Simple Past Tense

Adverb di dalam simple past tense merupakan adverb of time yang biasanya ada di bagian awal atau akhir kalimat. Meskipun opsional, adverb of time dalam simple past akan memperjelas konteks waktunya ketika diungkapkan.

1. Yesterday

Kamu bisa menggunakan kata yesterday untuk mengungkapkan sebuah kejadian yang terjadinya saat kemarin. Tidak ada modifikasi dari yesterday.

2. –ago

Kamu bisa menggunakan kata ago untuk menyatakan beberapa periode yang lalu. Contohnya ada two months ago artinya dua bulan lalu atau five years ago yang berarti lima tahun lalu. Ago harus diletakkan di belakang setelah periode waktunya.

3. Last-

Modifikasi last cukup banyak dan biasanya konteks waktunya menempel dengan waktu ketika kalimat diungkapkan. Contohnya last week artinya minggu kemarin, last year yang berarti tahun lalu, dan last month dengan arti bulan kemarin.

Contoh Kalimat Simple Past Tense Beserta Artinya

Untuk melatih kemampuan membuat kalimat dalam simple past tense, sebaiknya kamu mencoba untuk membuat kalimat yang terdiri dari kalimat affirmative, negative, dan interrogative. Berikut ini adalah beberapa contohnya.

1. Kalimat simple past tense verba

Contoh 1:

  • (+) The staff cleaned the whole auditorium this morning. (Staff membersihkan seluruh auditorium pagi ini).
  • (-) The staff didn’t clean the whole auditorium this morning. (Staff tidak membersihkan seluruh auditorium pagi ini).
  • (?) Did the staff clean the whole auditorium this morning? (Apakah staff membersihkan seluruh auditorium pagi ini?)
  • Yes, he did. (Ya, dia melakukannya).
  • No, he didn’t. (Tidak, dia tidak melakukannya).

Contoh 2:

  • (+) The students did their homework after school yesterday.
  • (-) The students didn’t do their homework after school yesterday.
  • (?) Did the students do their homework after school yesterday?
  • Yes, they did.
  • No, they didn’t.

2. Kalimat simple past tense nomina

Contoh 1:

  • (+) They were from Hungary. (Mereka dari Hungaria).
  • (-) They were not from Hungary. (Mereka bukan dari Hungaria).
  • (?) Were they from Hungary? (Apakah mereka dari Hungaria?)
  • Yes, they were. (Ya, mereka dari Hungaria).
  • No, they were not. (Bukan, mereka bukan dari Hungaria).

Contoh 2:

  • (+) She was studious three years ago. (Dia rajin tiga tahun lalu).
  • (-) She was not studious three years ago. (Dia tidak rajin tiga tahun lalu).
  • (?) Was she studious three years ago? (Apakah dia rajin tiga tahun lalu?).
  • Yes, she was. (Ya, dia rajin).
  • No, she was not. (Tidak, dia tidak rajin).

Baca Juga : Present Perfect Continuous Tense

Contoh Soal Simple Past Tense Beserta Jawabannya

Untuk melatih kemampuan dan pemahaman kamu tentang simple past tense, kamu bisa melihat beberapa contoh soal simple past tense di bawah ini yang sudah Kelasedu siapkan dan cocokkan jawabannya dengan kunci.

1. Uncle ___ to the village and ___ many vegetables.

a. came – bring
b. come – bring
c. came – brought

2. Some people _____ English when they were still kids.

a. study
b. studied
c. studying

3. It ___ cloudy yesterday and I didn’t bring an umbrella.

a. were
b. was
c. is

4. A: Did you see him yesterday?

B: ___

a. No, I didn’t.
b. No, I wasn’t.
c. No, I don’t.

5. The farmers ___ to the farm earlier last month because it was the harvest month.

a. go
b. went
c. going

Kunci jawaban:

1. c
2. b
3. b
4. a
5. b

Simple past tense adalah tenses dasar yang perlu kamu kuasai untuk membuat kalimat yang mengungkapkan sesuatu di masa lampau. Sebelumnya, kamu harus menghafal berbagai macam verb bentuk kedua terutama yang irregular, sehingga membuat kalimat menjadi lebih mudah.