Simple Present Tense: Pengertian, Fungsi, Rumus, Contoh Kalimat

Simple Present Tense: Pengertian, Fungsi, Ciri Kalimat, Rumus, dan Contoh

Membuat kalimat Bahasa Inggris tidak bisa sembarangan menyatukan vocabulary saja. Kamu perlu mengerti jenis tenses yang akan membedakan konteks waktunya. Tenses yang paling utama adalah simple present tense karena banyak digunakan untuk percakapan.

Selain percakapan, tenses ini juga sangat berguna untuk digunakan di dalam berbagai macam tulisan. Tenses ini adalah dasar untuk membuat kalimat dan diajarkan sebelum memahami jenis tenses lainnya. Berikut adalah ulasan materi yang lebih lengkap di bawah ini.

Pengertian Simple Present Tense

Apa itu simple present tense? Simple Present Tense adalah sebuah pola kalimat yang digunakan untuk menerangkan sebuah kejadian yang sifatnya berupa fakta umum. Selain itu, kalimat juga menggambarkan sebuah kejadian yang biasanya terjadi sehari-hari.

Kata kuncinya adalah present yang artinya masa kini. Artinya, kejadian di dalam kalimat masih relevan atau diketahui oleh orang secara umum. Penggunaan simple present bisa berguna untuk banyak hal, termasuk menuliskan sebuah narasi.

Fungsi Simple Present Tense

Fungsi kalimat yang ditulis atau diucapkan dengan menggunakan simple present tense terdiri dari beberapa poin. Fungsi inilah yang nantinya akan membedakan tenses ini dengan jenis tenses lainnya. 

1. Menerangkan kebiasaan

Sebuah kebiasaan bisa diterangkan dengan menggunakan tenses simple present. Kamu bisa langsung memahami bahwa kejadian tersebut terjadi secara berulang-ulang dengan frekuensi tertentu, tetapi periodenya terjadi di masa kini.

Contohnya adalah kalimat “I always eat cereal for breakfast at 6AM every day”. Kalimat tersebut memiliki arti bahwa subjek I atau saya selalu makan sereal untuk sarapan pukul 6 pagi setiap hari. Maknanya, subjek melakukannya di waktu yang sama setiap harinya.

2. Menerangkan fakta umum

Fakta umum atau general truth merupakan sebuah kejadian atau fenomena yang diketahui oleh orang-orang secara umum. Itu sebabnya tenses yang digunakan adalah simple present, bukan tenses yang lain. Apa contoh dari fakta umum?

Saat kamu menggambarkan bahwa matahari terbit di sebelah Timur, misalnya. Kamu perlu menggunakan simple present tense dan kalimatnya adalah “The sun rises in the East”. Fakta ini bersifat mutlak dan tidak ada orang lain yang bisa membantahnya.

3. Menerangkan jadwal

Jadwal memang tidak selalu terjadi secara rutin, namun karena sudah ada waktunya, maka bisa menggunakan simple present. Contohnya adalah kamu akan naik kereta di Jakarta yang berangkat pukul 7 pagi, maka bisa dikatakan “I go by train at 7AM”.

4. Instruksi

Sebuah kalimat instruksi atau instruction juga harus dituliskan dengan menggunakan tenses simple present. Contoh kalimat instruksi adalah cara memasak mie instan yang kamu temukan di kemasannya. Contoh lain adalah instruksi yang kamu lihat di tempat umum.

Ciri-ciri Kalimat Simple Present Tense

Berikut adalah beberapa ciri-ciri dari kalimat simple present tense yang sudah Kelasedu rangkum untuk kamu.

1. Menggunakan verb 1 atau dasar

Ciri utama dari kalimat simple present tense adalah menggunakan verb 1 atau verb dasar. Hukum ini berlaku untuk kalimat yang memang menggunakan kata kerja di dalamnya. Verb bisa ditambahkan s/es, tergantung dari subjek dan jenis pernyataan positif atau negatif.

2. Menggunakan is, am, are

Untuk jenis kalimat yang tidak menggunakan kata kerja, maka akan disertakan is, am, are di dalam kalimatnya sebagai pelengkap subjek. Nama kalimat yang menggunakan to be adalah kalimat nomina yang umumnya diikuti oleh adjective (kata sifat) atau noun (kata benda).

3. Menggunakan do atau does

Kalimat yang memiliki kata kerja di dalam simple present akan memiliki auxiliary verb do/does untuk kalimat negatif dan kalimat interogatifnya. Kamu harus bisa membedakan penggunaan do dan does yang akan Kelasedu jabarkan nanti di dalam penjelasan rumus.

4. Ada keterangan waktu

Apabila kamu menemukan keterangan waktu yang didahului oleh every, maka kalimat tersebut adalah simple present tense. Selain every, ada juga beberapa frequency adverb seperti always, never, sometimes, dan lainnya yang menjadi ciri khas simple present.

Baca Juga : Present Continuous Tense

Rumus Simple Present Tense

Ada dua rumus simple present tense yang harus kamu bisa bedakan. Rumus pertama adalah rumus yang menggunakan kata kerja. Sementara rumus lainnya adalah kalimat yang tidak menggunakan kata kerja. Berikut adalah penjelasan masing-masing rumus.

1. Rumus Simple Present Verb (Dengan Verb)

Rumus ini menjelaskan konteks sebuah kejadian yang terdapat kata kerja di dalamnya. Kamu harus menghafal berbagai jenis kata kerja dasar terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan rumusnya. Untuk lebih lengkapnya, lihat rumus ini.

  • (+) subject + V1 (s/es) + O
  • (-) subject + do/does + not + V1 + O
  • (?) do/does + subject + V1 + O?
  • Yes, subject + do/does
  • No, subject + do/does + not

2. Rumus Simple Present Nomina (Tanpa Verb)

Sementara rumus ini digunakan untuk menerangkan sebuah kalimat yang tidak memiliki kata kerja di dalamnya. Biasanya, kalimat tenses ini membicarakan karakter sebuah noun yang diletakkan sebagai subjek. Berikut adalah rumus lengkapnya:

  • (+) subject + is/am/are + adjective/noun
  • (-) subject + is/am/are + not + adjective/noun
  • (?) is/am/are + subject + adjective/noun?
  • Yes, subject + is/am/are
  • No, subject + is/am/are + not

Pola Kalimat dari Simple Present Tense

Pola kalimat yang digunakan di dalam simple present tense terbagi ke dalam positif, negatif, interogatif, dan jawabannya. Polanya tidak boleh diubah dan sifatnya mutlak untuk diikuti. Berikut adalah penjabaran pola kalimatnya dari masing-masing bentuk kalimat.

1. Pola kalimat verba

Kalimat verba positif

Di kalimat ini, kamu akan menggunakan pola subject + V1 (s/es) + O. Untuk subject yang menggunakan I, you, we, dan they maka verb tidak ditambahkan s/es. Sementara untuk subject she, he, it, dan tunggal lainnya ditambah s/es. Contoh: watch – watches.

Contoh kalimat :

  • She watches Chibi Maruko Chan every Sunday.
  • They watch Chibi Maruko Chan every Sunday.

Kalimat verba negatif

Pola kalimat yang digunakan adalah subject + do/does + not + V1 + O. Kamu harus bisa menggunakan do atau does secara tepat. Kata do untuk subject I, you, we, dan they. Sementara does digunakan untuk she, he, dan it.

Contoh kalimat :

  • She does not watch Chibi Maruko Chan every Sunday.
  • They do not Chibi Maruko Chan every Sunday.

Kalimat verba interogatif

Sementara kalimat ini menunjukkan pertanyaan yang jawabannya terbatas, yes atau no saja. Bentuk polanya adalah do/does + subject + V1 + O? Bentuk ini hanyalah kebalikan dari bentuk negatifnya saja.

Contoh kalimat :

  • Does she watch Chibi Maruko Chan every Sunday?
  • Do they watch Chibi Maruko Chan every Sunday?

2. Pola kalimat nomina

Kalimat nomina positif

Kalimat ini  tidak mengandung verb atau kata kerja dengan pola subject + is/am/are + adjective/noun. Kamu harus menggunakan to be yang terdiri is, am, atau are. To be is digunakan untuk he, she, dan it. To be am digunakan untuk I. Sementara are digunakan untuk you, we, dan they.

Contoh kalimat :

  • You are a student.
  • It is a cat.

Kalimat nomina negatif

Kalimat nomina negatif hanya berfungsi untuk menyangkal. Jadi, kamu hanya perlu menambahkan kata not setelah to be. Polanya adalah subject + is/am/are + not + adjective/noun.

Contoh kalimat :

  • You are not a student.
  • It is not a cat.

Kalimat nomina interogatif

Pola kalimat ini adalah is/am/are + subject + adjective/noun? yang digunakan hanya untuk mengecek kebenaran dari deskripsi atau bendanya. Jadi, jawabannya hanyalah yes atau no.

Contoh kalimat :

  • Are you a student?
  • Is it a cat?

Baca Juga : Present Perfect Tense

Relative Adverb Simple Present Tense

Di dalam simple present tense, relative adverb terbagi ke dalam dua bentuk yakni adverb of time dan adverb of frequency. Apabila digunakan di dalam kalimat, maka adverb menjadi penanda tenses simple present. Berikut adalah penjelasan masing-masing.

1. Adverb of time

Penggunaan adverb of time di dalam simple present bersifat opsional, namun kamu bisa menggunakannya di depan maupun di belakang kalimat. Contoh adverb of time diawali dengan every, seperti: every day, every week, every year, every Saturday, etc.

2. Adverb of frequency

Sementara adverb of frequency merupakan adverb yang menerangkan seberapa sering kejadian tersebut dilakukan tanpa menjelaskan kapan terjadinya secara spesifik. Di tenses ini, adverb of frequency yang digunakan adalah: sometimes, often, usually, always, dan never.

Contoh Kalimat Simple Present Tense Beserta Artinya

Berikut ini beberapa contoh kalimat dalam Simple Present Tense beserta dengan artinya:

1. Contoh kalimat verba

Verba (atau kata kerja) menggambarkan tindakan, keadaan, atau kejadian. Dalam contoh Simple Present Tense kalimat verba menunjukkan kegiatan rutin atau fakta yang terjadi secara umum.

Contoh 1:

  • (+) Sarah uses her mom’s computer every night. (Sarah menggunakan komputer ibunya setiap malam).
  • (-) Sarah does not use her mom’s computer every night. (Sarah tidak menggunakan komputer ibunya setiap malam).
  • (?) Does Sarah use her mom’s computer every night? (Apakah Sarah menggunakan komputer ibunya setiap malam?).
  • Yes, she does. (Ya, dia menggunakannya).
  • No, she doesn’t. (Tidak, dia tidak menggunakannya).

Contoh 2:

  • (+) My parents work at city library on weekdays. (Orang tuaku bekerja di perpustakaan kota di hari Senin-Jumat).
  • (-) My parents do not work at city library on weekdays. (Orang tuaku tidak bekerja di perpustakaan kota di hari Senin-Jumat).
  • (?) Do my parents work at city library on weekdays? (Apakah orang tuaku bekerja di perpustakaan kota di hari Senin-Jumat?).
  • Yes, they do. (Ya, mereka bekerja di sana).
  • No, they don’t. (Tidak, mereka tidak bekerja di sana).

2. Contoh kalimat nomina

Nomina (atau kata benda) adalah kata yang digunakan untuk menamai orang, tempat, benda, ide, atau konsep. Dalam konteks kalimat Simple Present Tense kalimat nomina fokus pada deskripsi atau keadaan dari subjek, bukan pada tindakan yang mereka lakukan.

Contoh 1:

  • (+) The apples are expensive. (Apel-apelnya mahal).
  • (-) The apples are not expensive. (Apel-apelnya tidak mahal).
  • (?) Are the apples expensive? (Apakah apel-apelnya mahal?)
  • Yes, they are. (Ya, apel-apelnya mahal).
  • No, they are not. (Tidak, apel-apelnya tidak mahal).

Contoh 2:

  • (+) The computer is new. (Komputer itu baru).
  • (-) The computer is not new. (Komputer itu tidak baru)
  • (?) Is the computer new? (Apakah komputer itu baru?)
  • Yes, it is. (Ya, komputer itu baru).
  • No, it is not. (Tidak, komputer itu tidak baru).

Baca Juga : Present Perfect Continuous Tense

Contoh Soal Simple Present Tense Beserta Jawabannya

1. Tian ___ make mistake on test.

a. Do not
b. does not
c. not

Jawaban : b (karena Tian adalah subject he, sehingga menggunakan does).

2. Riri ___ letter on computer.

a. Write
b. Wrote
c. Writes

Jawaban : c (karena Riri adalah she, maka verb ditambah s/es).

3. They ___ nurse.

a. is
b. am
c. are

Jawaban : c (karena they berpasangan dengan are).

4. Where does she ___?

a. Live
b. Lives
c. Living

Jawaban: a (kalimat tanya tidak menggunakan e/es).

5. The computer ___ broken.

a. Is
b. are
c. am

Jawaban : a (karena computer singular, sehingga menggunakan is).

Penggunaan simple present tense sangat penting di dalam percakapan sehari-hari dan juga berbagai macam tulisan. Karena tenses ini menjadi yang paling dasar, sebaiknya kamu benar-benar memahami tenses ini sebelum mempelajari jenis tenses lainnya.